Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya - Referensi Artikel Sosiologi Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya

Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya

Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya

Sosiologi Info - Sering ada pertanyaan tentang Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini penjelasannya, yang singkat, padat, dan mudah dipahami.

Sejak kelahirannya, ilmu-ilmu sosial tidak memiliki batasan atau definisi pokok bahasan yang bersifat eksakta. 

Artinya, berbeda dengan ilmu eksakta yang rumusnya telah pasti, rumusan dalam ilmu sosial bersifat tidak pasti.

Karena titik beratnya adalah kepada perilaku manusia yang selalu akan berubah dari waktu ke waktu. 

Begitu juga dengan ilmu sosiologi, karena sampai saat ini tidak ada batasan yang pasti dan baku tentang apa yang dimaksud dengan sosoiologi tersebut. 

Nah, untuk memahami lebih dalam lagi mengenai sosiologi itu belajar apa saja, maka kita akan mengulas hal tersebut. Yuk Baca!

Sekilas Tentang Apa Itu Sosiologi

Pernahkah kita menyadari bahwa selama hidup, kita telah menjadi anggota atau bagian dari masyarakat. 

Sejak lahir kita sudah berhubungan dengan orang lain, yaitu keluarga kita. Setelah itu kita mulai berhubungan dengan orang-orang disekitar kita. 

Dan seiring dengan berjalannya waktu, kita mulai menyadari bahwa kita memiliki beberapa persamaan dengan orang lain. 

Selain itu juga semakin menyadari bahwa kita memiliki sifat-sifat khas yang membuat diri kita berbeda dengan orang lain. 

Hal ini merupakan pengetahuan yang bersifat sosiologis yang muncul karena kita ikut serta dalam hubungan sosial yang terjadi dalam masyarakat. 

Oleh karena adanya perbedaan dan persamaan dengan orang lain, sedikit banyak kita memiliki gambaran yang jelas tentang obyek yang kita pelajari yaitu Sosiologi.

Kehidupan manusia senantiasa menyukai dan membutuhkan kehadiran sesamanya. 

Hal ini, membuktikan hakekatnya sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan manusia lain. 

Sosiologi sebagai ilmu menjelaskan bagaimana sosilogi tersebut digunakan sebagai ilmu pengetahuan. 

Secara singkat ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran.

Pengetahuan yang kebenarannya dapat diperiksa ditelaah dengan kritis oleh setiap orang lain yang ingin mengetahuinya. Lalu apa sih yang dimaksud dengan sosiologi tersebut?

Menurut istilah August Comte melalui bukunya Cours de Philisophie Positive beliau menjelaskan bahwa sosiologi berasal dari kata Socius (teman/sesama)  dan Logos (ilmu/cerita). 

Jadi sosiologi adalah bercerita tentang teman atau kawan. 

Sementara itu, menurut Soerjono Soekanto  sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan.

Yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat. 

Sosiologi secara umum, adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat.

Serta berusaha mencari pengertian umum, rasional dan empiris tentang masyarakat. 

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan mengenai pengertian sosiologi adalah ilmu yang  berobjek pada pola-pola hubungan antarmanusia.

Jadi Sosiologi Belajar Apa?

Seperti kita ketahui bahwa masyarakat adalah objek kajian sosiologi. Sosiologi mempelajari hubungan timbal balik antara individu dengan individu.

Individu dengan kelompok dan kelompok yang ada di masyarakat. Setiap masyarakat memiliki pola interaksi yang berbeda-beda. 

Bahkan yang lebih menarik lagi setiap masyarakat memiliki identitas diri yang dijungjung dan dipertahankan. 

Masyarakat yang dapat mengikuti setiap perubahan baik yang ditimbulkan oleh masyarakat itu sendiri atau perubahan yang datang dari luar.

Akan berkembang dengan baik. Tetapi bila masyarakat tidak dapat menerima atau tidak siap menerima perubahan sosial akan mengalami masalah-masalah sosial.

Seperti konflik kekerasan, peperangan, ketidakteraturan sosial dan lain-lain. 

Kondisi demikian menjadikan perkembangan masyarakat semakin kompleks dan menarik untuk dikaji secara khusus. 

Sosiologi adalah ilmu yang khusus mengkaji masyarakat. Para sosiolog berperan memberikan gambaran realitas sosial yang dikaji secara ilmiah.

Dengan metode-metode tertentu guna mendapatkan ilmu pengetahuan. 

Ilmu pengetahuan itu akan dimanfaatkan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. 

Di dalam sosiologi kita akan belajar bagaimana struktur sosial yang ada dalam masyarakat, seperti sruktur sosial yang paling kecil yaitu keluarga. 

Keluarga merupakan sebuah sruktur yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Kesemua struktur tersebut tentunya mempunyai perannya masing-masing. 

Selain itu, sosiologi juga membahas terkait tindakan sosial di manas seperti kata Max weber kalau tindakan sosial tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. 

Dalam sosiologi tindakan tersebut mempunyai makna tersendiri. 

Seperti orang yang sedang bermenung belum tentu dia banyak masalah, mungkin saja dia sedang bosan sehingga berperilaku seperti itu.

Selanjutnya sosiologi juga belajar terkait hubungan antar manusia atau sering kita sebut dengan interaksi sosial. 

Tentunya hubungan tersebut bukan terjadi secara sendirinya, melainkan ada hubungan antar manusia dengan kelompok-kelompoknya. 

Dapat kita contohnya jika kita dalam berinteraksi tentunya kita membutuhkan yang namanya individu lain agar apa yang ingin kita lakukan dapat terealisasikan dengan baik.

Dan di sinilah peran sosiologi dalam mengkaji hal tersebut. Selain itu, sosiologi juga mempelajari pola hubungan sosial yang dikelompokkan.

Dalam sistem pelapisan sosial hierarkis yang menimbulkan kelas sosial, dan juga dikelompokkan ke dalam kelompok sosial secara horizontal.  

Dan juga sosiologi mempelajari tentang perubahan sosial pada pola kehidupan sosial dari waktu ke waktu dan sebagainya yang berpengaruh pada perilaku manusianya. 

Adapaun secara spesifik sosiologi juga belajar tentang sosiologi ekonomi, sosiologi hukum, sosiologi agama, sosiologi kesehatan, sosiologi keluarga dan lain sebagainya.

Dari papan di atas jelas bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan masyarakat. Yang di dalamnya terdapat pola-pola hubungan antarmanusia baik secara individu maupun kelompok.

Serta akibat yang ditimbulkannya berupa nilai dan norma sosial yang dianut oleh anggota masyarakat tersebut. 

Nah, itulah ulasan terkait bidang sosiologi belajar apa, untuk lebih memahami terkait sosiologi.

Maka jangan lupa untuk menyukai sosiologi dan saat hendak masuk ke bangku perkuliahn jangan lupa untuk mengambil jurusan sosiologi.

Penulis Artikel : 

Mahasiwa Sosiologi Universitas Negeri Padang (UNP), Suci Kurnia Putri

Sumber Referensi:

M. Sitorus. (2003)  Berkenalan Dengan Sosiologi 1 Untuk 1 SMU Kelas 2. Erlangga.Jakarta.

Rostini, E. T. (2009). Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas X.

Setiadi, Elly M., and Usman Kolip. Pengantar Sosiologi: Pemahaman fakta dan gejala permasalahan sosial: teori, aplikasi dan pemecahannya. Kencana. 2011

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya
Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya
Bidang Sosiologi Belajar Apa ? Ini Penjelasannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg_dw3qMkSfhDCHoRgzPf3VBtvkcPHjETrxZWVI9-q5gZGJjwTJ8BSR4vXFnFe9B44wMrF-6ZDzOz3MD9gcmgbeLiwPM96TFF34vw2tGMvWdZnohamUE1Sa4IBJKeSclnVEBctrRXkd37htWTMuqzXSggHXhJw9Mr9U22ZKxwJz2yZwGKMEk1YyptGP=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg_dw3qMkSfhDCHoRgzPf3VBtvkcPHjETrxZWVI9-q5gZGJjwTJ8BSR4vXFnFe9B44wMrF-6ZDzOz3MD9gcmgbeLiwPM96TFF34vw2tGMvWdZnohamUE1Sa4IBJKeSclnVEBctrRXkd37htWTMuqzXSggHXhJw9Mr9U22ZKxwJz2yZwGKMEk1YyptGP=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/bidang-sosiologi-belajar-apa-ini-penjelasannya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/bidang-sosiologi-belajar-apa-ini-penjelasannya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy