-->

9 Contoh Norma Sosial Masyarakat di Kehidupan Sehari Hari, Terbaru !

9 Contoh Norma Sosial Masyarakat di Kehidupan Sehari Hari, Terbaru ! Ini Penjelasannya.

9 Contoh Norma Sosial Masyarakat di Kehidupan Sehari Hari, Terbaru !
Contoh norma sosial saat masyarakat antri di ATM. (Sumber Foto/Sosiologi Info)

Sosiologi Info - Norma sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya menjadi petunjuk dan pedoman, serta menjadi tolak ukur berperilaku atau berinteraksi. 

Lalu apa saja contoh contoh norma sosial yang bisa kita lihat dalam masyarakat ? Berikut ulasannya. 

Sekilas Memahami Pengertian Norma Sosial

Apa sih yang kamu ketahui dan pahami perihal norma ? Nah norma adalah pedoman perilaku yang untuk dapat melangsungkan kehidupan sosial masyarakat.

Baik yang secara bersama-sama, dalam kelompok/komunitas sendiri, maupun kelompok masyarakat lainnya. 

Norma inilah yang menjadi patokan atau petunjuk dalam berperilaku yang benar dan pantas untuk dilakukan. Pada saat berinteraksi dengan individu atau masyarakat dilingkungan kita tinggal. 

Norma yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat biasanya menjadi tolak ukur dari segala tingkah laku individu/manusia itu sendiri. 

Dengan demikian, jika ada individu atau masyarakat yang melanggar norma maka akan ada sanksi yang menantinya. 

Oleh karena itu, untuk menghindari sanksi yang berlaku, sudah seharusnya individu atau masyarakat melaksanakan interaksi sesuai dengan norma yang sudah disepakati bersama.

Norma adalah kaidah, aturan pokok, ukuran, kadar atau patokan yang diterima secara utuh oleh masyarakat. 

Tujuannya guna untuk mengatur kehidupan dan tingkah laku dalam berinteraksi sehari-harinya. Ini mempunyai fungsi agar kehidupan yang berlangsung terasa aman, damai, tentram dan menyenangkan. 

Diketahui, bahwa keberadaan norma di dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau kelompok masyarakat. 

Dengan cara itulah, agar masyarakat dapat menjalankan aturan sosial yang telah terbentuk sejak lama dan menjadi konsensus atau kesepakatan bersama.

Silahkan baca disini untuk penjelasan : Pengertian (Definisi) Norma Sosial : 5 Ciri Ciri, 2 Fungsi, dan 9 Jenisnya

Contoh Norma Sosial di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari

Nah lalu apa saja contoh contoh yang bisa kita saksikan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-harinya, perihal norma sosial ini ? 

Setidaknya ada dua jenis Norma Sosial yaitu Berdasarkan Tingkat Daya Ikatnya dan Aspek dalam Masyarakatnya.

Berikut dibawah ini Contoh Lima Norma Sosial Berdasarkan Tingkat Daya Ikatnya 

1. Norma Usage adalah norma yang ada berdasarkan atas perbuatan yang dilakukan oleh individu. Biasanya jika ada yang melanggar maka hanya mendapatkan cemohan atau disindir saja.

Contohnya bisa kita lihat saat kita makan bersama teman atau diacara penting, kita tak sengaja bersendawa, atau pada saat makan, sendok yang kita gunakan terkena piring lalu bunyi (ting ting ting).

Maka disitu kadang kita mendapatkan sindiran atau celaan yang hanya dilakukan pada saat itu saja. Atau  bisa juga contohnya saat ada temen kamu yang buang angin, sembarangan, saat sedang ngumpul. Nah disini kita hanya mencemooh atau memberikan sindiran saja. 

2. Norma Folkways adalah norma yang dilakukan melalui interaksi yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. 

Contohnya saat melakukan salaman kepada orang yang lebih tua, atau menghormati orang yang lebih tua dari kita adalah kewajiban. 

Jika kita tidak melakukannya itu kita disebut tidak taat terhadap norma kebiasaan yang sudah mendarah daging, dan diturunkan secara berulang-ulang kepada setiap generasi. Maka kita akan mendapatkan teguran.

3. Norma Mores adalah norma tata kelakuan atau kesusilaan yang menjadi kebiasaan masyarakat. Contohnya ketika kita yang lebih kecil atau masih muda diharuskan untuk memanggil yang lebih tua.

Dengan sebutan Bapak/Ibu untuk orang tua, Abang/Kakak, tidak boleh langsung menyebutkan namanya. 

Jika kita melanggar maka kita dianggap tidak waras atau kurang ajar dengan orang yang lebih tua tersebut. 

Dengan demikian, kita mesti bisa menyesuaikan norma mores atau tata kelakuan pada setiap lingkungan yang ada di masyarakat.

4. Norma Custom adalah lebih diidentikan dengan norma adat istiadat yang ada dalam masyarakat. Norma ini sangat kuat ikatannya. 

Jika ada anggota masyarakat yang tidak melaksanakan norma yang berlaku sesuai adat istiadat masyarakat dianggap melanggar dan mendapatkan sanksi tegas. 

Contohnya norma adat istiadat seperti kendurian, selametan, adat/hukum perkawinan, dan contoh lainnya yang berkaitan dengan norma adat istiadat lainnya.

Nah itu semua sudah menjadi tradisi yang harus dilakukan oleh masyarakat yang mempercayai norma tersebut. 

Berikut dibawah ini Contoh Lima Norma Sosial Berdasarkan Aspek dalam Masyarakatnya

1. Norma Agama menjadi norma yang berfungsi sebagai petunjuk dan pegangan hidup bagi umat manusia yang berasal dari Tuhan berisikan perintah maupun larangan. 

Contohnya ada yang memperoleh kekayaan dengan memelihara tuyul atau hal hal gaib yang tidak dibenarkan dalam ajaran agama. 

Maka orang yang menggunakan itu akan mendapatkan ganjaran di dunia maupum saat diakherat nantinya. 

Kalau di dunia bisa saja hidupnya tidak tenang, ada saja musibah yang diterimanya, dan kalau di akhirat hukuman neraka sudah menanti. 

2. Norma Hukum adalah suatu norma yang dirangkai dengan adanya aturan yang ditunjukkan kepada masyarakat. 

Dimana berisikan ketentuan, perintah, kewajiban, larangan, agar warga mematuhi dan mewujudkan ketertiban serta keadilan. 

Norma ini dibuat oleh lembaga resmi, yang biasanya juga tertulis seperti dalam peraturan pemerintah, baik tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, maupun peraturan undang-undang yang ada.

Contohnya bisa kita lihat saat Pandemi Covid-19, dimana adanya aturan kepada warga yang wajib untuk mentaat protokol kesehatan Covid-19. 

Begitu juga saat penerapan PPKM yang diinstruksikan pemerintah, setiap warga, pedagang, pengusaha, harus mematuhi setiap detail peraturan dalam PPKM. 

Tujuannya yaitu untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak meluas memapar warga, akibat tidak patuh terhadap Protokol Kesehatan Covid-19. 

Jika ada yang melanggar siap siap saja sanksi sudah menunggu, seperti denda, maupun hukuman kurungan dan penutupan tempat usaha. 

3. Norma Kesusilaan adalah peraturan yang timbul dari hati nurani sendiri. Disinilah muncul akhlak yang pada dasarnya untuk melaksanakan nilai moral. Seperti menghargai harkat dan martabat orang yang lebih tua. 

Contohnya, biasanya sering kita lakukan, saat ada orang berkumpul, saat doa bersama atau acara penting yang banyak mengumpulkan orang. 

Nah, pada saat kita hendak lewat atau membawa minuman dan makanan, maka sudah seharusnya kita membungkukan badan. 

Kemudian, juga menurunkan tangan sambil mengucapan permisi atau izin lewat. Nah cara itulah bagian dari norma kesusilaan. 

4. Norma Kesopanan adalah sebuah petunjuk yang mengatur bagaimana kita sebagai manusia harus bertingkah laku yang sesuai dan benar dalam masyarakat.

Contohnya, kita tidak boleh meludah sembarangan atau bahkan meludah di depan orang tua, terus contoh tidak menyerobot antrian.

Baik saat di ATM, Bank, dan saat mengantri di tempat umum lainnya. Bisa juga contoh kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan. 

5. Norma Kebiasaan adalah norma yang berisikan sekumpulan peraturan yang dibuat bersama-sama secara sadar maupun tidak.

Tapi itu menjadi sebuah kebiasaan dalam masyarakat setempat. Contohnya saat ada teman yang sakit maka kita akan menjenguknya, membawakan buah, dan mendoakan agar cepat sembuh. 

Contoh lainnya, saat ada musibah warga setempat ada meninggal dunia, maka kita akan melayat. Begitu juga saat ada kegiatan lainnya. 

Nah itulah beberapa contoh norma sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari harinya. Apakah kamu pernah melanggar norma sosial yang ada diatas ? 

Sumber Referensi Bacaan :

Jurnal Sosiologi Reflektif, Laboratorium Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Volume 12, Nomor 2, April 2018

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !