Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer - Referensi Artikel Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer

Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer.

Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer

Sosiologi Info - Universitas Negeri Padang (UNP) punya banyak gedung yang menjadi ikon kampus negeri terbaik di Sumatera Barat tersebut. 

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa gedung di Universitas Negeri Padang (UNP) yang bisa dijadikan spot spot foto instagramable. Mau tahu apa saja ? Yuk baca lanjutannya ya. 

Penulis Artikel : Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang | Novran Juliandri Bhakti

Bangunan Iconic Universitas Negeri Padang

Hai semuanya, aku Novran Juliandri Bhakti. Aku adalah salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP). Kita sama-sama tahu kalau Universitas Negeri Padang adalah salah satu Universitas terbaik di Sumatera dan Indonesia. 

Universitas ini berlokasi di Kota Padang, lebih tepatnya di Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara. Lokasinya sangat strategis bila dibandingkan Universitas Andalas, yang lokasinya lumayan jauh dari perkotaan. 

Namun perlu diketahui juga bahwa, Universitas Negeri Padang adalah dahulunya adalah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, sehingga kedua Universitas Negeri ini memiliki hubungan yang sangat erat, dapat dikategorikan sebagai kakak-adik. 

Namun hal tersebut telah berlalu, UNP (Universitas Negeri Padang) telah menjadi perguruan tinggi yang berdikari dan mumpuni serta memiliki fasilitas-fasilitas yang tidak kalah hebat dari Universitas Andalas. 

Kini Universitas Negeri Padang telah berbenah menjadi sebuah Universitas Pendidikan yang bergengsi, sama halnya dengan Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dahulu sewaktu masih berbentuk fakultas, pada akhirnya ia berubah bentuk menjadi IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Padang. 

Hingga pada tahun 1999 sesuai dengan Kepres Nomor 93 tahun Tanggal 24 Agustus 1999, IKIP Padang telah resmi menjadi Universitas Negeri Padang.

Kemudian, untuk akreditasi institusi Universitas Negeri Padang (UNP) mendapatkan predikat A yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan masa berlaku sampai tanggal 20 Desember 2021. Kita tunggu saja untuk akreditasi terbaru institusi Universitas Negeri Padang (UNP) ya.

Tiga Gedung di Universitas Negeri Padang Bisa Jadi Spot Foto yang Instagramable

Menjadi sebuah perguruan tinggi yang berlabel Universitas, tentu telah merubah Universitas Negeri Padang. Hal yang berubah tentu sangat banyak, mulai dari penambahan fakultas, jurusan, hingga program studi. 

Penambahan fakultas, jurusan, hingga program studi tersebut harus di imbangi dengan adanya fasilitas-fasilitas seperti kelas, lahan parkir, gedung fakultas, bangunan rektorat, hingga pada auditorium. 

Kali ini, aku akan memperlihatkan beberapa bangunan iconic dari Universitas Negeri Padang. Serta aku akan menjelaskan kegunaan dari gedung-gedung tersebut.

Seberapa iconic kah dia di mata para Mahasiswa dan bagaimana kegunaannya ketika acara-acara penting yang diadakan oleh Universitas.

Universitas Negeri Padang (UNP) Punya 3 Gedung Iconic, Berikut Spot Foto yang Instagramable

Pertama, Auditorium Universitas Negeri Padang

Ini adalah salah satu bangunan megah dan iconic yang ada di Universitas Negeri Padang. Ia berfungsi sebagai sarana dan prasarana untuk acara, ya bisa dikatakan ini adalah gedung serbaguna gitu. 

Jika tidak Pandemi, gedung ini pasti digunakan untuk kegiatan acara PKKMB Universitas Negeri padang. PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) adalah sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Universitas Negeri Padang.

Aku dahulu masuk pada tahun 2019 (1 tahun sebelum pandemi covid-19). Acara tersebut begitu megah dan meriah, saking banyaknya peserta. 

Acara ini dibagi pada 3 fase, ada fase PKKMB UNP Jalur masuk SNMPTN, terus jalur masuk SBMPTN, dan jalur masuk Mandiri serta vokasi D3. 

Tidak itu saja, gedung ini juga digunakan pada acara pelepasan para wisudawan. Acaranya pasti rutin diadakan 3-4 kali dalam satu tahun atau 2 semester. 

Pada pandemi ini, beberapa kesempatan UNP menggelar wisuda secara luring (luar jaringan) yang tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Aku begitu bangga sebagai Mahasiswa di UNP, karena gedung ini bukan saja digunakan untuk acara-acara formal yang diadakan oleh kampus saja. 

Namun acara non-formal yang diadakan oleh pihak luar dan mahasiswa pernah diselenggarakan di Auditorium Universitas Negeri Padang ini. 

Sewaktu aku masih MABA (Mahasiswa Baru), gedung tersebut pernah digunakan untuk acara konser penyanyi Tulus, pernah juga digunakan untuk konser penyanyi Harris J. 

Ya walaupun tidak ikut menonton konsernya, setidaknya kita tahu event tersebut dan bangga menjadi bagian di dalamnya. Oh iya, aku baru ingat. 

Kalau Auditorium UNP pernah digunakan untuk menyambut Mantan Wakil Presiden Indonesia, Bapak Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Acara sambutan tersebut merupakan acara pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada beliau. 

Mengutip dari (news.detik.com) Padang, Kamis (5/12/2019). UNP memberikan penghargaan untuk JK karena dianggap sebagai pejuang mutu pendidikan di Indonesia. 

“Tim promotor UNP bersepakat memberikan anugerah pendidikan pada Bapak Jusuf Kalla uang kami nilai dan dianggap sebagai seorang tokoh penggagas dan pejuang mutu pendidikan di Indonesia,” kata Ketua Tim promotor UNP Prof. Dr. Sufyarma Marsidin saat pemberian penghargaan untuk JK. 

Dalam orasi ilmiahnya, JK menekankan mutu pendidikan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Dia mengibaratkan standar mutu pendidikan dengan olahraga lompat tinggi. 

“Peningkatan mutu pendidikan itu ibarat meletakkan galah lompat tinggi. Untuk meningkatkan prestasi ketinggian galahnya secara bertahap ditambah. Sebaliknya, kita agar semua murid dapat lulus atau melewati galah, maka ketinggian galahnya diturunkan jadi mudah agar semu lulus,” kata JK. 

“Kita hanya bisa melompat di ketinggian 1,5 meter sementera negara lain sudah 2 meter,” sambung dia. 

Wah betapa bahagianya aku bila bisa menyaksikan acara tersebut, namun pada waktu acara aku sedang ada kuliah di kelas mata kuliah umum Universitas, sehingga aku tidak dapat menghadiri acara tersebut. 

Lebih lanjut, acara tersebut juga hanya dihadiri bagi mereka para Mahasiswa yang tergabung ke dalam mahasiswa yang menerima beasiswa bidikmisi. 

Sehingga secara tidak langsung, aku tidak bisa ikut berkontribusi untuk melihat acara pemberian gelar Dr Honoris Causa tersebut. 

Mungkin itu sedikit cerita dari Auditorium ini, coba saja pandemi tidak melanda negeri ini. Aku jamin dan aku pastikan, banyak acara yang aku saksikan dan aku geluti ketika diadakan di Auditorium Universitas Negeri Padang tersebut. 

kalau teman-teman berkunjung ke Universitas Negeri Padang, jangan lupa mampir sembari bersua foto di gedung Auditorium Universitas Negeri Padang yang sangat megah.

Universitas Negeri Padang (UNP) Punya 3 Gedung Iconic, Berikut Spot Foto yang Instagramable

Kedua, Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang 

Ini dia salah satu gedung termegah dan menjadi iconic di Universitas Negeri Padang, gedung atau bangunan ini diperuntukan untuk rektorat. 

Ruang pak rektor, wakil rektor, Universitas Negeri Padang beserta jajarannya. Gedung ini aku akui sangat megah dan mewah, terdapat lift yang bisa digunakan bagi seluruh civitas akademika di UNP. 

Aku pernah beberapa kali masuk ke dalam gedung ini, waktu itu aku sedang ada urusan untuk mengurus proposal permintaan untuk bepergian lomba. 

Mungkin teman-teman bisa lihat layar monitor besar di atas sana, biasanya setiap hari akan ditayangkan video-video seputar Universitas Negeri Padang, dan ada juga video dari pak Rektor UNP yaitu Bapak Dr. Ganefri, PhD. 

Oh iya, saking iconic-nya gedung ini. Teman-teman yang sudah menyelesaikan sidang Sempro atau Kompre Skripsinya, pasti akan bersua foto di depan gedung rektorat ini. 

Mereka akan membuat banner pencapaian, membawa buket bunga, mengajak teman-teman lainnya berpartisipasi, serta mengenakan selempang yang dikenakan di badan. 

Biasanya selempang tersebut bertuliskan nama, beserta gelar akademik yang telah dicapai. Tak lupa juga, bersolek ganteng dan cantik, akan tampil maksimal di layar kaca kamera. Ini adalah contoh yang aku maksud :

Universitas Negeri Padang (UNP) Punya 3 Gedung Iconic, Berikut Spot Foto yang Instagramable

Kebanyakan perayaan atau ceremony kecil-kecilan seperti ini, sangat sering diselenggarakan para Mahasiswi-Mahasiswi di UNP. 

Biasanya, setelah dia merayakan kelulusan temennya. Nanti ketika giliran dia yang telah mencapai kelulusan, teman-temannya yang sudah merayakan juga akan merayakan kelulusan. 

Wah.. Indahnya kalau lulus, pengen juga cepet-cepet lulus Hahaha. Kalau teman-teman berkunjung dan main ke UNP, sila berkunjung ke gedung rektorat yaaaa….. dan saksikan kemegahannya. 

Universitas Negeri Padang (UNP) Punya 3 Gedung Iconic, Berikut Spot Foto yang Instagramable

Ketiga, Gedung Bagonjong/Balai Bahasa

Ini merupakan gedung paling iconic di Universitas Negeri Padang, karena memperlihatkan nuansa Minangkabau yang menjadi identitas Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang tentunya. 

Dahulu gedung ini diperuntukkan sebagai ruang rektor beserta jajarannya, selepas gempa 2009 kalau tidak salah. Kota Padang luluh lantah akibat bencana tersebut, termasuk lah Universitas Negeri Padang. 

Selepas bencana tersebut, pada akhirnya Universitas Negeri Padang banyak membangun bangunan-bangunan baru untuk fasilitas penunjangnya. 

Termasuk juga gedung rektorat yang kita bahas di atas, maka dari itu gedung bagonjong di alih fungsikan sebagai balai bahasa. 

Maaf ya teman-teman jika gedungnya tidak terlalu kelihatan, memang gedungnya banyak dan dipenuhi oleh pepohonan rindang, jadi kurang ke close up gedung ini, hehehehe. 

Perlu teman-teman ketahui juga bahwa, segala hal mengenai tes toefl ataupun ielts semua dikerjakan di dalam gedung ini. Aku pada semester 4 lalu, mengambil skor hasil tes toefl yang dilaksanakan pada semester 1. 

Alhamdulillah aku lulus dengan predikat skor 417, lumayan lebih 17 hehehehehe. Skor toefl ini nantinya sangat berguna untuk diriku untuk mengajukan form kelulusan atau wisuda. 

Oh iya, kalau temen-temen main Ke UNP. Jangan lupa ya mampir dan bersua foto di gedung ini, dijamin keren dan sangat Minang Banget.

Itulah beberapa gedung yang iconic di Universitas ku, yang menjadi Universitas Terbaik di Sumatera Barat. Kalau teman-teman satu almamater ku membaca tulisan ini, mungkin kalian bisa melawan atau membantunya dengan tulisan juga. Bisa menulis di platform lain atau platform media ini juga. 

Namun yang jelas, aku sangat bangga dengan Universitas Negeri Padang. Walaupun tidak lama merasakan perkuliahan luring, dan lebih banyak daring. 

Aku merasakan hari-hari itu ketika berada di kampus. Ketika membawa motor, gedung-gedung di atas tidak akan aku lewatkan pemandangannya. Pasti aku akan melintas di depan gedung-gedung tersebut. 

Terlebih lagi lapangan rumput hijau di rektorat yang cukup luas, biasanya banyak Mahasiswa yang menghabiskan waktunya dengan bercengkrama atau berdiskusi soal organisasi. 

Yang jelas aku tidak sabar untuk merasakan perkuliahan luring (tatap muka) kembali. Nanti jika ada temen-temen yang berasal dari luar Kota Padang.

Yuk singgah lah ke kampus ku dan jalan-jalanlah sejenak menikmati suasananya, jangan lupa mengabadikan foto sebagai kenang-kenangan. 

Sumber Foto : Novran Juliandri Bhakti/pribadi

COMMENTS

 Yuk Follow Instagram Sosiologi Info

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Name

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer
Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer
Universitas Negeri Padang (UNP) Kampus Terbaik Sumatera Barat, Ini 3 Gedung Iconic Populer.
https://1.bp.blogspot.com/-bEQYCYG-d2A/YRMDoGhH2cI/AAAAAAAAFVU/64rHshNK5P8QkQcEeDLEoJlm0_fREJm8wCLcBGAsYHQ/s16000/Universitas%2BNegeri%2BPadang%2B%2528UNP%2529%2BPunya%2B3%2BGedung%2BIconic%2BBerikut%2BSpot%2BFoto%2Byang%2BInstagramable.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-bEQYCYG-d2A/YRMDoGhH2cI/AAAAAAAAFVU/64rHshNK5P8QkQcEeDLEoJlm0_fREJm8wCLcBGAsYHQ/s72-c/Universitas%2BNegeri%2BPadang%2B%2528UNP%2529%2BPunya%2B3%2BGedung%2BIconic%2BBerikut%2BSpot%2BFoto%2Byang%2BInstagramable.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/08/universitas-negeri-padang-kampus-terbaik-di-sumatera-barat.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/08/universitas-negeri-padang-kampus-terbaik-di-sumatera-barat.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy