-->

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut.
Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Sosiologi Info - Pemanfaatan platform digital sangat diperlukan khususnya bagi peningkatan wawasan serta pengetahuan petani lokal yang mengelola lahan gambut sebagai sumber penghidupan. 

Cyber Extension menjadi salah satu platform yang dapat dimanfaatkan saling bertukar informasi pertanian yang cukup efektif.

Dimana tersaji materi-materi penyuluhan untuk meningkatkan kompetensi serta keterampilan petani. 

Namun, tidak semua petani mengetahui dan memanfaatkan Cyber Extension disebabkan oleh kurangnya informasi dan pengetahuan mengoperasikannya. 

Mencermati masalah tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masayarakat dari Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Riau tahun 2021 yang diketuai oleh Dr. Dra. Rd. Siti Sofro Sidiq dan beranggotakan 2 (dua) dosen Teguh Widodo, S.Sos.,M.Si dan Rina Susanti, S.Sos.,M.Si 

Serta melibatkan mahasiswa dari Program Magister Sosiologi yakni Seger Sugiyanto, melakukan kegiatan sosialisasi pengenalan Cyber Extension bagi petani di Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar.

Pentingnya Pemanfaatan Cyber Extension untuk Petani Lokal Mengelola Lahan Gambut

Kegiatan pengabdian menyasar petani lahan gambut supaya mengenal serta mulai memanfaatkan Cyber Extension untuk mengaskes berbagai materi agar meningkatkan produktivitas.

Serta kompetensi memanfaatkan lahan gambut mendukung pertanian berkelanjutan. Tim tidak hanya mengenalkan Cyber Extension tetapi juga mengajarkan bagaimana mengakses serta mengoperasikannya. 

“Petani lahan gambut perlu didukung untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan mereka tentang mengelola serta memanfaatkan secara berkelanjutan," Ketua Pengabdian Dr. Rd. Siti Sofro Sidiq, M.Si.

Ia melanjutkan ini penting sebab mengolah dan memanfaatkan gambut dapat dikatakan lebih menantang dari pada jenis lahan lain sehingga petani perlu mendapat banyak masukan informasi. 

"Kami mengenalkan dan mengajarkan memanfaatkan Cyber Extension bagi para petani di Rimbo Panjang meskipun belum digunakan sepenuhnya kami berharap kedepan mulai dimanfaatkan untuk mengakses informasi pertanian," sebutnya.  

Dalam suasana Covid-19, Tim Pengabdian berusaha melakukan kegiatan dengan maksimal. Kegiatan pengabdian.

Dilakukan langsung dengan menemui petani di ruang terbuka dan sembari menyaksikan aktivitas mereka dalam bercocok tanam di lahan gambut. 

“Bagi saya ini bagus cuma sayangnya mesti belajar menggunakan tidak bisa cepat kita praktek membuka aplikasi itu. Semoga nantinya saya dan masyarakat disini bisa memanfaatkan agar menambah pengetahuan lah untuk bertani,” ungkap salah satu Petani di lokasi pengabdian.

Tim Pengabdian bersyukur atas partisipasi petani di Rimbo Panjang sebagai sasaran utama kegiatan ini. 

Harapan selanjutnya bahwa mereka dapat sepenuhnya memanfaatkan Cyber Extension untuk menambah wawasan serta meningkatkan kompetensi tanpa terkendala suatu hal apapun. 

Wawasan dan kompetensi petani yang meningkat diyakini dapat memberikan kotribusi pada produktivitas hasil pertanian sehingga kesulitan-kesulitan memanfaatkan maupun mengelola lahan gambut dapat diminimalisir. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !