5 Syarat Integrasi Sosial Menurut William F Ogburn, Mayer Nimkoff, Lidle

Sosiologi Info - Bagaimana integrasi sosial yang ada di masyarakat itu terjadi ? Seperti apa proses dan syaratnya ?

Berikut simak syarat terjadinya integrasi sosial menurut William F Ogburn dan Mayer Nimkoff, serta Lidle, yuk baca.

Sekilas Mengenal Integrasi Sosial

Apa sih yang kamu pahami dan ketahui tentang integrasi ? Menurut Paul B Horton menjelaskan bahwa integrasi yaitu proses pengembangan masyarakat.

Dimana segenap kelompok mulai dari ras, etnis mampu berperan secara bersama sama dalam suatu kehidupan budaya, maupun ekonomi.

Dalam menjalankan aktivitas sosial kemasyarakat sehari harinya dengan orang lain yang berbeda beda tersebut.

Integrasi merupakan suatu hal yang memang diharapkan oleh banyak orang di masyarakat dalam kehidupannya.

Karena dengan adanya integrasi maka kelangsungkan kehidupan yang aman, damai, tentram, adem ayem bisa dapat diwujudkan, secara bersama-sama. 

Integrasi sosial juga terjadi melalui proses penyesuaian antara berbagai unsur unsur penting yang saling berbeda beda sehingga akan terjadi suatu keserasian fungsi di masyarakat.

Untuk membaca tentang pembahasan mengenai pengertian dari pada integrasi sosial kamu bisa membaca dibawah ini ya.

Baca Juga : Pengertian Integrasi Sosial Menurut Para Ahli

Lalu bagaimana syarat akan terjadinya suatu integrasi sosial di dalam kehidupan sehari hari antara masyarakat tersebut ?

Simak penjelasan dan ulasan singkatnya dibawah ini ya sobat dengan seksama jangan sampai lewatkan, nanti kamu tidak paham, yuk baca terus.

Syarat Syarat Terjadinya Integrasi Sosial di Masyarakat

Ada beberapa syarat yang mesti dilakukan agar dapat terjadinya suatu integrasi sosial tersebut di kehidupan masyarakat sehari harinya, yaitu :

1. Menurut William F Ogburn dan Mayer Nimkoff

Mereka mengatakan ada syarat yang menunjukkan berhasilnya suatu integrasi sosial di masyarakat yaitu sebagai berikut :

> Dimana anggota anggota dalam masyarakat merasa bahwa mereka berhasil telah saling mengisi kebutuhan satu dengan yang lainnya.

> Masyarakat telah berhasil dalam menciptakan kesepakatan atau sebuah konsensus bersama terhadap atau mengenai.

Adanya nilai dan norma sosial yang dilestarikan, serta dijadikan pedoman dalam berinteraksi bagi masyarakat tersebut.

> Nah dimana norma dan nilai sosial yang ada itu berlaku dalam waktu yang cukup lama dan dijadikan secara konsisten, serta tidak mengalami perubahan.

Dengan demikian, sehingga dapat menjadi sebuah aturan baku dalam melangsungkan proses dan hubungan hubungan interaksi sosial tersebut di masyarakat.

2. Menurut Lidle

Ia menyebutkan bahwa intergrasi sosial di masyarakat yang kokoh itu akan terjadi apabila memenuhi beberapa syarat, yaitu sebagai berikut :

> Nah dimana sebagian besar anggota suatu masyarakat sepakat tentang adanya batas batas teritorial dari negara sebagai suatu kehidupan politik.

> Selanjutnya, sebagian besar dari anggota masyarakat itu juga bersepakat dalam hal mengenai tentang struktur pemerintahan dan aturannya.

Melalui dari proses politik dan sosial yang berlaku untuk seluruh warga masyarakat di negara yang bersangkutan tersebut.

Nah itulah sekilas penjelasan untuk memahami topik pembahasan tentang 5 Syarat Integrasi Sosial Menurut William F Ogburn, Mayer Nimkoff, Lidle.

Sumber Referensi : 

Buku Pelajaran Sosiologi untuk kelas 11 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial yang ditulis oleh Dwi Mulyono

https://brainly.co.id