Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya - Referensi Artikel Sosiologi Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya

Ada berapa aja tipe atau jenis jenis kemiskinan yang ada di kehidupan masyarakat. Lalu bagaimana dampak kemiskinan di kehidupan sehari-hari.

Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya

Sosiologi Info - Ada berapa aja tipe atau jenis jenis kemiskinan yang ada di kehidupan masyarakat. Lalu bagaimana dampak kemiskinan di kehidupan sehari-hari. 

Yuk simak ulasan dibawah ini. Agar mendapatkan pemahaman yang komprehensif mengenai kemiskinan.

Sekilas Penjelasan Pengertian Kemiskinan

Apa dan bagaimana indikator yang sebenarnya untuk menjelaskan masyarakat atau warga dikatakan miskin ? 

Nah kemiskinan adalah suatu kondisi ketidakmampuan secara ekonomi untuk memenuhi standar hidup rata-rata masyarakat di suatu daerah. 

Kondisi masyarakat yang disebut miskin dapat diketahui berdasarkan kemampuan pendapatan dalam memenuhi standar hidup (Nugroho, 1995). 

Standar hidup masyarakat tidak hanya sekadar pemenuhan mencukupi sandang dan pangan. Melainkan juga tercukupi kebutuhan akan kesehatan, pendidikan, tempat tinggal/pemukiman yang layak. 

Dengan demikian, berdasarkan kondisi suatu masyarakat dikatakan miskin apabila memiliki pendapatan jauh lebih rendah.

Dari rata-rata pendapatan sehingga tidak banyak memiliki kesempatan untuk mensejahterakan dirinya (Suryawati, 2004).


Secara umum, pengertian kemiskinan adalah sebagai suatu kondisi ketidakmampuan pendapatan. Dalam memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya yang dapat menjamin terpenuhinya standar kualitas hidup. 

Berdasarkan Undang Undang No 24 Tahun 2004, mejelaskan kemiskinan adalah kondisi sosial ekonomi seseorang.

Atau sekelompok orang yang tidak terpenuhinya hak hak dasarnya. Untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat.

Kebutuhan dasar ini meliputi pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumber daya alam, lingkungan hidup, rasa aman.

Dan perlakuan atau ancaman tindak kekerasan, dan hak untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan kehidupan sosial dan politik.

Nah itulah sekilas penjelasan tentang pengertian dari kemiskinan. Selanjutnya mari kita memahami berbagai tipe/jenis jenis kemiskinan. 

Tipe/Jenis Jenis Kemiskinan

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai pemahaman tentang kemiskinan. Ada baiknya kamu juga harus mengetahui, tipe kemiskinan.  Berikut ini beberapa jenis kemiskinan, yaitu : 

1. Kemiskinan Relatif

Masyarakat dapat dikatakan masuk dalam jenis kemiskinan ini adalah seseorang yang tergolong miskin relatif sebenarnya telah hidup diatas garis kemiskinan. Namun, masih berada dibawah kemampuan masyarakat sekitarnya.

Nah, kemiskinan ini juga disebabkan oleh kebijakan pembangunan belum menyentuh semua lapisan masyarakat sehingga antara pengangguran dan lapangan pekerjaan tidak seimbang.

2. Kemiskinan Absolut

Masyarakat yang berada digaris kemiskinan absolut adalah sejumlah penduduk yang tidak mampu mendapatkan sumber daya yang cukup untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

Menurut Ginanjar, jenis kemiskinan ini adalah kondisi kemiskinan yang terburuk, dimana diukur dari tingkat kemampuan keluarga. 

Untuk membiayai kebutuhan yang paling minimal untuk dapat hidup sesuai dengan martabat manusia/kemampuannya. 

Masyarakatnya hidup dibawah tingkat pendapatan minimum atau dibawah garis kemiskinan internasional.

Terakhir, kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang disebabkan oleh penghasilan seseorang atau keluarga dibawah standar kelayakan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup.

3. Kemiskinan Kultural

Masyarakat yang berada pada kemiskinan kultural adalah berkaitan erat dengan sikap seseorang atau sekelompok masyarakat yang tidak mau berusaha.

Memperbaiki tingkat kehidupannya, sekalipun ada usaha dari pihak lain yang ikut memberikan bantuan. 

4. Kemiskinan Subjektif

Masyarakat yang masuk dalam kategori atau jenis tipe kemiskinan ini adalah dimana yang disebabkan oleh seseorang memiliki dasar pemikiran bahwa kebutuhannya belum tercukupi.

5. Kemiskinan Alamiah

Tipe atau jenis kemiskinan ini dimana masyarakatnya berada dalam kemiskinan yang disebabkan oleh sumber daya alam disekitar tempat tinggalnya belum mencukupi.

6. Kemiskinan Struktural

Pada tipe jenis kemiskinan ini dimana warganya yang tergolong miskin yang disebabkan oleh suatu golongan masyarakat tidak mampu memanfaatkan sumber pendapatan yang tersedia.

Dampak Akibat dari Kemiskinan 

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari adanya fenomena kemiskinan yang terjadi pada masyarakat. Dampaknya bahkan menjadi sangat kompleks.

Berikut ini beberapa dampak kemiskinan terhadap kehidupan masyarakat sehari-harinya, yaitu : 

1. Adanya pengangguran
2. Meningkatnya Kekerasan
3. Maraknya Kejahatan/Tindak Kriminal
4. Tingkat Putus Sekolah/Pendidikan
5. Timbulnya Dampak Kesehatan karena mahalnya biaya berobat di rumah sakit
6. Adanya konflik sosial yang penuh dengan kepentingan, bahkan sampai pada unsur SARA

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kemiskinan, tipe atau jenis-jenis kemiskinan, beserta dampaknya di kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi Kelas XI SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial | Penulis Dwi Mulyono

http://e-journal.uajy.ac.id/

https://brainly.co.id/

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya
Penjelasan 6 Tipe (Jenis) Kemiskinan dan 6 Dampaknya
Ada berapa aja tipe atau jenis jenis kemiskinan yang ada di kehidupan masyarakat. Lalu bagaimana dampak kemiskinan di kehidupan sehari-hari.
https://1.bp.blogspot.com/-TocNtjbWhhY/YVlcnGBymkI/AAAAAAAAFlI/xbiBQjlBxXI1py_o_9VTTt_eV__Y_kJlgCLcBGAsYHQ/s16000/Penjelasan%2B6%2BTipe%2BJenis%2BKemiskinan%2Bdan%2B6%2BDampaknya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TocNtjbWhhY/YVlcnGBymkI/AAAAAAAAFlI/xbiBQjlBxXI1py_o_9VTTt_eV__Y_kJlgCLcBGAsYHQ/s72-c/Penjelasan%2B6%2BTipe%2BJenis%2BKemiskinan%2Bdan%2B6%2BDampaknya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-6-tipe-jenis-kemiskinan-dan-dampaknya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-6-tipe-jenis-kemiskinan-dan-dampaknya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy