-->

Mengenal 8 Metode Ilmiah dalam Sosiologi dan Contohnya

Mengenal 8 Metode Ilmiah dalam Sosiologi dan Contoh. Berikut penjelasannya.
Mengenal 8 Metode Ilmiah dalam Sosiologi dan Contohnya

Sosiologi Info - Ada berapa sih metode ilmiah dalam sosiologi ? Berikut ini penjelasan dan ulasan metode ilmiah yang bisa digunakan dalam Sosiologi dan contohnya. Yuk simak guys !

Memahami Metode Ilmiah Sosiologi

Siapa sih yang tidak mengenal Sosiologi. Bahkan dibangku sekolah (SMA) kita sudah sama-sama mempelajari mengenai berbagai hal tentang Sosiologi. 

Pengertian sosiologi sendiri adalah ilmu sosial atau disiplin ilmu yang berdiri sendiri, guna untuk mempelajari berbagai perilaku, tindakan, struktur, hubungan sosial, serta berbagai objek gejala sosial di masyarakat. 

Nah dalam kepentingan untuk mempelajari berbagai objek kajian sosiologi, maka perlu untuk menggunakan metode ilmiah dalam penelitian tersebut. 

Metode ilmiah merupakan cara kerja yang bisa digunakan dalam Sosiologi untuk lebih komprehensif lagi dalam meneliti fenomena sosial di masyarakat. 

Lalu pengertian metode ilmiah dalam sosiologi itu apa sih ? Nah, metode ilmiah dalam sosiologi merupakan suatu cara atau langkah ilmiah yang digunakan oleh para peneliti.

Atau seseorang peneliti dalam melaksanakan penelitian di kehidupan sosial masyarakat, serta sebagai pedoman dalam menganalisis hasil temuan. 

Dengan demikian, menjadi penting bahwa metode ilmiah dalam sosiologi digunakan oleh peneliti, sehingga mendapatkan hasil penelitian yang maksimal dan relevan. 

Metode Metode Ilmiah Sosiologi

Dalam setiap ilmu pengetahuan yang berkembang di masyarakat, sudah pasti mempunya metode ilmiah sendiri dalam mengkaji penelitiannya. 

Begitu juga dalam Sosiologi setidaknya ada dua metode yang sering digunakan oleh peneliti untuk melakukan penelitian sosialnya, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. 

Pada metode kuantitatif terdapat setidaknya ada lima jenis metode ilmiahnya. Kemudian, metode kualitatif ada tiga metode yang bisa digunakan. 

Metode Kuantitatif 

Kamu ingin dan berencana untuk menggunakan metode ini, ada beberapa hal utama yang mesti kamu perhatikan. 

Dimana metode ini mengutamakan keterangan yang data/bahannya berupa/berdasarkan angka, sehingga gejala sosial yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan. 

Skala, indeks, tabel, rumus-rumus yang itu mengarahkan kepada statistik (diuji dengan cara statisitik, biasanya ada aplikasi yang digunakan). 

Setidaknya ada lima jenis metode dalam kuantitatif yang bisa kamu pilih yaitu :

Pertama, ada metode statistik
Kedua, ada metode emperis
Ketiga, ada metode induktif
Keempat, ada metode deduktif
Kelima, ada metode fungtionalism

Metode Kualitatif

Justru pada metode ini kebalikan dari metode kuantitatif, dimana metode ini lebih pada menguatamakan cara kerja dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Berdasarkan penilaian terhadap data/bahan hasil peneliti yang diperoleh di lapangan. 

Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sukar diukur dengan angka atau dengan ukuran lainnya yang bersifat eksak. 

Dalam metode kualitatif, ada beberapa macam metode ilmiah yang bisa kamu pilih untuk melakukan penelitian, yaitu :

Pertama, ada metode historis
Kedua, ada metode komparatif
Ketiga, ada metode studi kasus

Contoh Gejala Sosial

Berbagai gejala sosial dan fenomena di kehidupan masyarakat begitu banyak. Seperti  kamu ingin melakukan penelitian dengan mengkaji Masyarakat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.

Nah itu salah satu contoh yang bisa kamu kaji dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Tentunya kamu akan menentukan metode ilmiah apa yang sesuai dan itu sudah ada niat serta minat kamu menggunakan metode itu.

Kemudian, kamu memutuskan untuk menggunakan metode kualitatif dalam mengkaji fenomena tersebut. 

Terus kamu juga memilih metode ilmiah yang bisa kamu gunakan, misalnya kamu hanya ingin fokus di satu tempat atau lokasi.

Nah bisa kamu memilih dengan menggunakan metode studi kasus saja. Atau pun metode pilihan yang sesuai dan kamu suka mengerjakannya. 
 
Nah itulah sekilas mengenal penjelasan metode metode ilmiah dalam sosiologi yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk mengkaji berbagai gejala sosial di kehidupan masyarakat sehari harinya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi SMA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial | Penulis Dwi Mulyono
https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !