-->

Manfaat Mempelajari Sosiologi Pendidikan, Ada 3 Hal Penting

Ini Manfaat Mempelajari Sosiologi Pendidikan, Ada 3 Hal Penting.
Manfaat Mempelajari Sosiologi Pendidikan, Ada 3 Hal Penting

Sosiologi Info - Apa saja manfaat ketika kita mempelajari sosiologi pendidikan ? Kenapa menjadi penting mempelajari sub disiplin sosiologi yang berkaitan dengan pendidikan.

Nah untuk menjawab itu, simak penjelasan dibawah ini ya.

Penjelasan Sekilas Sosiologi

Sosiologi hadir sebagai ilmu pengetahuan sosial yang berdiri sendiri. Disiplin ilmu sosial yang mempunyai metode dan konsep teori sendiri. 

Ilmu sosial yang secara luas mempelajari masyarakat ini menjadi pilihan dalam melakukan kajian sosial kemasyarakatan.

Dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Ada banyak hal yang bisa dikaji dengan menggunakan pendekatan sosiologi. 

Mulai dari mempelajari perilaku, tindakan, struktur sosial, lembaga, institusi, hubungan-hubungan sosial, dan lainnya. 

Berbagai fenomena sosial yang bermunculan di masyarakat pun bisa dilakukan analisa lebih mendalam dengan menggunakan pendekatan sosiologi. 

Dengan pendekatan sosiologi juga membuat kita akan lebih peka lagi terhadap berbagai nilai, norma, budaya yang berkembang di masyarakat. 

Begitu juga di dalam dunia pendidikan. Sosiologi hadir memberikan berbagai perspektif baru dalam melakukan kajian terhadap fenomena sosial pendidikan. 

Sosiologi pendidikan dapat membantu dalam memahami perencanaan, proses implementasi dan implikasi penerapan program, maupun kebijakan pendidikan yang ada. 

Selanjutnya, sosiologi pendidikan juga dapat memberikan sumbangan pemikiran, untuk mencerahan, menawarkan, pandangan kepada orang.

Maupun kepada kelompok yang tengah berusaha melakukan suatu perubahan dalam menyelenggarakan proses pendidikan, melalui kajian sosiologi.

Dengan demikian, akan didapatkan arah, landasan konsep yang jelas dan menjadi pondasi dalam melakukan perubahan dalam bidang pendidikan. 

Karena pada dasarnya, manusia lah yang berperan, dan ikut dalam melakukan proses perubahan itu.

Oleh sebabnya, tindakan dan perilaku manusia serta berbagai hal yang menyangkut hubungan bisa dilakukan analisa pendekatan sosiologi. 

Tiga Hal Penting Manfaat Mempelajari Sosiologi Pendidikan

Sejarah perkembangan sosiologi pendidikan baru menjadi fokus para sosiolog Inggris sejak awal 1970, dan memiliki peminat serta pendukung di AS dan tempat lainnya. 

Kemunculan sosiologi pendidikan sebagai reaksi atas pendekatan makro yang kurang dalam memperlihatkan pola interaksi.

Serta kesadaran terhadap apa yang terjadi dibalik fenomena seperti yang dilakukan oleh interaksi simbolik, etnometodologi, maupun fenomenologi. 

Dimana sosiologi pendidikan sendiri adalah kajian bagaimana institusi dan kekuatan sosil mempengaruhi proses, dan outcome pendidikan, begitu juga sebaliknya. 

Setidaknya ada tiga hal manfaat penting yang didapat dalam mempelajari sosiologi pendidikan, yaitu :

1. Dengan mempelajari sosiologi sebagai pendekatan dalam dunia pendidikan, mampu memberikan dan mempelajari sub bagian, dalam memahami arti sosiologi dan pendidikan.

Begitu juga untuk memahami makna sosiologi pendidikan, serta manfaatnya dalam pengembangan pendidikan yang ada di masyarakat. 

2. Dengan adanya beberapa pendekatan yang digunakan dalam sosiologi, kaitannya mengkaji berbagai fenomena sosial di dunia pendidikan.

Sehingga kita akan mengetahui pentingnya mempelajari sosiologi pendidikan, terhadap adanya fenomena sosial.

3. Memahami paradigma pendidikan, dimana sebagai implikasi pilihan perspektif sosiologis yang akan digunakan.

Begitu juga adanya paradigma baru seperti paradigma behavioristik, konstruktivistik, dan social cognitive, dan perspektif lain dalam sosiologi, sebagai dasarnya. 

Disinilah pengembangan dalam dunia pendidikan dilakukan melalui berbagai analisis perubahan, perencanaan dalam proses pendidikan yang berlangsung. 

Nah itulah sekilas memahami pentingnya mempelajari sosiologi pendidikan sebagai cara baru dalam melakukan kajian dan analisis dengan perspektif sosiologi.

Dengan demikian para pembaca, peneliti yang melakukan riset di dunia pendidikan dapat memahami dengan baik.

Gejala sosial di dunia pendidikan yang ada, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan hal penting tujuan pendidikan. 

Demikianlah, sebagai gambaran penting tentang Manfaat Mempelajari Sosiologi Pendidikan yang ada di masyarakat. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi Pendidikan Penulis Zainuddin Maliki | Cetakan Kedua 2010 | Gadjah Mada University Press

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !