-->

Gerakan Sosial Perkotaan : Ini Penjelasan dan Contohnya

Gerakan Sosial Perkotaan : Ini Penjelasan dan Contohnya.

Gerakan Sosial Perkotaan : Ini Penjelasan dan Contohnya

Sosiologi Info - Gerakan sosial perkotaan juga bagian dari kesadaran kolektif atas berbagai masalah yang tidak kunjung terselesaikan. 

Maupun berbagai ketidakadilan yang membuat individu, warga, kelompok, komunitas, dan masyarakat luas mendapatkan imbasnya. 

Apa Itu Gerakan Sosial 

Kenapa gerakan sosial itu muncul tidak setiap hari ? Ya karena isu yang akan dibawa melalui gerakan bersama masyarakat ini juga dilihat prioritas dan pengaruhnya. 

Dimana gerakan sosial ini dilakukan oleh masyarakat secara kolektif atau secara bersama sama, karena adanya ketidakadilan, dan merugikan banyak pihak.

Gerakan sosial juga muncul secara kontinyu dan berkala sesuai dengan tujuan dari pada gerakan tersebut. Dalam menuntut berbagai perubahan kearah yang lebih baik.

Misalnya seperti dalam hal menentukan, mengambil kebijakan oleh negara, lembaga pemerintah, maupun instansi terkait lainnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gerakan sosial diartikan sebagai tindakan atau agitasi terencana yang dilakukan sekelompok masyarakat.

Yang disertai program terencana dan ditujukan pada suatu perubahan. Atau sebagai gerakan perlawanan untuk melestarikan pola pola dan lembaga masyarakat yang ada.

Nah, seperti dijelaskan diawal, bahwa gerakan sosial itu karena ada ketidakadilan, maupun adanya sikap yang seenaknya (sewenang wenang) kepada masyarakat. 

Reaksi atas hal tersebut lah yang membuat masyarakat tidak ingin, misalnya aturan, kebijakan, yang diambil hanya menguntungkan oknum tertentu. 

Tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat luas. Oleh karena itulah, masyarakat melakukan perlawanan terhadap perubahan kebijakan atau aturan yang dinilai tidak sesuai dan tidak adil.

Menurut Nelson A Pichardo dalam Wahyudi menjelaskan dimana paradigma gerakan sosial ialah cerminan dari karakter kelas, karena ia dapat menunjukkan segala apa yang diinginkan kelas tersebut.

Begitu juga dalam kehidupan masyarakat kota yang dekat dengan aturan dan kebijakan yang diambil, sehingga lebih peka terhadap berbagai ketidakadilan dalam segi kebijakan atau aturan.

Dengan demikian, gerakan sosial masyarakat perkotaan juga menjadi corong bagaimana masyarakat lain melihat gejala tersebut. 

Memang, gerakan sosial tidak hanya lahir di perkotaan, tapi kalau kita melihat lebih kurang gerakan sosial perkotaan lah yang memulai atau memprakarsai suatu gerakan sosial tersebut.

Kamu bisa membaca penjelasan berbagai tipologi gerakan sosiol dalam pandangan Sosiologi : Tipologi Gerakan Sosial Menurut Sosiolog

Contoh Gerakan Sosial Perkotaan

Ada beberapa contoh berbagai gerakan sosial di perkotaan yang dilakukan oleh masyarakat, kelompok sosial, komunitas, mahasiswa, dan berbagai organisasi lainnya. 

Berikut ini daftarnya :

1. Gerakan sosial perkotaan pada saat masyarakat menolak disahkannya Undang Undang Cipta Kerja Omnibus Law.

(Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-54410069)

(Sumber : https://nasional.tempo.co/read/1398307/hari-ini-gerakan-buruh-lanjutkan-aksi-pembangkangan-sipil-tolak-omnibus-law)

2. Gerakan sosial perkotaan saat berbagai aliansi menentang atau menolak pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

(Sumber : https://www.republika.co.id/berita/qv7nzo283/aksi-tolak-pelemahan-kpk-berakhir-ricuh)

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/2191390/gerakan-rakyat-antikorupsi-kalbar-tolak-upaya-pelemahan-kpk)

3. Gerakan sosial perkotaan yang dilakukan oleh GejayanMemanggil di Yogyakarta. 

(Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4717325/gejayan-memanggil-dan-aksi-pergerakan-mahasiswa-di-yogyakarta)

4. Gerakan sosial perkotaan dilakukan masyarakat di media sosial seperti twitter, seperti viralnya Tagar #PercumaLaporPolisi beberapa waktu lalu.

Serta berbagai gerakan sosial lainnya yang dilakukan masyarakat era digital sebagai penyampaian masukan, saran, maupun kritik yang membangun.

(Sumber : https://www.tvonenews.com/berita/nasional/9624-tagar-percumalaporpolisi-trending-polri-setiap-laporan-pasti-ditindaklanjuti)

5. Gerakan sosial perkotaan dengan membuat mural atau karya seni yang ditunjukan sebagai simbol perjuangan, menyampaikan kritik, saran dan memberikan masukan. 

Kepada pihak pemerintah yang dinilai masyarakat tebang pilih dalam melindungi kepentingan warga maupun masyarakat.

(Sumber : https://yoursay.suara.com/kolom/2021/08/20/180110/aksi-seni-mural-harus-dinilai-sebagai-kritik-sosial)

Begitu juga bisa gerakan sosial perkotaan yang dilakukan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan, pengangguran, lingkungan, ekonomi, politik, serta berbagai gerakan sosial perkotaan yang ada. 

Nah itulah beberapa penjelasan gerakan sosial perkotaan yang dapat kamu pahami dengan baik, beserta contoh gerakan sosial perkotaan yang pernah ada di Indonesia. 

Sumber Referensi : 1

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !