Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk - Referensi Artikel Sosiologi Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk

Sering didepan gawai, laptop, hp, baik saat belajar online, kerja, seminar ? Nah ini tips dan cara menjaga kesehatan mata terbaru.

Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk

Sosiologi Info - Tips kesehatan di masa pandemi Covid-19 menjadi penting untuk dilakukan setiap orang. Apalagi yang bertatapan langsung pekerjaan yang serba online atau daring. 

Misalnya, pelajar, mahasiswa, pegawai, yang di masa pandemi Covid-19 ini selalu menatap layar baik laptop maupun handphone. 

Nah berikut ini tips dan cara menjaga kesehatan terbaru untuk mata agar selalu aman, sehat dan tidak terganggu. Yuk baca guys. 

Banyak Habiskan Waktu Didepan Gawai

Satu tahun lebih pandemi Covid-19 di Indonesia. Sistem work from home (WFH) masih menjadi pilihan kebanyakan perusahaan, instansi pemerintah, dan aktivitas pendidikan semua serba daring atau online. 

Dengan seringnya aktivitas seseorang di depan gawai tentu tanpa kita sadari, menatap layar hp, laptop terlalu lama bisa saja menyebabkan mata cepat lelah, kering. Bahkan dampak buruhknya membuat mata ada kelainan. 

Oleh karena itu, bagaimana tips agar kesehatan mata tetap terjagat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, di masa daring atau semuanya serba online ?

Nah, dikutip Sosiologi Info dari laman resmi News.unair.ac.id, pada Kamis, 08 Juli 2021. Dokter spesialis mata Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr Mohamad Nurdin Zuhri membagikan setidaknya ada enam tips menjaga kesehatan mata di masa pandemi Covid-19, yang serba daring/online. 

Ia menceritakan biasanya yang paling banyak di klinik itu, dimana banyak orang tua yang membawa anaknya dengan keluhan anak yang mengalami kabur penglihatan atau mata lelah.

"Setelah diperiksa, kita diagnosis terkena miopi atau astigmatisme," kata Mohamad Nurdin, seperti dikutip Sosiologi Info, pada Kamis, 08 Juli 2021.

Lalu bagaimana sih cara kita baik untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, pegawai, yang selalu berhadapan dengan gawai untuk selalu menjaga kesehatan mata di masa pandemi Covid-19 ? 

Nah berikut ini tips kesehatan untuk mata terbaru yang bisa kamu coba dan praktekan ya, untuk menjaga mata agar tetap sehat. 

Enam Tips Jaga Kesehatan Mata di Masa Pandemi Covid-19

Menjaga mata agar selalu sehat meski sering menatap layar gawai, baik hp, laptop/komputer, menjadi hal penting untuk segera anda lakukan. Nah berikut ini beberapa tips kesehatan  terbaru menjaga mata bisa kamu coba ya. 

Tips Kesehatan Mata, Pertama : Atur Jarak Aman Mata Saat Kerja Menatap Layar

Mengatur jarak mata dengan layar menjadi penting untuk dilakukan. Menurut Nurdin, penyebab mata lelah disaat era daring ini adalah durasi kerja jarak dekat yang cukup lama. 

Misalnya, ketika melihat dengan jarak dekat, maka mata akan mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang dilihat. 

Dengan demikian, mata otot pada mata akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata. 

"Jika kita melihat dengan jarak dekat, maka otot mata akan lebih berkontraksi. Ibara kita mengangkat benda berat. Beberapa menit mungkin kita kuat, akan tetapi kalau sudah berjam-jam akan membuat kita lelah," ungkapnya. 

Ia melanjutkan untuk mengatur jarak saat menggunakan gawai salah satu hal yang menjadi penting. Begitu juga postur tubuh. Berpengaruh pada jarak ideal penggunaan gawai. Biasanya jarak satu lengah atau 30-40 centimeter (CM). 

"Jarak yang baik antara mata dengan gawai itu tergantung postur tubuh sebenarnya, karena postur tubuh setiap orang pasti berbeda," sambungnya.

Tips Kesehatan Mata, Kedua :  Usahakan Pakai Komputer/Laptop, Jangan Handphone

Masih kata Dokter Nurdin, ia menyarankan untuk menggunakan gawai dengan layar yang lebar untuk menghindari dan menyebabkan otot mata lebih berkontraksi. 

Lanjutnya, penggunaan hp tidak dianjurkan saat sekolah atau kerja dengan metode daring. Kenapa ? Karana hp memiliki layar yang kecil. 

Oleh karena itu, pihaknya memberikan saran agar lebih menggunakan komputer/laptop, karena jarak penggunaan hp terhadap mata relatif dekat. 

"Usahakan untuk tidak memakai handphone. Tapi, menggunakan laptop atau komputer, karena memiliki layar yang lebih besar dan jarak penggunaannya lebih juah. Dengan demikian, itu mengurangi terjadinya astenopia atau mata kelelahan," jelas Dokter Nurdin. 

Tips Kesehatan Mata, Ketiga : Pakai Aturan Dua Puluh, Apa itu ? 

Dokter Nurdin menjelaskan bahwa ada aturan dua puluh. Aturan itu merupakan cara yang efektif untuk mencegah kelelahan pada mata. 

Artinya aturan dua puluh adalah selama dua puluh menit melihat layar. Kemudian, dilanjut dengan istirahat selama dua puluh detik. Dengan melihat jarak sejauh dua puluh kaki.

"Saat melihat jarak jauh, dengan jarak dua puluh kaki atau sekitar enam meter, otot-otot mata akan berelaksasi, sehingga hal itu membuat mata lebih rileks," tuturnya.

Tips Kesehatan Mata, Keempat : Selalu Atur Frekuensi Kedipan

Selanjutnya, ia menyampaikan mata kering pada dasarnya ada dua prinsip, yaitu pertama karena produksi air mata yang berkurang. Kedua, terjadi pe. ningkatan evaporasi atau penguapan air mata.

Kebanyakan orang tidak memiliki penyakit sistemik. Mata kering disebabkan oleh penguapan air mata yang meningkat.

Hal itu dikarenakan frekuensi kedipan hanya 4-6 kali permenit, bahkan sampai 2 kali permenit saat melihat gadget. Normalnya kedipan mata terjadi 14-16 kali permenit. 

"Saat kita melihat sesuatu yang serius pada gadget, frekuensi berkedip akan berkurang, sehingga itu akan meningkatkan evaporasi air mata," sebutnya. 

Tips Kesehatan Mata, Kelima : Jangan Lupa Atur Cahaya pada Gawai

Nah, pada gawai yang kita pakai pasti ada bluelight yang dapat menyebabkan mata cepat lelah, karena bluelight memiliki panjang gelombang lebih pendek. 

Namun, pada gawai saat ini telah dilengkapi dengan bluelight filter atau night mode. Itulah yang dapat meningkatkan kenyamanan pada mata.

"Dari segi teknologi pun, sebenarnya sudah membantu meringankan upaya menjaga kesehatan mata, sehingga saat membeli gawai kita bisa melihat ia ramah dimata atau tidak," tungkasnya. 

Tips Kesehatan Mata, Keenam : Nutrisi Tubuh Kurang, Jangan Lupa Konsumsi Suplemen

Cara dan tips terakhir ini mungkin menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan mata. Menurut Dokter Nurdin, menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi suplemen. 

Ia menyebut tergantung pada nutrisi yang masuk pada tubuh seseorang. Jika nutrisi sudah dianggap baik, maka mengonsumsi suplemen tidaklah diperlukan.

"Sepanjang nutrisi kita sudah cukup untuk kesehatan mata, maka tidak perlu suplementasi dari luar, sehingga tergantung nutrisi kita sudah baik atau belum,"

“Sepanjang nutrisi kita sudah cukup untuk kesehatan mata, maka tidak perlu suplementasi dari luar, sehingga tergantung nutrisi kita sudah baik atau belum,” tutupnya.

Nah, itulah enam tips kesehatan mata terbaru di masa pandemi Covid-19 yang bisa kamu coba. Terkhususnya untuk kamu yang sering berada di depan layar gawai setiap harinya. 

Sumber Referensi :

http://news.unair.ac.id/2021/07/07/dokter-spesialis-mata-unair-beri-tips-menjaga-kesehatan-mata-di-era-daring/

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk
Sering Depan Gawai ? Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Mata, Coba Yuk
Sering didepan gawai, laptop, hp, baik saat belajar online, kerja, seminar ? Nah ini tips dan cara menjaga kesehatan mata terbaru.
https://1.bp.blogspot.com/-wfx-bBZf-CY/YOaz__RYpMI/AAAAAAAAFMk/ZX3SHGmrGp0uEdUBJEimaO_ZxGu02LodACLcBGAsYHQ/s16000/Sering%2BDepan%2BGawai%2BIni%2B6%2BTips%2BJaga%2BKesehatan%2BMata%2BCoba%2BYuk.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wfx-bBZf-CY/YOaz__RYpMI/AAAAAAAAFMk/ZX3SHGmrGp0uEdUBJEimaO_ZxGu02LodACLcBGAsYHQ/s72-c/Sering%2BDepan%2BGawai%2BIni%2B6%2BTips%2BJaga%2BKesehatan%2BMata%2BCoba%2BYuk.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/07/6-tips-jaga-kesehatan-mata-terbaru.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/07/6-tips-jaga-kesehatan-mata-terbaru.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy