Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Sosiologi Info - Apa saja yang kamu ketahu tentang pengertian penelitian ? Kalau belum tahu yuk sama-sama kita pahami topik mengenai penelitian tersebut.

Simak jawaban dan penjelasannya berikut ini ada 7 para ahli yang memberikan pengertian penelitian. Yuk baca.

Sekilas Memahami Penelitian

Kamu pasti sudah pernah mendengar kata penelitian dalam setiap pelajaran yang berkaitan dengan hal tersebut. 

Biasanya dalam menjalan tugas sekolah ataupun tugas kuliah pasti sudah merasakan untuk membuat penelitian.

Baik pada penelitian sosial dan penelitian ilmu sains atau dalam keilmiahan studi yang dilakukan tersebut. Bisa dengan berbagai pilihan penelitian. 

Setiap melaksanakan penelitian yang hendak dilakukan oleh seorang peneliti pastinya sudah merencanakan persiapan.

Mulai dari judul penelitian, lokasi, tempat, waktu pelaksanaan, jadwal pelaksanaan penelitian, metodenya, kerangka berpikir atau tinjauan pustakanya.

Dengan cara itulah seseorang akan lebih mudah dalam melakukan proses penelitian yang hendak dilakukan.

Baik pada gejala fenomena sosial di masyarakat, maupun gejala ilmiah yang ada dalam berbagai studi penemuan di alam yang ada di dunia.

Penelitian sendiri berasal dari terjemahan kata Inggris yaitu recearch atau juga disebut riset. Research berasal dari kata re yang artinya kembali dan to search yang artinya mencari. 

Oleh sebab itu, penelitian disebut juga memiliki arti sebagai mencari kembali. Atau research yang artinya penelitian, penyelidikan. 

Penelitian adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan teliti, penyeldidikan, kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis.

Serta objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. 

Dalam buku pengantar penelitian pekerjaan sosial dijelaskan penelitian adalah suatu cara untuk menyelesaikan suatu masalah guna menekan batas batas ketidaktahuan manusia.

Kesimpulannya bahwa penelitian ialah suatu pemikiran untuk melakukan kegiatan meneliti, mengumpulkan serta memproses fakta-fakta yang ada.

Yang selanjutnya di kumpulkan fakta fakta tersebut sehingg dapat dikombinasikan oleh peneliti yang melakukan penelitian tersebut.

Adapun tujuan dari penelitian ini merupakan usaha untuk dapat menemukan, mengembangkan dan melakukan verifikasi terhadap adanya kebenaran suatu peristiwa.

Maupun suatu pengetahuan dengan menggunakan suatu metode-metode ilmiah. Penelitian inilah sebagai dasar untuk dapat meningkatkan pengetahuan.

Yang mana kegiatan penelitiannya berlangsung dengan sistematis, berencana, dan mengikuti konsep ilmiah yang berlaku.

Ada tiga tujuan dari macam adanya penelitian yang dilakukan yaitu :

1. Penelitian eksploratif yakni penelitian yang bertujuan menemukan problematik baru yang ada

2. Penelitian pengembangan yakni penelitian yang khusus dimaksudkan untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya

3. Penelitian verifikatif yakni penelitian yang ditujukan untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan

Nah untuk lebih lengkapnya mengenai pembahasan topik penelitian, coba yuk simak pengertian penelitian dari para ahli yang kompeten dibidangnya masing masing ya.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang memberikan pandangan dan definisi tersendiri mengenai penelitian. Setidaknya ada 7 para ahli, yaitu :

1. Soerjono Soekanto

Ia memberikan penjelasan tentang pengertian penelitian adalah merupakan suatu proses pengungkapan kebenaran.

Dimana yang didasarkan pada penggunaan konsep konsep dasar yang ada dalam sosiologi dikenal sebagai sebuah ilmu.

2. Marzuki

Menurutnya penelitian adalah suatu usaha untuk mengumpulkan, mencari, dan menganalisis fakta fakta suatu masalah yang ada. 

3. Moh Nasir Ph,D

Dia menjelaskan bahwa penelitian ialah pencarian fakta fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antar fakta dan menghasilkan dalil maupun hukum.

4. Sutrisno Hadi

Kata dia penelitian adalah usaha untuk menemukan sesuatu dalam mengisi kekosongan atau kekurangan, mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam.

Apa yang telah ada, serta menguji kebenaran terhadap apa yang sudah ada tetapi diragukan kebenarannya.

5. Sanapiah Faisal 

Dia menjelaskan penelitian ialah aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah.

Secara terencana dan terancang serta sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang terandalkan kebenarannya mengenai dunia alam dan sosial yang ada di masyarakat.

6. Woody

Menurut dia penelitian ialah metode untuk menemukan kebenaran ilmiah melalui pemikiran yang kritis, meliputi pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah.

Mefokuskan hipotesis, membuat kesimpulan dan mengadakan pengujian atas semua kesimpulan apakah cocok dengan hipotesis tersebut.

7. Whitney

Menurutnya penelitian adalah metode untuk menemukan kebenaran ilmiah melalui penyelidikan yang sungguh-sungguh dalam waktu lama. 

8. Koentjaraningrat

Ia memberikan definisi penelitian adalah usaha untuk mengatur pengetahuan dengan sengaja menangkap berbagai gejala di masyarakat atau alam denganc ara yang ketat, berdisiplin.

Menurut suatu sistem dan metode tertentu berdasarkan dengan atau sesuai disiplin metodologi ilmiah dengan tujuan menemukan prinsip baru dibelakang gejala tersebut.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik dari Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat ya teman teman.

Sumber Referensi : 

Buku dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Kelas X SMA dan MA pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial penulis oleh Dwi Mulyono

http://digilib.uinsgd.ac.id/3475/13/BAB%20I.pdf

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli
Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli
Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli.
https://1.bp.blogspot.com/-U23Rb425r5s/YZXP1EdNI1I/AAAAAAAAGRY/xAApEtQ9uEcz5KDVBj9YIXbvECRRr0bPACLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BPenelitian%2BMenurut%2BPara%2BAhli.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-U23Rb425r5s/YZXP1EdNI1I/AAAAAAAAGRY/xAApEtQ9uEcz5KDVBj9YIXbvECRRr0bPACLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BPenelitian%2BMenurut%2BPara%2BAhli.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-penelitian-menurut-para-ahli.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-penelitian-menurut-para-ahli.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy