-->

Contoh Kebiasaan dalam Sosiologi, Ini Penjelasannya

Contoh Kebiasaan dalam Sosiologi, Ini Penjelasannya.
Contoh Kebiasaan dalam Sosiologi, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info - Apa saja contoh kebiasaan atau habitus yang ada dan diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam hubungan sosialnya sehari-hari ? 

Nah simak penjelasan berikut mengenai contoh kebiasaan dalam Sosiologi yang ada di lingkungan masyarakat. 

Penjelasan Sekilas Mengenai Habitus 

Proses sosial yang terjadi antara berbagai individu dengan individu, kelompok sosial dengan individu, atau individu dengan masyarakat yang lebih luas. 

Sudah terjalin sejak individu mengenal lingkungannya, yang lahir sebagai manusia. Tidak terlepas dari proses interaksi, kontak sosial.

Hubungan hubungan sosial itu dilakukan oleh setiap individu, kelompok, di dalam masyarakat pada setiap aktivitas sehari-harinya. 

Begitu juga dengan habitus yang dilakukan oleh individu, kelompok sosial, dan masyarakat dalam lebih luasnya. 

Habitus adalah kebiasaan yang terbatinkan secara berulang-ulang dan secara terus menerus dilakukan oleh individu, kelompok, dan masyarakat. 

Kebiasaan yang dilakukan setiap harinya telah menjadi budaya yang kuat, menjadi dasar pondasi kehidupan sosial bermasyarakat. 

Budaya itu sudah mengakar, dan secara berulang-ulang menjadi budaya yang dilakukan setiap hari oleh individu dalam menjalankan rutinitas. 

Lalu apa saja contoh kebiasaan yang bisa kita lihat dalam keseharian di lingkungan masyarakat ? Simak penjelasannya berikut ini ya. 

Contoh kebiasaan di dalam masyarakat yang sudah menjadi budaya dan dilakukan secara berulang-ulang yaitu : 

1. Antri yang dilakukan oleh masyarakat saat menunggu giliran baik saat mengambil uang di ATM, SPBU, dan contoh lainnya.

2. Melakukan cium tangan kepada orang tua, atau orang yang lebih di tuakan dalam berbagai kesempatan. Itu juga bagian dari habitus atau kebiasaan yang sudah terbatinkan sejak lama.

3. Melakukan ritual kebudayaan yang masih ada dimiliki oleh sebagian masyarakat dalam kesehariannya. Sebut saja seperti doa syukuran, dan tradisi budaya lainnya. 

4. Melaksanakan gotong royong, rewang saat ada hajatan, maupun gotong royong dalam membantu tetangga. Misalnya saat membersihkan halaman parit, tempat ibadah, dan contoh lainnya.

5. Berjalan membungkuk saat dihadapan orang yang lebih tua, inilah bagian dari sopan santun yang telah menjadi kebiasaan di masyarakat. 

6. Saling sapa atau menegur saat berpapasan di jalan antar individu. Itu juga menjadi bagian dari kebiasaan yang sudah mengakar di masyarakat. 

7. Tidak melakukan sendawa, atau tidak berisik saat makan, itu juga bagian dari kebiasaan masyarakat yang diterapkan dalam keseharian di kehidupan sosial. 

8. Saling tolong menolong antar individu, kelompok, komunitas di masyarakat ketika ada musibah juga bagian dari habitus warga di Indonesia. 

Yang secara turun menurun terus dilaksanakan oleh masyarakat. 

9. Menerapkan ajaran kebaikan menurut agama, yang dilakukan dengan memberi pengetahuan, pengajaran, pengamalan di masyarakat juga bagian dari kebiasaan. 

10. Melakukan permintaan maaf saat melakukan kesalahan juga bagian dari kebiasaan yang ada dalam masyarakat. 

11. Melakukan musyawarah mufakat dalam pengambilan berbagai keputusan di masyarakat juga menjadi bagian dari kebiasan yang sudah terbatinkan, sehingga menjadi budaya di masyarakat. 

Nah itulah beberapa daftar penjelasan mengenai Contoh Kebiasaan dalam Sosiologi. Semoga bermanfaat. Menambah wawasan teman-teman ya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !