Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi - Referensi Artikel Sosiologi Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi

Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi.

Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi

Sosiologi Info - Apa saja ya fungsi fungsi keluarga dalam kehidupan sehari hari masyarakat. Lalu bagaimana cara mengoptimalisasikan fungsi keluarga di masa pandemi Covid-19 ?

Berikut penjelasan, dan ulasannya mengenai 7 fungsi keluarga dan optimalisasi peran dari fungsinya, yuk baca.

Penulis : Mahasiswa Prodi Sosiologi Universitas Riau | Oni Andriani Putri

Memahami Keluarga Beserta Fungsinya

Keluarga merupakan satuan lembaga terkecil dalam sebuah negara. Ciri-ciri keluarga secara umum menurut Mac Iver and Page yaitu merupakan hubungan hasil perkawinan.

Kemudian juga merupakan suatu sistem tata nama, termasuk perhitungan garis keturunan, dan merupakan tempat tinggal bersama. 

Meski sebagai satuan terkecil, keluarga memiliki peran yang kompleks dalam menjalankan fungsinya. Berikut fungsi-fungsi pokok lembaga keluarga menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt:

Pertama, Fungsi Pengaturan Seksual

Keluarga sebagai sarana pengaturan seksual artinya keluarga mengatur dan mengorganisasikan kepuasan keinginan seksual. Tujuannya agar terhindar dari kegiatan seks yang tidak disetujui. 

Kedua, Fungsi Reproduksi

Sebagian besar masyarakat menikah untuk mendapatkan keturunan. Oleh karena itu keluarga disebut sebagai media untuk mendapatkan atau melanjutkan keturunan. 

Secara teoritis ada kemungkinan lain melakukan produksi anak melalui cara tertentu seperti inseminasi, bank  sperma, dan lain-lain.

Ketiga, Fungsi Sosialisasi

Telah diketahui bersama bahwa keluarga merupakan primary group dimana seseorang mendapatkan dan merasakan segala hal bermula dari sana.

Termasuk pembentukan karakter. Pembentukan karakter dan kepribadian anak akan dibentuk oleh keluarga itu sendiri melalui bimbingan orang tua, baik dengan tipe otoriter, demokrasi maupun liberal.

Keempat, Fungsi Afeksi

Fungsi afeksi atau kerap disebut fungsi kasih sayang, merupakan termasuk sangat penting terlebih bagi anak-anak dan di masa pertumbuhannya. 

Anak dengan kasih sayang yang cukup akan tumbuh menjadi ceria dan lebih semangat. Sedangkan anak yang hidup dengan tiada kasih sayang akan cenderung emosional.

Kelima, Fungsi Penentuan Status

Bagi masyarakat yang masih menerapkan sistem kelas, maka seseorang akan mewarisi serangkaian status dalam keluarganya. 

Dimana status keluarga itulah yang nantinya akan menentukan peluang dan harapan tertentu.

Keenam, Fungsi Perlindungan (Proteksi)

Fungsi lembaga selanjutnya yang tak kalah penting dengan fungsi lainnya yaitu fungsi proteksi atau perlindungan. 

Salah satu alasan untuk membentuk sebuah keluarga adalah untuk mendapatkan jaminan perlindungan baik secara fisik ataupun psikologis. Untuk itu, fungsi ini penting adanya dan wajib disadari.

Ketujuh, Fungsi Ekonomi

Ekonomi berfungsi penting dalam keluarga karena dari tingkat ekonomi akan menentukan sebuah keluarga sejahtera atau tidak. 

Keluarga dengan kondisi ekonomi baik dalam artian telah mampu mencukp kebutuhan keluarganya cenderung lebih sejahtera dibanding dengan keluarga yang kondisi ekonominya masih buruk.

Contoh Optimalisasi Peran Keluarga di Masa Pandemi

Setelah memahami fungsi keluarga, lalu bagaimana keluarga mengoptimalisasikan perannya sesuai dengan fungsinya dimasa pandemi untuk mencegah Covid-19. Simak ulasan berikut.

Sosialisasi dan Proteksi

Sesuai dengan fungsinya, keluarga merupakan media sosialisasi pertama. Di masa pandemi seperti sekarang, keluarga memiliki peran yang sangat kompleks. 

Orang tua sebagai pemimpin keluarga di harapkan dapat memberi edukasi kepada anak-anak agar selalu berperilaku sesuai dengan protokol kesehatan 5M.

(Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, dan Menjaga mobilisasi interaksi) yang ditetapkan pemerintah. 

Orang tua juga harus memberikan pengetahuan kepada anak bahwa penerapan 5M harus menjadi bagian dari budaya hidup bersih, dan sehat agar seluruh anggota keluarga terhindar dan terlindungi dari Covid-19.

Peran Ekonomi

Di situasi seperti saat ini orang tua harus menerapkan perilaku hemat, mengapa? Karena tak dapat dipungkiri lagi akibat pandemi.

Banyak para pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), yang kemudian membuat para kepala keluarga menjadi pengangguran dan sulit untuk menghidupi anak serta istrinya.

Akhirnya kerja serabutan menjadi alternatif pilihan. Penghasilan yang sangat pas-pasan bahkan kurang membuat beberapa keluarga harus menerapkan perilaku hemat.

Nah itulah penjelasan mengenai 7 fungsi keluarga, beserta contoh optimalisasi peran dari fungsi keluarga yang ada di kehidupan sehari-hari masyarakat.

Sumber Referensi :
Horton, B. Paul dan Chester L. Hunt. 1984. Sosiologi. Jakarta. Penerbit Erlangga

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi
Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi
Penjelasan 7 Fungsi Keluarga Beserta Contoh Optimalisasi Peran di Masa Pandemi.
https://1.bp.blogspot.com/-oLwVThHkSGY/YXHQNtyhW6I/AAAAAAAAF2U/cOtIsnBXeYQ3vCKu3YAtpK_PyTUajJ81wCLcBGAsYHQ/s16000/Penjelasan%2B7%2BFungsi%2BKeluarga%2BBeserta%2BContoh%2BOptimalisasi%2BPeran%2Bdi%2BMasa%2BPandemi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oLwVThHkSGY/YXHQNtyhW6I/AAAAAAAAF2U/cOtIsnBXeYQ3vCKu3YAtpK_PyTUajJ81wCLcBGAsYHQ/s72-c/Penjelasan%2B7%2BFungsi%2BKeluarga%2BBeserta%2BContoh%2BOptimalisasi%2BPeran%2Bdi%2BMasa%2BPandemi.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-7-fungsi-keluarga-beserta-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-7-fungsi-keluarga-beserta-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy