Perilaku Kekerasan Menurut 6 Para Ahli Sosiolog, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info - Memahami perilaku kekerasan mulai dari pengertian, serta pandangan para ahli sosiologi. Bagaimana penjelasannya ? Berikut ulasan dibawah ini. 

Pengertian Perilaku Kekerasan

Apa yang kamu ketahui tentang perilaku kekerasan ? Bagaimana perilaku kekerasan ini terjadi di kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Nah sebelum kita membahas itu, ada baiknya kita pahami dulu pengertian perilaku. Dikutip dari KBBI menjelaskan perilaku adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. 

Baca Juga : Ada 3 Teori Kekerasan Beserta Contohnya

Kemudian, untuk penjelasan kekerasan adalah perbuatan seseorang atau kelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain. 

Istilah kekerasan (Violence) berasal dari bahasa latin, artinya kekuasaan atau berkuasa. Secara terminologi, kekerasan (violent) didefinisikan sebagai perilaku pihak yang terlibat konflik. 

Dimana bisa melukai lawan konflik untuk memenangkan konflik. Kekerasan adalah konflik yang tidak terkendali oleh masyarakat, dan mengabaikan norma, nilai yang ada, berujung pada tindakan merusak. 

Dikutip dari laman https://rsjsoerojo.co.id, menjelaskan bahwa perilaku kekerasan adalah hasil dari kemarahan yang ekstrem atau sebagai kompensasi dari ketakutan yang berlebihan. 

Perilaku kekerasan dalam bentuk verbal misalnya mengancam, sedangkan perilaku non verbal dilakukan dengan menyerang orang lain, memukul, menendang atau merusak lingkungan.

Penjelasan lain, mengatakan perilaku kekerasan adalah suatu keadaan dimana seseorang melakukan tindakan yang membahayakan secara fisik baik terhadap diri sendiri.

Maupun orang lain, dan lingkungan. Perilaku kekerasan merupakan suatu bentuk perilaku yang bertujuan untuk melukai sesorang secara fisik atau secara psikologis. 

Dengan demikian, kesimpulannya bahwa perilaku kekerasan merupakan suatu perilaku yang menunjukkan sikap bermusuhan terhadap diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar yang membuat kerusakan. 

Nah lalu bagaiman pengertian perilaku kekerasan menurut para ahli sosiologi, berikut pendapatnya dibawah ini, yaitu : 

1. Soerjono Soekanto

Menurutnya kekerasan (Violence) adalah penggunaan kekuatan fisik secara paksa, terhadap orang atau benda. 

Adapun kekerasan sosial adalah kekerasan yang dilakukan terhadap orang dan barang karena orang, dan barang termasuk dalam kategori sosial tertentu. 

2. James B Rule

Ia menyampaikan pandangan bahwa kekerasan merupakan menifestasi naluri bersama atau gerakan naluri primitif yang menciptakan kondisi-kondisi tindakan massa. 

3. Thomas Hobbes 

Menurutnya kekerasan merupakan sesuatu yang alamiah dalam manusia.

4. J J Rousseau 

Baginya pengertian kekerasan yang dilakukan bukan merupakan sifat murni manusia.

5. Kaplan dan Sundeen

Dia menyampaikan perilaku kekerasan adalah suatu keadaan dimana seseorang melakukan tindakan yang dapat membahayakan secara fisik, baik terhadap diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

6. Stuart dan Sundeen

Ia menjelaskan bahwa perilaku kekerasan atau tindakan kekerasan merupakan ungkapan perasaan marah dan permusuhan yang mengakibatkan hilangnya kontrol diri.

Dimana individu bisa berperilaku menyerang atau melakukan suatu tindakan yang dapat membayakan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Nah itulah pengertian sekilas tentang perilaku kekerasan atau tindakan kekerasan menurut para ahli sosiologi. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial | Penulis Dwi Mulyono

https://kbbi.kemdikbud.go.id/

https://rsjsoerojo.co.id/