Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan 5 Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan 5 Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan 5 Contohnya

Bagaimana cara mewujudkan keteraturan sosial tersebut ? Mari kita pahami penjelasan pengertian, bentuk-bentuk, syarat dan contohnya.

Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan Contohnya

Sosiologi Info - Apa itu pengertian keteraturan sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari guna menjalankan aktivitas sebagai mahluk sosial. 

Lalu bagaimana mewujudkan keteraturan sosial tersebut ? Nah sebelum masuk kepembahasan, mari kita pahami penjelasan pengertian, bentuk-bentuk, syarat dan contoh keteraturan sosial. 

Memahami Pengertian Keteraturan Sosial

Setiap individu dan manusia yang terlahir sebagai mahluk (hidup) sosial akan mengingikan adanya tujuan pencapaian keamanan, damai, tentram, tidak ada konflik. 

Dalam kehidupan sosial sehari-hari manusia akan melangsungkan proses pengenalan, sosialisasi dan interaksi yang dijalin melalui komunikasi. 

Pengenalan nilai dan norma yang diterima oleh setiap individu dalam proses sosialisasi yang dijalankan setiap harinya. 

Konsensus (kesepakatan bersama) dalam mewujudkan semua itu kita kenal sebagai sebutan keteraturan sosial. Lalu apa pengertiannya ?

Keteraturan sosial adalah suatu kondisi masyarakat yang mematuhi nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. 

Dimana wujud dari keterarutan sosial dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, yang aman, tertib, damai, salaing menghormati, mengedepankan asas kebersamaan, dan gotong royong. 

Nah keteraturan sosial yang ada dalam masyarakat dapat terbentuk melalui unsur unsur yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat tersebut.

Kemudian, dalam penjelasan lain, menyebutkan keteraturan sosial adalah suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial antara anggota masyarakat.

Dimana yang berlangsung selaras, serasi, dan harmonis. Sesuai dengan nilai dan norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat tersebut. 

Bentuk-Bentuk Keteraturan Sosial

Adapun bentuk dari keteraruan sosial itu ada empat, yaitu sebagai berikut : 

1. Tertib Sosial

Penjelasannya adalah kondisi dimana kehidupan suatu masyarakat yang aman, dinamis, dan teratur karena setiap individu bertindak sesuai nilai dan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Contohnya : Setiap individu harus dapat mematuhi peraturan lalu lintas ketika di jalan raya. Mulai dari SIM, spion motor, helm, dan tidak ugal-ugal di jalan, serta mematuhi rambu rambu lalu lintas. 

Cir-ciri tertib sosial yaitu :
a. Terdapat suatu sistem nilai dan norma yang jelas 
b. Individu/kelompok dalam masyarakat mengetahui dan memahami norma dan nilai yang berlaku
c. Individu/kelompok dalam masyarakat menyesuaikan tindakannya dengan norma dan nilai yang berlaku tersebut.

2. Keajegan

Penjelasannya adalah kondisi yang berkaitan erat dengan keteraturan sosial, dimana kondisi ini berlangsung tetap.

Serta berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu. Ini adalah hasil hubungan yang terjadi dalam rutinitas kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Keajegan juga disebut sebagai stabilitas, yang memiliki arti tidak cepat berubah atau suatu keadaan yang berlanjut secara terus menerus. 

Contohnya : Pada aktivitas keseharian peserta didik/siswa/pelajar yang menjalankan rutinitas seitap hari di sekolah atau dalam lembaga pendidikan. 

Begitu juga para pekerja kantoran di perusahaan yang akan melaksanakan rutinitas sesuai pekerjaan di kantor.

3. Order

Penjelasannya dapat diartikan sebagai tatanan, sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui, dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat. 

Tidak hanya itu saja, masyarakat juga mematuhi apa yang sudah menjadi kesapatan untuk dilaksanakan secara bersama-sama. 

Ini dapat tercapai apabila tertib sosial dan setiap warga melaksanakannya sesuai dengan hak dan kewajiban. 

Contohnya : Order pada pelaksanaan adat istiadat di masyarakat yang sudah dijadikan pedoman dalam kehdiupan sehari harinya. Baik pada kehidupan masyarakat dahulu, sekarang dan masa mendatang nantinya. 

4. Pola

Penjelasan apa yang dimaksud pola adalah wujud atau model yang abstrak setting. Utama suatu interaksi yang berlangsung dalam masyarakat. 

Corak yang mengakibatnya hubungan tetap dalam proses interaksi sosial, sehingga seringkali keadaan ini sebagai model secara general/umum. 

Karena dianggap mampu mengatasi dan mengantisipasi perubahan sosial yang berdampak pada hal negatif. 

Contohnya : Ketika seseorang individu, kelompok/masyarakat yang terlibat masalah, maka kencederungan penyelesain yang dilakukan adalah dengan cara bermusyawarah.

Syarat-Syarat Terwujudnya Keteraturan Sosial

Setelah kita sudah memahami sekilas pengertian, dan bentuk bentuk dari keteraruan sosial. Ada baiknya kita juga mengetahui apa saja syarat-syarat terwujudnya keteraturan sosial, yaitu : 

1. Warga/individu/masyarakat/kelompok/komunitas menyadari pentingnya ada kesadaran bersama dalam mewujudkan keteraruan di kehidupan sosial masyarakat sehari-harinya. 

2. Terdadat adanya norma sosial yang sesuai dengan kebutuhan dan peradaban perkembangan setiap masyarakat tersebut. 

Dengan demikian, adanya penyesuaian yang dilakukan setiap individu dalam melaksanakan dan mengamalkan nilai dan norma sosial yang telah menjadi konsensus tersebut. 

3. Nah tak kalah penting, terdapat adanya penegak hukum yang konsisten dalam ikut menjalankan segala tugas, fungsi, dan wewenangnya dalam upaya mewujudkan keteraturan sosial itu. 

Contoh Pentingnya Mewujudkan Keteraturan Sosial

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus mengikuti anjuran dan instruksi dari Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun Kota, bahkan sampai ke tingkat desa. 

Dimana masyarakat maupun individu harus dapat menciptakan dan mewujudkan apa yang menjadi kesepakatan bersama, bahwa virus Covid-19 tidak menular lebih banyak lagi. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga keteraturan sosial di situasi pandemi Covid-19 yang ada di masa sekarang ini. 

Apa saja contoh-contoh yang bisa kita lakukan dalam melaksanakan dan mewujudkan keterarutan sosial di masa pandemi Covid-19, maupun contoh lainnya. 

1. Mengikuti vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menjaga kekabalan diri dan kekebalan komunal/kelompok di masyarakat. 

Agar virus tidak menyebar luas lagi ke setiap individu atau masyarakat, tidak tertular. Maupun mengurangi/mencegah gejala yang lebih berat, saat terpapar. 

2. Melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/aktivitas di luar. 

3. Tidak menyebarkan berita hoax atau bohong terhadap informasi Covid-19, maupun tentang pelaksanaan vaksinasi. 

4. Membantu maupun tolong menolong yang dilakukan masyarakat kepada warga atau individu yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19. 

5. Begitu juga petugas atau lembaga resmi yang ikut aktif mencegah dan mengatasi penularan Covid. Maupun ikut dalam memberikan bantuan ekonomi dan finansial kepada warga terdampak. 

Misalnya memberikan bantuan sembako bagi individu yang mampu kepada yang kurang mampu, maupun kepada warga yang terdampak, terhadap ekonomi keluarganya. 

Nah, kamu bisa bayangkan jika kita sebagai individu maupun masyarakat tidak bisa menjaga adanya keteraturan sosial. 

Pastinya bakal terus terjadi konflik, perpecahan yang dimana individu dan masyarakat harus tetap bertahan di masa pandemi Covid-19. 

Dimana perekonomian yang masih terganggu, makin bertambahnya angka pengangguran, kemiskinan, tingkat kriminal bertambah, serta kesenjangan sosial lainnya. 

Oleh karena itu, upaya dan langkah bersama mesti dilakukan sebagai cara mencegah terjadinya perpecahan dan demi mewujudkan keteraruan sosial di kehidupan sosial sehari-hari masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan pengertian keteraturan sosial, memahami bentuk-bentuk, syarat-syarat, beserta contoh pentingnya mewujudkan keterataruan sosial di masyarakat. 

Sumber Referensi :

Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020 | Penyusun Sri Uji Partiwi, S.Sos., M.Pd

http://digilib.uinsgd.ac.id/

https://brainly.co.id/

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan 5 Contohnya
Pengertian Keteraturan Sosial : Ada 4 Bentuk, 3 Syarat, dan 5 Contohnya
Bagaimana cara mewujudkan keteraturan sosial tersebut ? Mari kita pahami penjelasan pengertian, bentuk-bentuk, syarat dan contohnya.
https://1.bp.blogspot.com/-jdTk21os9nQ/YU_9IOB-q8I/AAAAAAAAFe8/r5-fch5Q3ds_Dx9mu9Dz5xOtRupMpi6BgCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BKeteraturan%2BSosial%2BAda%2B4%2BBentuk%2B3%2BSyarat%2Bdan%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jdTk21os9nQ/YU_9IOB-q8I/AAAAAAAAFe8/r5-fch5Q3ds_Dx9mu9Dz5xOtRupMpi6BgCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BKeteraturan%2BSosial%2BAda%2B4%2BBentuk%2B3%2BSyarat%2Bdan%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/09/pengertian-keteraturan-sosial-bentuk-syarat-dan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/09/pengertian-keteraturan-sosial-bentuk-syarat-dan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy