Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya - Referensi Artikel Sosiologi Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya

Apa itu Sosiologi Ekonomi ? Ini Pengertian, Sejarah, dan Contoh Fenomena Sosial yang bisa dikaji, dianalisa.

Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya

Sosiologi Info - Sudah pernah mengenal pembahasan Sosiologi Ekonomi ? Kalau belum berikut ini penjelasan sejarah, pengertian, dan contoh fenomena sosialnya.

Kamu bisa melakukan penerapan kajian atau analisa dengan menggunakan pendekatan Sosiologi Ekonomi. Simak ulasannya.

Pengertian Sosiologi Ekonomi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, semua hal yang berkaitan dengan interaksi, sosialisasi, tindakan, perilaku, struktur, lembaga, dan lainnya.

Semuanya yang ada di kaitannya dengan itulah bisa menjadi dan dijadikan sebagai kajian sosial dalam sosiologi.

Seiring dengan perkembangan dan perubahan yang terjadi di berbagai kehidupan sosial masyarakat. 

Muncul sub disiplin Sosiologi untuk juga bisa melakukan kajian dengan pendekatan yang lebih khusus, seperti ada Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Korupsi, Sosiologi Hukum, dan lainnya.

Begitu juga dalam Sosiologi Ekonomi. Hadir untuk dapat menjawab, memberikan analisa, serta memberikan solusi terhadap berbagai gejala sosial di dalamnya. 

Kegiatan ekonomi tidak hanya produksi, konsumsi, menjual barang/jasa, maupun bertransaksi. Lebih dari pada, dalam pandangan sosiologi.

Pendekatannya kepada masyarakat akan lebih intens dan kuat dalam memberikan pandangan terkini mengenai studi sosiologi ekonomi. 

Begitu juga dalam hal moral ekonomi yang ada di dalam masyarakat dalam melakukan proses ekonominya di kehidupan sehari-harinya.

Manusia ialah makhluk sosial yang begitu terikat pada moral-moral yang berlaku dalam masyarakat. Termasuk juga adanya moral ekonomi. 

Semua perilaku individu, termasuk perilaku ekonomi, harus merujuk kepada norma norma moral yang terdapat pada masyarakat itu sendiri.

Lalu apa pengertian Sosiologi Ekonomi ? Dikutip dari Laman resmi www.etheses.iainkediri.ac.id, Sosiologi Ekonomi adalah studi tentang bagaimana cara orang, kelompok, atau masyarakat.

Memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang langka, dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

Sosiologi Ekonomi dapat didefinisikan dalam dua cara yaitu :

1. Sosiologi Ekonomi adalah sebagai sebuah kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat, yang di dalamnya terjadi interaksi sosial dengan ekonomi. 

Dimana dalam hubunganya itu, dapat dilihat bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi. Begitu juga sebaliknya, bagaimana bisa ekonomi mempengaruhi masyarakat. 

2. Sosiologi Ekonomi adalah sebagai pendekatan sosiologis yang diterapkan pada fenomena ekonomi.

Aspek kehidupan sosial masyarakat tidak bisa dilepaskan dari adanya pengaruh ekonomi. Apapun itu pastinya perlu adanya ekonomi sebagai upaya dan cara mempertahankan hidup.

Seseorang sudah semestinya akan melakukan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dalam kehidupan sehari hari. 

Berbagai upaya itu terkadang bisa menjadi gejala atau ancaman terhadap keberlangsungan hidup masyarakat.

Misalnya seperti kebutuhan akan energi yang diambil dari pengeboran, batu bara, dan contoh kebutuhan ekonomi lainnya. 

Itu bisa saja menyebabkan terjadinya ancaman krisis energi jika tidak dilakukan penyesuaian dalam kebutuhan masyarakat. 

Dengan melakukan penghematan energi fosil yang cepat habis, dan tidak bisa di lakukan pemulihan atau di daur ulang.

Maka manusia perlu mencari alternatif juga untuk peganti energi tersebut, maupun melakukan penghematan energi berkelanjutan. 

Pengaruh aktivitas sosial dalam kaitannya dengan ekonomi juga menjadi penting untuk diikut sertakan dalam pengambilan keputusan tersebut.

Mengenal Sekilas Sejarahnya

Memang pada dasarnya, segala aktivitas ekonomi bertitik tumpu pada tiga bidang kegiatan yaitu ada produksi, distribusi dan konsumsi. 

Tiga bidang kegiatan itu akan melingkupi berbagai jenis usaha, pola organisasi dan aneka transaksi yang dilakukan oleh masyarakat. 

Itulah kegiatan yang digunakan untuk menggambarkan maupun menganalisis kegiatan yang dikaitkan dengan ekonomi. 

Kemudian, dalam sosiologi ekonomi adalah pegabungan dua disiplin ilmu yaitu ada sosiologi dan ekonomi. 

Keduanya digunakan untuk sebagai melihat berbagai persoalan sosial masyarakat dan ilmu ekonomi yang menganalisa berbagai aktivitas produksi, konsumsi dan distribusi. 

Sejarah perkembangan sosiologi ekonomi sangat berpengaruh adalah pada pemikiran merkantilis yang mendominasi eropa sepanjang adad ke 17 dan 18.

Merkantilisme adalah kumpulan besar atau conglomeration pendapat mengenai nilai, saran kebijakan, dan pernyataan mengenai sifat kehidupan dalam ekonomi. 

Dimana keanekaragaman merkantilisme inilah disebabkan oleh orang orang yang mendukungnya yaitu seperti para filosof, kepala negara, pembuat undang-undang atau legislator, dan para pengusaha.

Contoh Fenomena Sosialnya

Ada beberapa contoh kasus fenomena sosial yang bisa dilakukan penerapan dalam penelitian dengan menggunakan sosiologi ekonomi, yaitu : 

1. Studi fenomena sosial mengulas tentang Kemiskinan

2. Studi fenomena sosial mengulas tentang Pengangguran

3. Studi fenomena sosial mengulas tentang Ketenagakerjaan, ada pekerja, buruh, pengusaha/perusahaan, dan lainnya

4. Studi fenomena sosial mengulas tentang perilaku manusia saat membeli kebutuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19

5. Studi fenomena sosial mengulas tentang trend meningkatnya toko online atau marketplace yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi

6. Studi yang juga bisa kamu lakukan melihat bagaimana pengaruh kebijakan ekonomi dari pemerintah kepada masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya. Semoga bermanfaat ya. 

Sumber Referensi : 

Modul 1 Perkembangan Sosiologi Ekonomi oleh Drs Pheni Chalid, S.F., M.A., Ph.D

www.etheses.iainkediri.ac.id

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya
Sosiologi Ekonomi : Pengertian, Sejarah, dan Contoh Kajiannya
Apa itu Sosiologi Ekonomi ? Ini Pengertian, Sejarah, dan Contoh Fenomena Sosial yang bisa dikaji, dianalisa.
https://1.bp.blogspot.com/-V3C91gYuNes/YYdqTqs35HI/AAAAAAAAGBs/_R4BY_C3oH4reZoh9itLyoYPeiamHzJbwCLcBGAsYHQ/s16000/Sosiologi%2BEkonomi%2BPengertian%252C%2BSejarah%252C%2Bdan%2BContoh%2BKajiannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-V3C91gYuNes/YYdqTqs35HI/AAAAAAAAGBs/_R4BY_C3oH4reZoh9itLyoYPeiamHzJbwCLcBGAsYHQ/s72-c/Sosiologi%2BEkonomi%2BPengertian%252C%2BSejarah%252C%2Bdan%2BContoh%2BKajiannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/sosiologi-ekonomi-pengertian-sejarah-contoh-kajiannya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/sosiologi-ekonomi-pengertian-sejarah-contoh-kajiannya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy