-->

Gerakan Sosial yang Pernah Terjadi di Indonesia

Gerakan Sosial yang Pernah Terjadi di Indonesia.
Gerakan Sosial yang Pernah Terjadi di Indonesia

Sosiologi Info - Apa saja gerakan sosial yang pernah terjadi di Indonesia dilakukan oleh masyarakat dalam mempertahankan daerahnya dari ancaman pembangunan industri ?

Berikut ini penjelasan sekilas mengenai pengertian, dan gerakan sosial yang pernah dilakukan warga setempat. 

Sekilas Memahami Gerakan Sosial

Apa sih arti dari gerakan sosial ? Nah dikutip dari Wahib dalam Maciony mengatakan gerakan sosial merupakan tipe yang paling penting dari perilaku kolektif. 

Selanjutnya, beberapa sosiolog menyebutkan bahwa gerakan sosial lebih sebagai suatu bentuk dari tindakan kolektif dari pada sebagai bentuk perilaku kolektif. 

Ada juga sosiolog yang mengelompokkan gerakan sosial sebagai bentuk dari collective behavior atau perilaku kolektif.

Kemudian, ada Jurgen Habermas menjelaskan gerakan sosial yaitu hubungan defensif individu untuk melindungi ruang publik dan private mereka, dengan cara melakukan perlawanan, serbuan dari sistem negara dan pasar. 

Sementara, menurut Anthony Giddens mendefinisikan gerakan sosial sebagai upaya kolektif untuk mencapai kepentingan, ataupun tujuan bersama. 

Melalui berbagai tindakan kolektif, terlepas dari intervensi lembaga yang telah ada/mapan. Dengan demikian, gerakan sosial yang terjadi dan dilakukan oleh atas kesadaran masyarakat bersama.

Kesadaran itu merupakan sebuah gerakan untuk bertujuan menyampaikan tuntutan, baik berupa perubahan kebijakan kepada pemerintah maupu  instansi terkait.

Dimana dalam prosesnya sudah tidak lagi terjadi kesepakatan antara masyarakat, sehingga membuat masyarakat melakukan perlawanan terhadap putusan tersebut. 

Gerakan Sosial yang Pernah Terjadi di Indonesia 

Ada beberapa gerakan sosial masyarakat yang dilakukan untuk mempertahankan lokasi lahan warga dari pembangunan industri. 

Berikut beberapa contoh gerakan sosial di Indonesia, yaitu :

1. Gerakan sosial warga melawan pembangunan pubrik semen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dan warga Samin di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20161011112747-20-164641/kisah-semen-indonesia-dua-kali-kalah-melawan-petani)

2. Gerakan sosial masyarakat adat Suku Dayak di Kalimantan yang berjuang mempertahankan hutan adat mereka dari perusahaan perkebunan sawit. 

(Sumber : https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/085800978/13-tahun-perjuangan-warga-dayak-modang-lai-kalimantan-cari-keadilan-tanah?page=all)

(Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56293417)

(Sumber : https://tirto.id/hutan-masyarakat-adat-makin-terimpit-lahan-sawit-clk2)

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200827015212-12-539719/kronologi-ketua-adat-kinipan-diseret-dan-ditangkap-polisi)

3. Gerakan sosial perlawanan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang menolak daerah mereka ditambang dalam upaya mendukung pembangunan Bendungan Bener.

(Sumber : https://tirto.id/perlawanan-tolak-tambang-lanjut-warga-wadas-ajukan-kasasi-di-ptun-gjw4)

(Sumber : https://www.mongabay.co.id/2021/04/26/warga-wadas-bertahan-tolak-penambangan-buat-proyek-bendungan-bener/)

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210809155218-20-678317/warga-desa-wadas-ganjar-tak-gubris-penolakan-tambang-kuari)

4. Gerakan sosial masyarakat 'Gejayan Memanggil'

(Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4717325/gejayan-memanggil-dan-aksi-pergerakan-mahasiswa-di-yogyakarta)

(Sumber : https://tirto.id/aksi-gejayan-memanggil-di-jogja-serukan-mosi-tidak-percaya-ke-dpr-eiyG)

5. Gerakan sosial pembuatan mural kritikan oleh para seniman dan masyarakat yang terlibat menyampaikan aspiranya kepada pemerintah

(Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210824130057-20-684577/sindir-aparat-gejayan-memanggil-gelar-lomba-mural-dibungkam/2)

Nah itulah daftar gerakan sosial masyarakat yang pernah terjadi di Indonesia dalam kurun beberapa tahun belakangan ini. 

Sumber Referensi : 

https://repository.uksw.edu/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !