-->

Cara Mengatasi Pengangguran Oleh Pemerintah, Masyarakat, Contohnya

Cara Mengatasi Pengangguran Oleh Pemerintah, Masyarakat, Contohnya
Cara Mengatasi Pengangguran Oleh Pemerintah, Masyarakat, Contohnya

Sosiologi Info - Bagaimana ya cara untuk mengatasi pengangguran yang terjadi di Indonesia ? Baik dari pemerintah maupun langsung oleh masyarakat.

Nah untuk itu simak penjelasan dan ulasannya pada pembahasan kali ini mengenai topik diatas ya, jangan lewatkan.

Sekilas Mengenal Pengertian Pengangguran

Setiap negara hampir mengalami adanya masalah sosial. Bahkan tidak ada negara di dunia ini yang terlepas dari permasalahan sosial yaitu adanya pengangguran.

Begitu juga di Indonesia khususnya sebagai negara berkembang, hingga saat ini masih dalam himpitan dengan tenaga kerja yang masih banyak menjadi pengangguran. 

Apa sih yang kamu ketahui dan pahami mengenai pengertian pengangguran ? Nah pengertian dari pengangguran ialah orang dimana yang tidak bekerja sama sekali. 

Mereka (individu/orang) yang sedang mencari kerja, dimana bekerjanya kurang dari dua hari dalam selama seminggu. 

Maupun seseorang yang sedang berusaha mencari pekerjaan. Tenaga kerja merupakan penduduk yang telah memasuki usia kerja namun belum cukup untuk bekerja. 

Oleh karena itu, orang yang mencari pekerjaan itu adalah usia pendudukan 15 sampai 64 tahun. Makanya usia dibawah 15 tahun belum masuk dalam tenaga kerja produktif. 

Selanjutnya, pengertian dari Badan Pusat Statistik (BPS) menejelaskan bahwa dalam indikator ketenagakerjaan, pengangguran adalah penduduk yang tidak bekerja.

Namun, ia sedang mencari pekerjaan untuk dirinya. Atau ia yang sedang mempersiapkan suatu usaha baru, maupun penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena sudah diterima bekerja.

Tapi ia belum mulai dalam bekerja. Dalam pengertian pengangguran menurut Sukirno.

Ia mengatakan pengangguran adalah suatu keadaan dimana seseorang yang termasuk dalam angkatan kerja, ingin memperoleh pekerjaan. 

Namun, seseorang itu belum mendapatkan pekerjaannya. Menurut Hasyim, ia menyebutkan pengangguran adalah masalah strategi dalam perekonomian secara makro. 

Menurutnya hla itu karena dapat berpengaruh langsung kepada standar kehidupan dan tekanan psikologis pada masyarakat. 

Oleh karena itu, memang menjadi bagian penting untuk setiap negara dapat mengurangi atau bahkan mengatasi masalah sosial dalam hal ini pengangguran.

Untuk tidak terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Apalagi jumlah tenaga kerja dalam mencari kerja pada setiap tahunnya mungkin saja mengalami peningkatan.

Apalagi hal ini berbanding terbalik dengan peluang atau lapangan kerja yang tersedia pada suatu negara yang bersangkutan.

Sudah pasti akan berbeda beda kebutuhan tenaga kerjanya. Untuk itulah kemungkinan besar terbuka adanya kebutuhan tenaga kerja.

Jika pendistribusian, peningkatan kualitas sumber daya manusianya terpenuhi, bisa jadi tidak ada lagi pengangguran yang dialami oleh suatu negara, terkhususnya di Indonesia.

Nah itulah sekilas pemahaman dan pembahasan mengenai pengertian pengangguran yang juga bisa kamu pahami ya.

Baca Juga : Pengertian Pengangguran : 8 Jenis dan 10 Faktor Penyebab

Cara Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Ada beberapa upaya dalam mengatasi permasalahan sosial pada pengangguran yang terjadi di Indonesia, yaitu :

1. Upaya yang Dilakukan oleh Pemerintah

Pemerintah juga mempunya peran yang penting dalam mengambil andil untuk mengatasi masalah sosial pengangguran.

Melalui berbagai kebijakan serta aturan yang membuat adanya pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat yang masih menganggur.

Maupun berbagai cara serta kebijakan yang sering dikeluarkan atau diterbitkan, dalam peraturan pemerintah, dan sejenisnya.

Teman teman bisa melihatnya bagaimana cara dan upaya pemerintah dalam mengatasi permasalahan pengangguran tersebut, yaitu berikut contohnya :

> Dengan mengadakan berbagai program tenaga kerja untuk mengambil skill atau keahlian melalui pelatihan

> Dengan membuka berbagai pelatihan magang pada penempatan kerja di berbagai perusahaan negeri maupun swasta

> Dengan adanya pengerahan tenaga kerja di Indonesia, seperti memberikan akses untuk bisa bekerja di luar negeri, menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI di berbagai negara

> Dengan membuat atau mendirikan berbagai pelatihan kerja yang gratis untuk masyarakat kursus atau pelatihan

> Dengan terus membuka peluang penempatan atau pendistribusian tenaga kerja Indonesia untuk mendapatkan akses penempatan kerja di berbagai perusahaan maupun di tempat lainnya yang resmi.

> Dengan terus menciptakan program pada karya 

> Dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya

Baca Juga : Dampak Pengangguran Bagi Ekonomi, Sosial, Pembangunan, Masyarakat dan Negara

2. Upaya yang Dilakukan oleh Masyarakat

Tidak hanya upaya dan cara dari pemerintah saja yang bisa dilakukan dalam mengatasi permasalahan pada pengangguran.

Masyarakat juga bisa dengan tergerak dengan sendirinya dalam mengatasi masalah pengangguran yang terjadi, yaitu berikut contohnya :

> Dengan masyarakat mengikuti berbagai pelatihan atau kursus yang diadakan untuk mempersiapkan dan latihan kerja 

> Dengan masyarakat mulai meningkatkan jiwa kewirausahaannya atau kegiatan wiraswastanya dengan cara itu juga bisa mengatasi pengangguran

> Dengan terlibat langsung, bagi masyarakat yang mampu untuk membuka kursus dalam hal ini membantu masyarakat lain yang belum memiliki keterampilan

> Dengan ikut dan aktif dalam mencari peluang pekerjaan pada setiap informasi tenaga kerja yang ada di setiap perusahaan

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai topik Cara Mengatasi Pengangguran Oleh Pemerintah, Masyarakat, Contohnya. 

Sumber Referensi :

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk kelas X SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !