-->

Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya

Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya.
Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya

Sosiologi Info - Sudah pernah membaca dan mengetahui dua pendekatan ilmiah dalam melakukan proses kebenaran dari sebuah penelitian ?

Nah kalau gitu kamu bisa membaca penjelasan dan ulasan mengenai dua pendekatan ilmiah, yuk baca lebih lanjutnya.

Sekilas Memahami Penelitian

Secara arti penelitian atau riset berasal dari kata research yang dari kata re artinya kembali dan search artinya mencari.

Dengan demikian, secara etimologi penelitian memiliki pengertian mencari kembali, yaitu mencari bukti bukti baru yang dikembangkan menjadi teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu.

Penelitian adalah bagian dari rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan yang ada di masyarakat. 

Ketika seseorang melakukan penelitian, untuk mencari dan menemukan solusi dari hasil temuan temuan di lapangan tersebut. 

Menurut Soerjono Soekanto menjelaskan penelitian sosiologi adalah proses untuk mengungkapkan kebenaran yang didasarkan pada penggunaan konsep dasar.

Dalam sosiologi yang dikenal luas sebagai sebuah ilmu pengetahuan sosial di masyarakat guna menemukan masalah dan solusinya.

Nah di dalam proses penelitian untuk mencapai atau menemukan sebuah kebenaran maka ada dua pendekatan baik ilmiah maupun non ilmiah.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pendekatan secara ilmuah, dibagi menjadi dua pola pikir. Simak penjelasannya dibawah ya.

Pendekatan Ilmiah dalam Proses Mencapai Kebenaran

Ada beberapa hal penting dalam memahami sebuah fenomena sosial di masyarakat. Mulai dengan cara pola pikir yang digunakan untuk mencapai kebenaran tersebut. 

Hingga berbagai hal yang dilakukan guna membuktikan adanya suatu kebenaran yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat sehari harinya. 

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan mengulas singkat mengenai dua pendekatan ilmiah yang ada, yaitu :

1. Pendekatan Ilmiah Berpikir secara Rasional dan Sistematis

Pola pikir dalam mencapai kebenaran dengan pendekatan ilmiah ini dimana di dasarkan pada pengetahuan yang diperoleh melalui berpikir secara rasional.

Begitu juga tidak terlepas dari pengalaman manusia yang dilakukan secara nyata dalam kesehariannya, dalam menemukan kebenaran tersebut. 

2. Pendekatan Ilmiah Berpikir secara Emperis

Pola pikir dalam pendekatan ini dimana kebenaran yang diperoleh melalui pengalaman. Oleh karena dalam dua pendekatan ilmiah ini.

Perlu digabungkan guna mendapatkan hasil akhir dalam sebuah penelitian yang maksimal, sehingga adanya rasionalisme dapat memberikan kerangka pemikiran yang logis.

Serta emperis dalam memberikan kerangka untuk dapat memastikan sebuah kebenaran yang ada di lingkungan masyarakat. 

Beberapa contoh yang bisa kita lihat di masyarakat dalam pola pikir dengan pendekatan ilmiah dalam penelitian yaitu :

1. Ketika seseorang menderita penyakit atau sakit akan pergi ke Dokter maupun pergi berobat secara ilmiah, diperiksa, dan mencari atau membeli obat ke puskesmas dan apotik.

2. Kemudian ketika ada wabah atau virus Covid-19 maupun wabah virus lainnya maka seorang peneliti atau dokter akan mencari data di lapangan.

3. Melakukan uji atau tes laboratorium yang dilakukan para ahli mengenai temuan di lapangan misalnya dalam hal ini menemukan jenis virus apa.

4. Kemudian dilakukan untuk menemukan obat atau ramuan yang cocok untuk menghilangkan virus wabah penyakit tersebut di masyarakat.

Itulah hal hal yang dilakukan sebagai contoh dengan pola pikir, pada pendekatan ilmiah untuk menemukan dan menghilangkan wabah virus penyakit di masyarakat.

Demikain penjelasan dan ulasan mengenai topik pembahasan tentang Ada 2 Pendekatan Ilmiah, Ini Penjelasan dan Contohnya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi diperuntukan kepada kelas X SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !