-->

14 Cara Menyelesaikan Konflik di Masyarakat, Berikut Tipsnya

Ada 14 Cara Menyelesaikan Konflik di Masyarakat, Berikut Tipsnya.
14 Cara Menyelesaikan Konflik di Masyarakat, Berikut Tipsnya

Sosiologi Info - Bagaimana cara dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi atau menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di kehidupan masyarakat ? 

Nah untuk menjawabnya, simak tips dan cara ada 14 yang bisa dilakukan dalam menyelesaikan suatu konflik di masyarakat. 

Sekilas Memahami Pengertian Konflik

Apa sih yang kamu ketahui tentang definisi atau pengertian dari konflik ? Dilansir dari KBBI menjelaskan pengertian konflik adalah percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. 

Selanjutnya, dalam Sosiologis, konflik adalah sebagai suatu proses sosial diantara dua orang atau bahkan lebih.

Maupun di dalam kelompok masyarakat yang berusaha menyingkirkan pihak lain, dengan cara menghancurkan maupun membuatnya tidak berdaya.

Dengan adanya konflik membuat adanya ketidakteraturan di masyarakat. Memang tidak semua konflik itu mengarahkan pada sisi negatifnya saja.

Misalnya Lewis Coser mengartikan konflik sosial yang terjadi di masyarakat sebagai bentuk konflik yang mengarah kepada hal yang positif. 

Itu artinya tidak semua konflik itu kita artikan mengarah kepada hal hal yang negatif serta membuat suatu kehancuran tatanan nilai, norma dan integritas sosial masyarakat. 

Faktor Penyebab Konflik Sosial di Masyarakat

Ada beberapa faktor penyebab terjadi konflik sosial diantara individu maupun di masayrakat dalam lebih luasnya, yaitu :

1. Adanya perbedaan pandangan, pola pikir, dan perspektif diantara individu/masyarakat

2. Adanya kepentingan yang mengakibatkan terjadinya konflik

3. Adanya interaksi yang salah atau komunikasi yang terjadi ada mis-komuniasi/kesalahpahaman yang ada di masyarakat

4. Adanya perubahan sosial yang bisa juga menjadi akibat konflik

5. Adanya pengaruh faktor kebudayaan yang dilaksanakan oleh setiap individu/masyarakat  

Kenapa Konflik Sosial di Masyarakat Harus Diselesaikan

Dimana pun kamu tinggal dalam lingkup masyarakat pasti akan menjumpai berbagai konflik sosial yang terjadi. 

Baik itu terjadi antara masyarakat, kelompok dengan kelompok, bahkan antara sesama individu. Konflik biasanya terjadi karena adanya ketidaksepakatan.

Ketidakpahaman serta berbeda pandangan dan perspektif dalam memandang suatu hal, yang bisa saja mengarahkan terjadi pertentangan maupun perpecahan. 

Terlebih, adanya kepentingan yang berbeda-beda pada setiap individu dan kelompok masyarakat yang saling menjalin hubungan sosial. 

Suatu proses sosial yang dilakukan, memang tidak bisa dielakan lagi. Sudah pasti akan dilaksanakan oleh setiap individu, atau manusia.

Ya seperti hubungan sosial, interaksi, kontak, komunikasi, serta berbagai tindakan, perilaku sosial yang menjadikan adanya keberlangsungan aktivitas sosial di masyarakat. 

Dalam menjelankan itu semua, sudah pasti tidak akan berjalan mulus, ada saja batu sandungan atau konflik dan perbedaan serta pertentangan. 

Kenapa menjadi penting, konflik yang terjadi di masyarakat itu perlu untuk diselesaikan ? Ya pastinya, perlu dong diselesaikan.

Agar tidak menambah parah, serta tidak mengakibatkan semakin rusaknya tatanan sosial masyarakat yang sudah berlangsung sejak lama tersebut.

Apalagi jika nilai dan norma sudah tidak menjadi kesepakatan atau konsensus, akan tentu bahaya bagi keberlangsungan kehidupan sosial. 

Bisa jadi manusia akan hilang jika terus menerus berkonflik tanpa ada penyelesaiannya. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi konflik sosial di masyarakat ? 

Tujuan dari upaya penyelesai konflik adalah untuk mengembalikan lagi perpecahan, menyatukan kembali berbagai perbedaan, serta dapat mengintegrasikan lagi tatanan sosial.

Oleh karena itu, menjadi penting, wajib untuk menyelesaikan berbagai konflik di masyarakat, jangan biarkan berlarut-larut terjadi.

Akan membahayakan tatanan sosial di kehidupan sosial masyarakat yang terus menjalankan aktivitas sosialnya. 

Nah ada beberapa cara tips yang bisa digunakan dalam menyelesaikan konflik sosial di masyarakat. Apa saja ? Simak dibawah ini caranya ya. 

Tips dan Cara Mengatasi Konflik di Masyarakat

Ada beberapa cara menyelesaikan masalah konflik sosial yang sering terjadi di kehidupan sosial masyrakat, baik antara individu maupun antara kelompok.

Berikut ini daftar 14 tips dan cara mengatasi konflik tersebut, yaitu : 

1. Konsiliasi 

2. Mediasi

3. Arbitrasi

4. Koersi

5. Detente

6. Genjatan Senjata 

7. Stalemate

8. Adjudication

9. Elimination 

10. Subjugation

11. Majority Rule

12. Minority Consent

13. kompromi

14. Integrasi

Nah itulah beberapa cara dalam mengatasi maupun menyelesaikan suatu konflik yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat. 

Setidaknya ada 14 Cara Menyelesaikan Konflik di Masyarakat, Berikut Tipsnya. Semoga bermanfaat ya yang sedang mencari materi pembelajaran tersebut.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Kelas XI SMA dan MA Pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Penulis Dwi Mulyono

www.ruangguru.com

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !