5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi 5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat

Ada 5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat

5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat

Sosiologi Info – Apa saja Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat dalam kehidupan sehari hari ? Simak disini ulasannya ya.

Pada era yang disebut era globalisasi ini telah mampu mempengaruhi berkembangnya ilmu dan teknologi dengan sangat pesat. 

Tentunya masyarakat diminta untuk mempunyai kemampuan guna mengejar perkembangan tersebut di mana untuk dapat meningkatkan kemampuan.

Yang memungkinkan masyarakat untuk dapat beradapatasi dari segala aspek. Ibaratkan seleksi alam, bagi mereka yang tidak mampu bersaing atau menyesuaikan.

Maka siap-siap akan tertinggal oleh arus globalisasi tersebut. Perubahan yang terjadi di era globalisasi ini kerap memberikan kecemasan bagi individu yang menjalaninya. 

Kecemasan akan takut terasingkan maupun sebagainya. Hal inilah yang disebut dengan gegar budaya (culture shock).

Lalu, Apakah kamu pernah mengalami suatu gegar budaya atau culture shock di era globalisasi seperti saat sekarang ini? 

Kalau belum, kamu bisa cek nih ada beberapa contoh dari culture shock atau gegar budayadi era globalisasi. Kok bisa? Yuk Baca.

Sekilas Mengenal Apa Itu Culture Shock

Gegar budaya adalah reaksi  individu pada  lingkungan baru yang  belum dikenalinya sehingga menimbulkan reaksi awal.

Berupa cemas akibat individu kehilangan tanda-tanda yang dikenalnya di lingkungan lama (Bochner, 2003). 

Gegar budaya (culture shock) sendiri terjadi karena  adanya  ketidaksetaraan  pandangan  antara  budaya  satu  dengan  lainnya.

Sehingga membuat suatu budaya baru yang datang ke budaya lainnya mengalami kehilangan harapan atau antisipasi terhadap  kesamaan (Departemen  Kebudayaan  dan Pariwisata,  2008). 

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa culture shock atau gegar budaya adalah suatu kondisi ketidaksiapan.

Atau ketidaksanggupan masyarakat untuk menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang 
berbeda dengan kebudayaan sendiri. 

Nah, sudah jelaskan apa itu culture shock atau gegar budaya? Maka dari itu mari kita bahas beberapa contoh culture shock globalisasi di masyarakat.

Contoh Culture Shock Globalisasi Di Masyarakat

Gegar budaya merupakan akibat yang ditimbulkan dari ketidaksiapan masyarakat dalam menrima globalisasi. Contoh gegar budaya antara lain sebagai berikut :

1. Penggunaan Sosial Media

Salah satunya adalah gegar budaya yang diakibatkan oleh globalisasi yang bisa memicu perkembangan teknologi dengan begitu pesat. 

Hal ini bisa menyebabkan maraknya aksi penipuan karena banyak masyarakat yang belum memahami tentang dunia media sosial dan kemajuan teknologi informasi. 

Masyarakat belum siap akan hal itu, tak jarang masyarakat yang sering tertipu karena aksi penipuan merasa cemas. 

Karena mereka tidak memahami dan hanya langsung mempraktekkan tanpa mau membaca dampak dari hal tersebut.

2. Cara Berkomunikasi

Perbedaan dalam cara  berkomunikasi dan  minimnya pemahaman  dalam berbudaya  juga   merupakan salah satu pemicu.

Timbulnya gegar budaya  pada seorang  individu  yang baru berpindah  ke daerah baru. Gegar budaya  yang  paling jarang disadari.

Oleh makhluk sosial adalah gegar  budaya dalam  berbahasa,  yang mana  berbahasa  sangat  penting  dalam  komunikasi  untuk  menjalin hubungan dengan orang lain.

Seperti; adanya perbedaan penuturan kata, perbedaan pelafalan, perbedaan  intonasi,  dan  adanya  bahasa  gaul.

Sehingga  setiap  individu  yang  memiliki perbedaan bahasa yang sangat signifikan akan sangat bermasalah dengan keadaan tersebut.

3. Saat Menjadi Anak Rantau

Pada dasarnya gegar budaya umum  terjadi pada  individu  rantau yang  memulai  kehidupan  baru di  dareah  baru.

Dengan situasi dan kondisi budaya yang berbeda dengan budaya aslinya. Hal tersebut memungkinkan adanya tuntutan untuk memahami budaya yang baru.

Dan respon yang nampak tidak selalu dapat langsung menunjukkan hasil yang sesuai dengan harapan, yang mana keadaan seperti itu  disebabkan.

Karena  adanya  perbedaan  bahasa,  adat  istiadat,  tata  cara  berkomunikasi, yang mana memerlukan proses dalam mempelajari  hal  baru.

Yang kemudian akan dipahami dan diterapkan oleh individu perantau di kesehariannya. 

Tak jarang ketika berada di daerah tersebut tentunya akan mengalami gegar budaya karena belum terbiasa dan mencoba untuk menarik diri dari lingkungan sekitar.

4. Makanan 

Di era globalisasi sekarang ini telah banyak inovasi yang terjadi terutama pada makanan. Bagi kita yang terbiasa memakan makanan.

Seperti nasi dengan lauk pauk, ataupun nasi Padang akan merasa aneh jika telah dihadapkan dengan keadaan baru. 

Banyaknya makanan cepat saji yang sudah banyak kita jumpai di kota-kota besar membuat kita sebagai seorang pendatang merasa tidak siap akan hal itu. 

5. Teknologi 

Teknologi merupakan salah satu hal yang sangat penting di era globalisasi ini. Perkembangan teknologi yang cepat.

Menyebabkan banyak pembaharuan di dalam berbagai aspek dalam kehidupan bermasyarakat. Tak ayal banyak dari kita yang terkadang tidak siap untuk hal itu. 

Tetapi jika kita tidak mampu menyesuaikan dengan perkembangan yang ada, tentunya prinsip seleksi alam akan berlaku.

Nah, itulah sekilas ulasan singkat mengenai topik pembahasan tentang Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat. Masih banyak contoh-contoh lain yang dapat kita temui saat sekarang ini.

Penulis Artikel : 

Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP) Suci Kurnia Putri

Sumber Referensi : 

Bochner,  S.  (2003).  Culture  Shock  Due  to  Contact  with  Unfamiliar  Cultures.  Online Readings in Psychology and Culture, 8(1), 1–12.  

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. (2008). Pendidikan Multikultural dan Revitalisasi Hukum Adat dalam Perspektif Sejarah. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Maizan, S. H., Bashori, K., & Hayati, E. N. (2020). Analytical theory: Gegar budaya (culture shock). Psycho Idea, 18(2), 147-154.

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat
5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat
Ada 5 Contoh Culture Shock Globalisasi di Masyarakat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEigZkVAjbnlEuQu3LVIr5hZ9NUH8eQSiO6GXSxBFHRj4SgjkFsG0k3mHlpZXtep3F1UwRJyRqZsLV3s3H4Yr00OB1B4fkd9fuJMw6vOe402U3L6Qw0ciHiE6yhVxUCH0SY3WhCaYkpXbQG2c63cB6Us8TZP4fKv8E5mcs9AKJyjTHhYpDqq0pyeR080=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEigZkVAjbnlEuQu3LVIr5hZ9NUH8eQSiO6GXSxBFHRj4SgjkFsG0k3mHlpZXtep3F1UwRJyRqZsLV3s3H4Yr00OB1B4fkd9fuJMw6vOe402U3L6Qw0ciHiE6yhVxUCH0SY3WhCaYkpXbQG2c63cB6Us8TZP4fKv8E5mcs9AKJyjTHhYpDqq0pyeR080=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/5-contoh-culture-shock-globalisasi-di-indonesia.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/5-contoh-culture-shock-globalisasi-di-indonesia.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy