Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat

Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat.

Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa pengertian dari konflik politik yang sering kita jumpai dalam kehidupan sosial sehari hari di masyarakat ?

Nah untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca penjelasan dan ulasan singkat yang kali ini membahas tentang Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat.

Sekilas Memahami Konflik Sosial di Masyarakat

Interaksi sosial yang terjadi dan dilakukan oleh setiap masyarakat dalam aktivitas sehari-harinya tidak akan terlepas. 

Dari pola hubungan sosial, maupun interaksi yang selalu ada dalam manusia antara manusia, individu antara individu, maupun masyarakat antara masyarakat.

Pasti akan meneruskan pola pola interaksi sosial yang menjadi pengikat dan konsensus bersama serta sebagai integrasi di masyarakat. 

Apalagi setiap manusia akan membutuhkan bantuan orang lain. Dimana manusia tidak akan bisa hidup sendiri. 

Setiap individu akan hidup berdampingan, saling tolong menolong sudah pasti akan berlangsung sebagai sebuah kesepakatan bersama.

Namun, dalam proses sosial itu, juga manusia tidak bisa menghindarkan adanya suatu konflik maupun perselisihan, gesekan antara setiap individu maupun kelompok sosial.

Konflik sudah pasti pernah dan akan terjadi dalam proses interaksi, dan hubungan sosial, karena adanya beberapa faktor penyebab.

Misalnya seperti salahnya komunikasi, faktor perbedaan pendapat, pandangan dan perspektif maupun akibat kepentingan yang berbeda beda pada setiap individu.

Nah dalam dunia politik, juga akan ada konflik politik yang terjadi antara anggota, pesaing atau lawan politik yang bertarung maupun dalam mempertahankan kedudukannya.

Lalu apa sih konflik politik yang sering kita saksikan, kita dengar, maupun kita baca dalam berbagai informasi disampaikan. Simak penjelasannya dibawah ini ya. 

Konflik Politik yang di Kehidupan Sosial Masyarakat

Ada banyak bentuk dan jenis konflik yang sering terjadi di masyarakat, nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai konflik politik yang sering kita lihat di masyarakat. 

Menurut Soerjono Soekanto konflik atau pertentangan politik adalah konflik yang terjadi akibat adanya kepentingan atau tujuan politis seseorang atau kelompok.

Konflik politik juga memiliki pengertian sebagai pertentangan kepenitngan politik untuk memperoleh kekuasaan atau kedudukan politik. 

Pengertian konflik politik menurut Ramlan Surbakti menjelaskan bahwa konflik politik sebagai perbedaan pendapat.

Persaingan dan pertentangan di antara sejumlah individu, kelompok atau organisasi dalam upaya untuk mendapatkan.

Dan mempertahankan sumber sumber dari keputusan yang dibuat dan dilaksanakan pemerintah.

Memang sih pada dasarnya politik itu selalu mengandung berbagai konflik, persaingan, dan kepentingan. Kalau teman teman lihat.

Biasanya konflik politik berasal dari hal atau kata kata kontroversi yang ditimbulkan oleh sebagian orang dalam berbagai peristiwa politik untuk menarik perhatian publik. 

Dimana konflik politik adalah salah satu bentuk konflik sosial, yang keduanya memiliki ciri, hanya saja yang membedakan konflik sosial dan politik adalah permainan kata politiknya.

Yang membawa pada konotasi tertentu dalam istilah konflik politik, yaitu mempunyai keterkaitan dengan negara atau pemerintah, serta para pejabat politik atau elite atau pemerintahan dan pada kebijakannya.

Ya pada intinya aktivitas politik, dimana konflik merupakan suatu jenis interaksi yang ditandai dengan bentrokan atau tubrukan.

Diantara kepentingan, gagasan, kebijaksanaan, program, dan pribadi atau persoalan dasar yang lainnya, dimana yang satu sama lain saling bertentangan. 

Makna benturan diantara kepentingan ini dapat terlihat dan digambarkan seperti adanya perbedaan pendapat, persaingan, dan pertentangan antara individu dengan individu. 

Kemudian, individu dengan kelompok, kelompok dengan individu maupun individu dengan kelompok dan pemerintah yang bersangkutan. 

Beberapa contoh konflik politik yang bisa kamu lihat yang sering terjadi di dalam kepengurusan partai politik.

Misalnya yang pernah terjadi konflik politik antara dua kubu di DPD Hanura, selanjutnya juga pernah ada di Partai Golkar yang pernah ada dua kubu.

Kemudian, ada juga PPP yang sempat terjadi dua kubu kepengurusan partai, begitu juga yang terjadi sekarang pada Partai Demokrat.

Hampir sebagian partai politik pernah mengalami dua kubu kepengurusan yang membuat terjadinya konflik politik tersebut. 

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai topik pembahasan Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat. 

Sumber Referensi :

http://eprints.umm.ac.id/35882/3/jiptummpp-gdl-ilham20131-50026-3-babii.pdf

http://scholar.unand.ac.id/41868/3/BAB%20VI%20Penutup.pdf

https://elearning.menlhk.go.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat
Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat
Pengertian Konflik Politik dan Contohnya di Masyarakat.
https://1.bp.blogspot.com/-z5JZc98yw7c/YaG3BQiIvhI/AAAAAAAAGcM/40CAaVGnrOMyWaVPsz5P6ewQ8VUU8Ge3gCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BKonflik%2BPolitik%2Bdan%2BContohnya%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-z5JZc98yw7c/YaG3BQiIvhI/AAAAAAAAGcM/40CAaVGnrOMyWaVPsz5P6ewQ8VUU8Ge3gCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BKonflik%2BPolitik%2Bdan%2BContohnya%2Bdi%2BMasyarakat.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-konflik-politik-dan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-konflik-politik-dan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy