Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya - Referensi Artikel Sosiologi Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya

Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya.

Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya

Sosiologi Info - Serial Netflix Squid Game telah populer diseluruh masyarakat dunia. Termasuk di Indonesia, sebagian warga sudah pasti menonton serial tersebut.

Lalu bagaimana sosiologi melihat trend itu dalam perspektifnya ? Yuk simak ulasan dan penjelasan teorinya.  

Melihat Serial Squid Game dari Kacamata Sosiologi

Korea Selatan (Korsel) terkenal dan populer dengan budayanya yang identik terhadap Budaya K-POP ataupun K-Drama yang banyak diminati oleh masyarakat. 

Tak terkecuali warga Indonesia. Bahkan budaya K-POP dan K-Drama menjadi tontonan yang wajib bagi sebagian orang Indonesia.

Salah satunya seperti Serial Squid Game. Serial ini adalah serial drama survival melalui internet yang berasal dari Korea Selatan (Korsel). 

Dimana seri sembilan episode ini telah menjadi tontonan warga net di seluruh dunia. Serial ini juga seru untuk disaksikan, karena banyak mengandung simbol kehidupan manusia sehari harinya.

Serial Squid Game ini disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk, dimana serial ini menceritakan kisah yang dialami oleh sekelompok orang (warga).

Yang berjuang mempertahankan kehidupan mereka. Dimana mereka yang mempunyai berbagai masalah sosial di kehidupannya.

Seperti mempunya hutang, masalah di tempat kerja, serta berbagai masalah lainnya.Kehidupan mereka pun berlangsung dengan begitu misterius.

Ketika mengikuti permainan atau game yang mana bagi pemenang akan diberikan hadiah sebesar setara dengan Rp. 555 miliar, yang diperebutkan oleh 456 an orang.

Kisah yang menantang untuk hanya sekadar mendapatkan hadiah yang besar, dimana setiap orang mengikuti semua alur permainan yang disediakan oleh panitia dan pembuat game tersebut. 

DImana ketika setiap orang tidak berhasil menyelesaikan game atau ada melakukan kesalahan, maka nyawa menjadi taruhannya. 

Memang serial ini memberikan berbagai cerita kehidupan yang menjadi simbol bagaimana manusia hidup di dunia ini. 

Kisah hidup yang penuh perjuangan, begitu juga dinamina sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang diperlihatkan dalam serial ini. 

Nah saya yakin teman teman pasti sudah menonton serial Squid Game tersebut. Lantas bagaimana pandangan sosiologi dalam melihat serial tersebut ?

Memahami Serial Squid Game

Bagi kamu yang ingin mendalami berbagai simbol simbol kehidupan sosial masyarakat dalam perspektif sosiologi. 

Kamu bisa menggunakan beberapa konsep, teori, dalam melihat berbagai isu yang diperlihatkan dalam tayangan Squid Game. Apa saja ? 

Pertama, Konsep Teori Tindakan Sosial (Weber)

Perspektif sosiologi dalam tindakan sosial mungkin bisa menjadi pilihan teman teman dalam menganalisis berbagai tindakan sosial yang terlihat dalam serial Squid Game itu. 

Ya teman teman bisa menggunakan pemikiran atau perspektifnya Weber, maupun tokoh lainnya yang juga bisa digunakan.

Kedua, Solidaritas Sosial

Dalam serial ini kita bisa melihat bagaimana juga perlu adanya solidaritas sosial yang dibangun oleh masyarakat dalam kehidupan bermasyarakatnya. 

Bagaimana pun situasi yang dihadapi perlu untuk mengedepankan solidaritas sosial, ya meskipun dalam serial Squid Game mereka juga ujungnya, yang membentuk kelompok untuk menyelesaikan game. 

Akhirnya juga hanya menyisakan satu orang sebagai pemenang. Namun, terlepas dari itu semua, mereka telah memberikan pelajaran bagi kita bahwa pentingnya solidaritas sosial di dalam masyarakat. 

Ketiga, Bentuk Bentuk Interaksi (Kerjasama)

Teman teman juga bisa melihat bagaimana bentuk bentuk interaksi yang ada, seperti misalnya kerja sama, yang dilakukan oleh para pemain pada saat mereka menyelesai game dengan berbentuk kelompok.

Sebut saja pada saat game tarik tambang, dan permainan lainnya yang masih dalam bentuk kelompok, agar bisa melanjutkan ke game selanjutnya. 

Keempat, Stratifikasi Sosial

Tidak hanya tiga konsep diatas, teman teman bisa juga melihat dalam serial Squid Game adanya stratifikasi sosial, mulai dari antara warga (para pemain), petugas yang ada, para penikmat (orang kaya yang menyaksikan).

Kemudian, bos yang menjalankan game tersebut untuk dijadikan tontonan dalam mengisi kehampaan kehidupannya di masa tua.

Kelima, Konflik Sosial

Ketegangan antara para pemain di serial Squid Game juga terjadi diantara mereka. Baik secara individu maupun antara kelompok yang ada. 

Kamu juga bisa melihatnya dalam pandangan konflik sosial yang juga menjadi cerminan dan simbol di kehidupan masyarakat.

Keenam, Ketidakadilan/Ketimpangan Sosial Ekonomi antara Kelas Atas dan Kelas Bawah

Ketimpangan yang diperlihatkan dalam serial ini menjadi isu yang menarik untuk dikaji dalam menggunakan berbagai perspektif.

Salah satunya dalam keilmuan sosiologi. Ketimpangan sosial antara pemilik modal, pekerja, warga miskin yang terjebak dengan berbagai masalah kehidupan.

Misalnya mempunyai hutang yang begitu banyak, dan berbagai masalah dalam pekerjaannya, serta hal lainnya.

Nah itulah penjelasan pandangan atau konsep dalam Sosiologi yang bisa kamu gunakan untuk melihat berbagai isu dalam serial Squid Game.

Sumber Referensi : 

https://id.wikipedia.org/wiki/Squid_Game

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya
Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya
Serial Netflix Squid Game dalam Perspektif Sosiologi, Ini Ulasannya.
https://1.bp.blogspot.com/-5CsNLqIvhKM/YWyiTNWmwZI/AAAAAAAAF1g/ZhRXzP_3B2QM26B3nwHVVonvoCsOlHZ9ACLcBGAsYHQ/s16000/Serial%2BNetflix%2BSquid%2BGame%2Bdalam%2BPerspektif%2BSosiologi%252C%2BIni%2BUlasannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5CsNLqIvhKM/YWyiTNWmwZI/AAAAAAAAF1g/ZhRXzP_3B2QM26B3nwHVVonvoCsOlHZ9ACLcBGAsYHQ/s72-c/Serial%2BNetflix%2BSquid%2BGame%2Bdalam%2BPerspektif%2BSosiologi%252C%2BIni%2BUlasannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/serial-netflix-squid-game-dalam-perspektif-sosiologi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/serial-netflix-squid-game-dalam-perspektif-sosiologi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy