-->

10 Universitas Terbaik di Jepang untuk Program S1, S2, S3, Ada Beasiswa Juga

10 Universitas Terbaik di Jepang untuk Program S1, S2, S3, Ada Beasiswa Juga
10 Universitas Terbaik di Jepang untuk Program S1, S2, S3

Sosiologi Info - Punya rencana untuk kuliah di Jepang ? Nah simak dulu 10 Universitas Terbaik di Jepang yang bisa kamu pilih. 

Berikut ini beberapa informasi penting yang mesti kamu ketahui, perihal program yang disediakan. Yuk simak !

Mengenal Kebudayaan Jepang

Jepang sudah menjadi magnet dunia dalam hal kebudayaan yang unik dan menarik. Banyak warga dunia yang kagum dengan keindahannya. 

Tentunya tidak hanya menjadi sorotan dunia perihal kebudayaan masyarakatnya. Jepang juga menjadi tujuan para pelajar yang ingin kuliah di Negeri Sakura, Jepang tersebut. 

Banyak pelajar di dunia ingin melanjutkan kuliah di Negeri Sakura, Jepang. Tak terkecuali pelajar di Indonesia. 

Beberapa kebudayaan masyarakat Jepang yang perlu untuk kita ketahui sebelum melanjutkan perjalanan kuliah disana. 

Dikutip dari Gramedia.com, setidaknya ada 8 macam kebudayaan Jepang yang terkenal dan unik, yaitu sebagai berikut : 

1. Hanabi : Kembang Api

Kebudayaan Jepang ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Jepang. Hanabi adalah bunga api yang merepresentasikan keindahan kembang api sebagai bagian dari budaya Jepang yang sangat disenangi. 

2. Hanami : Flower Viewing

Dikenal dengan sebutan Hanami atau sebagai festival penyambutan bermekarnya bunga Sakura. Hanami adalah tradisi sekaligus budaya yang sudah ada selama ribuan tahun lalu di Jepang.

3. Origami : Seni Melipat Kertas

Origami telah ada sejak lama sebagai salah satu budaya Jepang, sejak pertama kali kertas digunakan, yaitu abad pertama Tiongkok, sekitar 105 M oleh Ts'ai Lun. 

Kemudian, pada abad ke 6 sekitar 106 M, metode pembuatan kertas dibawa ke Spanyol oleh orang Arab dan Jepang.

4. Tako : Layang Layang Jepang

Budaya Jepang yang satu ini adalah Tako. Memiliki arti layang layang. Sementara takoage artinya layang layang terbang. 

Masyarakat di Jepang yang menerbangkan layang layang menjadi aktivitas favorit keluarga yang dilaksanakan tiap tahun baru.

5. Kinono :  Pakaian Tradisional Jepang

Kimono merupakan pakaian tradisional dari Negara Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia. 

Awalnya, kimono adalah pakaian yang dipakai dari kalangan bangsawan saja, yakni sekitar tahun 794-1185 atau dalam periode Heian. 

6. Sadou : Upacara Minum Teh

Dimana upacara minum teh sebagai budaya Jepang terdapat dua jenis yaitu Ochakai dan Chaji. Ochakai adalah upacara minum teh yang terbilang tidak terlalu formal.

Karena biasanya orang Jepang akan mengundang teman dan kerabatnya untuk melakukan kegiatan Ochakai sebagai bentuk perayaan keberhasilan. 

Sementara, untuk Chaji adalah upacara minum teh yang sifatnya formal dan sangat sakral, bahkan pelaksanaannya dapat berlangsung lebih dari 4 jam.

7. Matsuri : Festival

Budaya Jepang Matsuri adalah festival yang diselenggarakan saat summer atau musim panas. Matsuri ini berhubungan dengan festival dari kuil yakni kuil Budha dan kuil Shinto. Matsuri adalah acara untuk berdoa dan bersembahyang.

Nah itulah beberapa budaya Jepang yang kamu juga harus ketahui sebelum lanjut Kuliah ke Jepang untuk memilih Universitas Terbaik di Jepang. 

Ada 10 Universitas Terbaik di Jepang

Memilih universitas di luar negeri seperti di Jepang juga menjadi penting, agar kamu mendapatkan gambaran tentang kampus yang ada di sana. 

Dikutip dari QS World University Rankings 2022 dan laman www.hotcourses.co.id, berikut ini daftar universitas terbaik di Jepang, yaitu sebagai berikut : 

1. University Of Tokyo

Univertias terbaik di Jepang yang pertama yaitu University Of Tokyo yang telah berumur 117 tahun ini. Sebagai universitas penelitian negeri ternama, terbaik di Jepang.

Juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional Fakultas Seni Liberal dan Sains Univeritas, dengan menawarkan program S1 dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, beberapa ada program S2 bidang Ekonomi, Ilmu Lingkungan, Teknik yang juga disampaikan dalam bahasa Inggris. 

Univertias ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Ada juga memberikan atau menawarkan bantuan dana kuliah, berbagai program beasiswa dan dukungan karir bagi mahasiswa internasional.

2. Kyoto University

Univertias ini juga merupakan anggota tujuh universitas nasional di Jepang. Kampus ini menawarkan program S1 dalam bahasa inggris untuk jurusan Teknik Sipil. 

Kemudian, untuk program S2 jurusan Manajemen Lingkungan dan Informatika Sosial yang juga dalam bahasa inggris. 

Kyoto University juga menyediakan beasiswa, dukungan karir dan akomodasi bagi mahasiswa internasional.

3. Tokyo Institute Of Technology

Kampus ketiga sebagai universitas terbaik di jepang yaitu Tokyo Institute Of Technology (Tokyo Tech). Univeritas negeri yang telah berusia lebih dari 130 tahun. 

Memiliki sekitar 1.200 mahasiswa international. Ada beberapa kampus yang dimiliki oleh Tokyo Tech yaitu tiga kampus yang menawarkan satu program S1.

Dan beberapa program S2, dan S3 dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, kampus ini juga menyediakan beasiswa, layanan pendukung yang lengkap untuk mahasiswa.

4. Osaka University 

Osaka University adalah salah satu anggota dari Tujuh Universitas Nasional di Jepang yang berhasil masuk daftar ini. 

Universitas ini memiliki lima institut penelitian dan dosen-dosen ternama. Dua program S1 disampaikan dalam bahasa Inggris, dan untuk jenjang S2 tersedia lima program kuliah dalam bahasa Inggris. 

Kampus-kampusnya terletak di Suita, Toyonaka, dan Mino. Universitas ini juga menawarkan beasiswa dan pembebasan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional yang memenuhi syarat.

5. Tohoku University

Tohoku University juga merupakan salah satu universitas negeri yang menjadi bagian dari Tujuh Universitas Nasional. Universitas ini menawarkan tiga program S1 dan beberapa program S2 dalam bahasa Inggris.

Tohoku University memiliki lima kampus di mana kamu bisa menemukan museum, perpustakaan, tempat konferensi, panggung pertunjukan, taman-taman dan sebuah rumah sakit.

6. Nagoya University 

Nagoya University adalah universitas yang berfokus pada penelitian. Universitas ini menawarkan program-program S1 dalam bahasa Inggris untuk jurusan: Teknik Otomotif, Kimia, dan Ilmu Sosial. 

Program S2 yang ditawarkan dalam bahasa Inggris termasuk Kedokteran, Fisika, Matematika dan Studi Budaya Jepang di Asia. 

Selain fasilitas dan layanan dukungan mahasiswa yang lengkap, Nagoya University juga menawarkan hibah penelitian dan beasiswa.

7. Kyushu University 

Kyushu University adalah anggota Tujuh Universitas Nasional di Jepang. Universitas ini terletak di Fukuoka.

Kampus ini juga menawarkan program-program jenjang S1 dalam bahasa Inggris untuk jurusan Teknik, Biomateri dan Biolingkungan. 

Universitas ini juga menyediakan beasiswa dan serangkaian layanan dukungan yang lengkap bagi mahasiswa internasional.

8. Hokkaido University

Hokkaido University menawarkan program S1 Modern Japanese Studies dan beberapa program S2 dan S3 dalam bahasa Inggris, terutama untuk jurusan Teknik, Ilmu Hayati dan Pertanian. 

Universitas ini memiliki kampus yang indah di Sapporo, dan satu kampus di dekat laut di Hakodate. 

Mahasiswa internasional dapat mendaftar untuk beberapa beasiswa yang disediakan oleh universitas. Hokkaido University juga memiliki hutan, sawah, dan tempat penelitian sendiri.  

9. Keio University  

Keio University adalah universitas tertua di Jepang yang menganut sistem pendidikan barat. Beberapa fakultas di universitas ini menawarkan program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris.

Selain itu, universitas ini menawarkan 995 mata kuliah yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Beasiswa dan layanan dukungan yang lengkap juga tersedia bagi mahasiswa internasional.

10. Waseda University 

Waseda University adalah satu-satunya universitas swasta yang masuk dalam 10 besar terbaik di Jepang. 

Enam fakultasnya menawarkan program-program S1 dan S2 dalam bahasa Inggris. Uiversitas ini menawarkan beasiswa dan layanan dukungan yang lengkap bagi mahasiswa internasional.

Nah itulah beberapa daftar universitas terbaik di Jepang yang dikutip dari laman QS World University Rankings 2022 dan laman www.hotcourses.co.id. 

Sumber Referensi : 

https://www.gramedia.com/literasi/budaya-jepang-yang-terkenal/

https://www.hotcourses.co.id/study-in-japan/university-applications/10-universitas-terbaik-di-jepang/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !