-->

Contoh Integrasi Sosial Normatif dan Pengertiannya

Contoh Integrasi Sosial Normatif dan Pengertiannya.
Contoh Integrasi Sosial Normatif dan Pengertiannya

Sosiologi Info - Apa saja ya contoh dari integrasi sosial normatif yang ada di kehidupan sehari hari pada lingkungan masyarakat ? 

Simak penjelasan berikut ini beserta dengan pengertiannya, yuk baca dengan seksama agar mudah memahmi materi tentang integrasi sosial. 

Sekilas Memahami Integrasi Sosial

Apa yang teman teman ketahui dan pahami tentang integrasi sosial yang ada di masyarakat ? Nah integrasi sosial adalah proses penyesuaian yang terjadi di masyarakat.

Dimana penyesuaian ini terjadi diantara berbagai unsur unsur yang saling berbeda satu antara lainnya di kehidupan masyarakat tersebut. 

Integrasi sosial juga disebut sebagai suatu dimana keadaan suatu kelompok etnik yang beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap budaya atau kebudayaan mayoritas.

Namun, masih tetap juga menjaga dan mempertahan suatu kebudayaan mereka (masyarakat) secara masing masing satu antara lainnya. 

Menurut Maurice Duverger mengatakan integrasi dibangunnya interdependensi yang mana lebih rapat di antara bagian bagian dari organisme hidup.

Atau antara anggota anggota di dalam suatu masyarakat tersebut. Dimana memang integrasi sosial di dalam masyarakat ini menjadi suatu tujuan, cita cita bersama setiap individu. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pengertian tentang integrasi sosial yang ada di kehidupan sehari hari masyarakat. 

Selanjutnya kita akan membahas singkat mengenai contoh dari integrasi sosial normatif yang menjadi bagian dari bentuk bentuk integrasi sosial.

Bentuk Integrasi Sosial di Masyarakat

Macam atau jenis dari integrasi sosial di kehidupan sehari hari dalam lingkungan masyarakat ada banyak, mulai dari integrasi fungsional, koersif dan normatif. 

Nah pada kesempatan yang baik ini kita hanya akan membahas tentang pengertian dari integrasi sosial normatif dan contohnya di masyarakat. 

Apa saja ? Simak dibawah ini penjelasannya yuk. 

Pengertian integrasi normatif adalah bentuk yang terjadi dan ada di masyarakat, dengan adanya suatu norma yang menjadi konsensus. 

Dimana dengan adanya norma itu dijadikan pedoman untuk melakukan suatu proses hubungan sosial. 

Biasanya berisi perintah, pedoman, larangan, maupun anjuran kepada individu di masyarakat. Agar tindakan, perilaku tidak menyimpang atau selalu di jalan yang baik dan benar. 

Nah dengan adanya norma itu individu yang berbeda beda berada di masyarakat menjadi dipersatukan dan menciptakan kehidupan damai, tentram, harmonis. 

Contohnya di Kehidupan Masyarakat Indonesia

Misalnya bisa kita lihat contohnya pada masyarakat Indonesia, yang terdiri atas berbagai suku, etnis, budaya, adat istiadat, keragaman bahasa, terdiri atas berbagai macam pulau pulau. 

Dimana dengan adanya norma yang disepakati setiap masyarakat akan hidup ajeg, damai, tentram dalam persatuan.

Dan dapat mempersatukan perbedaan yang bisa membuat retak, runtuh, hilangnya integrasi atau membuat perpecahan di masyarakat.

Jika tidak adanya norma yang disepakati tersebut. Contohnya masyarakat Indonesia dipersatukan dengan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 serta norma lainnya.

Kemudian contoh lainnya masyarakat Indonesia dipersatukan dengan kebiasaan akan untuk gotong royong, kerja bakti, bermusyawarah mufakat, yang masih dilakukan.

Khususnya pada masyarakat pedesaan di seluruh Indonesia yang masih memegang norma norma tersebut saat ini. 

Begitu dengan kehidupan yang berbeda beda itu antara individu di lingkungan masyarakat selalu hidup rukun, saling tolong menolong, serta membantu, satu sama lainnya. 

Tidak hanya itu, adanya persatuan yang mempersatukan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, maupun lagu lagu perjuangan yang membuat persatuan.

Nah itulah penjelasan dan ulasan singkat mengenai topik pembahasan tentang Contoh Integrasi Sosial Normatif dan Pengertian di kehidupan sehari hari lingkungan masyarakat. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk peminaran ilmu ilmu sosial kelas 11 yang ditulis oleh Dwi Mulyono

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !