Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat

Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat.

Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja contoh tindakan rasional yang ada di kehidupan masyarakat sehari-hari. Apa saja tindakan rasional ini meliputi instrumental, nilai, afektif, dan tradisional.

Mau tahu ulasannya, yuk baca !

Mengenal Landasan Tindakan Sosial Max Weber

Manusia akan selalu melakukan tindakan sosialnya di lingkungan kehidupan bermasyarakat. Tindakan individu inilah yang menjadi landasan.

Max Weber membangun teori sosiologi, menjadikan tindakan individu sebagai pusat kajiannya. Menurut Weber, ia melihat bagaimana individu menjalin dan memberi makna terhadap hubungan sosial.

Dimana individu menjadi bagian didalamnya. Weber mengatakan, ia mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu yang mengusahakan pemahaman interpretatif mengenai tindakan sosial.

Atau dikenal dengan pendekatan verstehen (understanding). Istilah lain, verstehen diartikan sebagai pemahaman subyektif.

Pemaknaan dalam perspektif subyektif, atau pemahaman. Dengan pendekatan ini, dimaksudkan untuk dapat menghasilkan sebuah penjelasan kausal mengenai tindakan sosial dan akibat-akibatnya tersebut.

Tindakan individual menjadi fokus kajian sosiologi verstehennya Max Weber. Tindakan yang dimaksud mencakup seluruh perilaku manusia, sejauh, dan pada saat tindakan individual terkait dengan pemaknaan subyektif.

Selanjutnya, menurut Weber sosiologi sebagai sebuah studi tentang tindakan sosial antar hubungan sosial dan itulah yang dimaksudkan dengan pengertian paradigma definisi sosial. 

Tindakan manusia dianggap sebagai sebuah untuk tindakan sosial manakala tindakan itu ditunjukkan kepada orang lain.

Tindakan sosial yang memiliki hubungan sosial itulah yang menjadi inti dari tindakah sosial yang penuh dengan arti dari individu tersebut. 

Dimana tindakan sosial adalah tindakan individu sepanjang tindakannya itu mempunyai makna atau arti subyektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain.

Begitu, jika tindakan individu diarahkan kepada benta mati atau objek fisik tanpa adanya hubungan dengan tindakan orang lain itu bukan bagian tindakan sosial.

Weber menyampaikan bahwa individu (manusia) dalam masyarakat merupakan aktor yang kreatif dan realitas sosial bukan merupakan alat yang statis dari pada paksaan fakta sosial. 

Itu artinya tindakan manusia tidak sepenuhnya ditentukan oleh norma, kebiasaan, nilai, yang tercantum dalam konsep fakta sosial. 

Ia mengakui memang dalam masyarakat terdapat struktur sosial dan pranata. Menurutnya kedua itu merupakan konsep yang saling berkaitan membentuk tindakan sosial.

Dengan demikian, tindakan individu bisa diarahkan ke dalam berbagai kemungkinan tindakan sosial. Itulah yang membuat Weber memberikan pembagian tipe tindakan rasionalitas. 

Empat Tipe Tindakan Rasionalitas Max Weber Beserta Contohnya

Apa saja tindakan rasional yang kemungkinan dilakukan oleh seseorang di kehidupan sehari-harinya di masyarakat ? Berikut penjelasannya.

1. Tindakan Rasionalitas Instrumental

Orientasi pada tindakan sosial ini dilakukan oleh individu dengan memiliki tujuan terhadap apa yang dilakukan. Tindakannya juga berbeda dengan orang lain.

Seseorang akan melakukan tindakan dengan tujuan, harapan terhadap apa yang diinginkan, atau objek diluar atau orang lain.

Sebagai kondisi/alat meraih keberhasilan dalam mencapai tujuan rasional yang telah ditetapkan tersebut. 

Tidak hanya itu, tindakan sosial instrumental juga didasarkan atas berbagai pertimbangan dan pilihan yang sadar memiliki hubungan dengan tujuannya.

Contohnya : Ketika pelajar ingin meraih juara kelas maupun meraih juara lomba yang diikuti. Tindakan atau tujuannya yaitu ingin meriah juara.

Maka pelajar tersebut akan melakukan tindakan mendukung dan mempersiapkan tujuannya. Ia juga pasti telah berpikir untuk mencapai tujuannya. 

Dengan demikian, ia harus giat belajar, menambah berbagai referensi atau buku, serta sering melakukan diskusi untuk mempersiapkan tujuannya untuk juara.

Masih banyak contoh tindakan instrumental ini teman teman bisa perhatikan, atau bahkan kita pernah melakukannya.

2. Tindakan Rasionalitas Nilai

Tindakan rasional nilai dimana melibatkan kesadaran akan keyakinan nilai dari suatu etika, estetika, agama atau bentuk bentuk lain dari perilaku yang kesemua itu terlepas dari keberhasilan eksternal.

Selanjutnya, tindakan rasional nilai memiliki sifat bahwa alat alat yang ada hanya merupakan pertimbangan dan perhitungan sadar. Sementara tujuannya sudah ada di dalam hubungan dengan nilai nilai individu yang bersifat absolut. 

Contohnya : Misalnya perilaku beribadah atau seseorang mendahulukan orang yang lebih tua saat mengantri, tidak sembarangan dalam meludah, dan sejenisnya.

Artinya tindakan sosial telah dipertimbangan terlebih karena mendahulukan nilai sosial, nilai agama yang sudah menjadi kesepakatan bersama.

3. Tindakan Rasionalitas Afektif

Tindakan sosial tipe ini didominasi perasaan atau emosi tanpa refleksi intelektual dan perencanaan sadar. 

Tindakan seseorang diarahkan kepada sesuatu yang berpengaruh, khususnya terhadap emosi yang ditentukan oleh faktor tertentu serta kondisi perasaan aktor itu sendiri. 

Dimana tindakan afektif sifatnya spontan, tidak rasional, dan merupakan ekspresi emosional dari individu. 

Contohnya : Hubungan percintaan antara dua remaja yang sedang menjalin asmara atau kasih sayang. Tindakan ini terjadi atas rangsangan dari luar yang bersifat otomatis.

4. Tindakan Rasionalitas Tradisional

Tindakan tipe ini diarahkan melalui kebiasaan yang sudah berjalan dalam jangka waktu yang sudah lama. 

Dimana seseorang memperlihatkan perilaku tertentu karena kebiasaan yang diperoleh dari nenek moyang, tanpa refleksi yang sadar atau perencanaan. 

Tindakan seseorang yang dilakukan ini ditentukan oleh kebiasaan yang sudah mengakar secara turun temurun. 

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai empat pembagian tipe tindakan rasionalitas yang dilakukan oleh masyarakat di kehidupan sehari harinya.

Contohnya : Tindakan masyarakat yang hingga saat ini masih melakukan berbagai kegiatan budaya/adat, yang dilakukan secara turun temurun.

Misalnya acara syukuran/doa atau tahlilan yang dilakukan oleh masyarakat secara turun temurun. 

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai tipe tindakan sosial rasionalitas Max Weber beserta contohnya yang ada di kehidupan masyarakat sehari hari.

Sumber Referensi :

Buku Rekontruksi Teori Sosial Modern | Penulis Zainuddin Maliki

http://digilib.uinsby.ac.id

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat
Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat
Contoh Tindakan Rasional Instrumental, Nilai, Afektif, Tradisional di Masyarakat.
https://1.bp.blogspot.com/-O5LB2mPeQ2k/YWLYGTUa-PI/AAAAAAAAFrc/OloGk_qMzB0GNmllMgeOSLjB26VPvkp2QCLcBGAsYHQ/s16000/Contoh%2BTindakan%2BRasional%2BInstrumental%252C%2BNilai%252C%2BAfektif%252C%2BTradisional%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-O5LB2mPeQ2k/YWLYGTUa-PI/AAAAAAAAFrc/OloGk_qMzB0GNmllMgeOSLjB26VPvkp2QCLcBGAsYHQ/s72-c/Contoh%2BTindakan%2BRasional%2BInstrumental%252C%2BNilai%252C%2BAfektif%252C%2BTradisional%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/contoh-tindakan-rasional-instrumental-nilai-afektif-tradisional.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/contoh-tindakan-rasional-instrumental-nilai-afektif-tradisional.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy