Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya - Referensi Artikel Sosiologi Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya

Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya

Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya

Sosiologi Info - Apakah kamu sudah mengenal tokoh tokoh sosiologi yang ada beserta dengan pemikirannya ? 

Kalau belum, ini penjelasan dan ulasan, tokoh sosiologi mulai dari August Comte, Emile Durkheim, Max Weber, Wright Mills, Peter L Berger, Karl Marx, Herbert Spencer.

Mengenal Sosiologi

Mempelajari berbagai kehidupan sosial, gejala, fenomena serta berbagai struktur dan dinamika sosial adalah bagian dari sosiologi.

Karena sosiogi sendiri sebagai ilmu yang mempelajari semua hal tentang masyarakat, meliputi interaksi, sosialisasi, komunikasi, kontak sosial, perilaku, tindakan, serta banyak hal yang menyangkut dengan masyarakat. 

Lalu bagaimana para tokoh atau ahli Sosiologi memberikan pandangannya atau perspektif tentang sosiologi maupun masyarakat. 

Simak dibawah ini ada tujuh tokoh sosiologi dan pemikirannya. 

Tokoh Sosiologi dan Pemikirannya

Ada beberapa tokoh sosiologi yang memberikan pandangan dan perspektifnya yang berbeda-beda. Ketika memandang berbagai fenomena sosial di masyarakat, yaitu :

1. August Comte

Banyak ahli dan orang menyebutkan Comte adalah tokoh yang pertama kali memberikan dan mengemukakan kata Sosiologi. 

Kata Sosiologi lahir pada tahun 1839 yang setelah Comte menggabungkan dua kata yaitu socius dan logos.

Keduanya memiliki arti,socius dalam bahasa romawi artinya kawan, sedangkan logos dalam bahasa Yunani artinya kata atau berbicara. 

Dengan demikian, sosiologi memiliki pengertian berbicara mengenai kawan atau ilmu tentang masyarakat itu sendiri. 

Comte memang dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Ia terkenal dengan hukum tiga tingkan yang dipopulerkannya.

Teori pemahaman ini yaitu ada tiga tingkatan atau tahapan intelektual yaitu tahap teologis, metafisik, dan tahap positivistik. 

2. Emile Durkheim

Dia memberikan pemikirannya tentang sosiologi ialah suatu ilmu yang mempelajari apa yang dinamakan sebagai fakta sosial atau fact social.

Fakta sosial sendiri merupakan cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu dan mempunyai kekuatan yang memaksa serta dapat mengendalikannya.

3. Karl Marx

Baginya menjelaskan secara singkat sosiologi adalah teorinya tentang kelas sosial yang ada dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Kelas sosial ini terus ada dan bahkan seiring berkembangnya waktu berubah dengan bentuk atau cara yang baru. Namun tetap saja kelas sosial itu ada. 

4. Max Weber

Ia memberikan penjelasan tentang tindakan sosial. Menurutnya tidakan sosial adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. 

Sementara perilaku manusia yang hanya mempunyai makna subjektif bagi pelakunya sendiri hanyalah sebuah suatu tindakan semata saja. 

5. Peter L Berger

Menurutnya ia menuliskan beberapa artikel tulisan yang juga mengkaji konsep tentang berbagai masalah sosiologi (sociological problem).

Ia menuturkan bahwa suatu masalah sosial tidak harus terdiri atas apa yang oleh orang lain dianggap masalah. 

Dimana masalah sosiologi lebih menyangkut pada pemahaman terhadap interaksi sosial yang ada di kehidupan sosial bermasyarakat. 

6. Herbert Spencer

Menurut Herbert Spencer dalam bukunya yang berdujul The Principles of Sociology, ia memberikan penjelasan mengenai materi sosiologi secara sistematis. 

Dia mengajarkan bahwa objek sosiologi itu yang pokok ialah keluarga, agama, politik, pengendalian sosial dan industri. 

Sementara, lanjutnya, untuk objek tambahan yaitu ada asosiasi, masyarakat, pembagian kerja, pelapisan sosial.

Kemudian, sosiologi pengetahuan, dan ilmu pengetahuan serta penelitian terhadap berbagai hal tentang kesenian dan keindahan.

7. Wright Mills

Dia menyampaikan penjelasannya tentang imajinasi sosiologi atau sociological imagination ialah cara memahami sejarah masyarakat. 

Riwayat hidup pribadi, kita memerlukan dua alat poko yaitu sebagai berikut :

1. Personal Troubles of Milieu

Menurutnya bahwa troubles atau kesusahan berlangsung dalam ciri individu dan dalam jangkauan hubungan yang langsungnya dengan orang lain. 

2. Public Issues of Social Structure

Issue atau isu adalah suatu hal yang berada di luar lingkungan individu dan berada di luar kehidupan pribadi seseorang. 

Di dalam isu tersebut, ada sebuah isu yang sangat bersifat umum, dimana terdapat ancaman terhadap nilai yang didukung oleh orang banyak. 

Nah itulah penjelasan sekilas mengenai Ini 7 Tokoh Sosiologi dan Pemikirannya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu ya. 

Sumber Referensi :

e-Modul Sosiologi Kelas X : Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat | Penyusun Deni Mulia, S.Pd | Direktorat Pembinaan SMA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | 2019

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya
Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya
Ini 7 Tokoh Sosiologi : Perspektif atau Pemikirannya
https://1.bp.blogspot.com/-QY_T-BpC-y4/YYc-sFmBYEI/AAAAAAAAGBE/V6QxmduU9cc-2mOlUOonJIn8jtMhxRK-wCLcBGAsYHQ/s16000/Ini%2B7%2BTokoh%2BSosiologi%2BPerspektif%2Batau%2BPemikirannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QY_T-BpC-y4/YYc-sFmBYEI/AAAAAAAAGBE/V6QxmduU9cc-2mOlUOonJIn8jtMhxRK-wCLcBGAsYHQ/s72-c/Ini%2B7%2BTokoh%2BSosiologi%2BPerspektif%2Batau%2BPemikirannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/ini-7-tokoh-sosiologi-perspektif-pemikirannya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/ini-7-tokoh-sosiologi-perspektif-pemikirannya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy