Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi - Referensi Artikel Sosiologi Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi

Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi

Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi

Sosiologi Info - Apa saja contoh dari kepedulian sosial yang ada dalam ajaran Islam, di dunia maya maupun di masa pandemi.

Mau tahu simak penjelasan singkat dan ulasannya beserta dengan contohnya yang sering kita jumpai dalam masyarakat tersebut.

Memahami Kepedulian Sosial

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa Kepedulian merupakan partisipasi yaitu keikutsertaan.

Dimana kata kepedulian berasal dari kata peduli, yang artinya memperhatikan, menghiraukan, mengindahkan. 

Memang sih dalam pengertian kepedulian sosial ini ada banyak makna, serta ragam pandangan yang dipaparkan.

Kepedulian sosial sebuah sikap yang keterhubungan dengan manusia pada umumnya, sebuah empati bagi setiap anggota manusia dalam membantu orang lain atau sesama manusia.

Secara singkat dan sederhana kita bisa memberikan pengertian mengenai kepedulian sosial adalah sikap keterhubungan antara kemanusiaan yang ada di masyarakat pada umumnya.

Ini lah bentuk atau bagian dari empati sosial yang diberikan pada manusia terhadap anggota atau individu yang tergabung di masyarakat. 

Lalu bagaimana perspektif atau pengertian kepedulian sosial dari para ahli dan tokoh yang ada ? Simak dibawah ini ya. 

Baca Disini : Pengertian Kepedulian Sosial Menurut Para Ahli, Tokoh, KBBI, dalam Islam

Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam

Ada beberapa contoh yang bisa kita lihat kepedulian sosial dalam Islam, seperti yang dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Ashr Allah, yang menegaskan bahwa manusia berpotensi.

Berada dalam kerugian, kecuali bila dia memanfaatkan waktunya dengan iman dan amal sholeh. Dimana setiap dari kita pasti tidak akan mau rugi. 

Nah untuk meraih keuntungan, hendaknya memang seseorang menyedekahkan harta yang telah dimilikinya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Islam. 

Misalnya baik itu berupa zakat, infak, sedekah dan wakaf, sesuai dengan yang dijelaskan dalam firman Allah QS. At-Taubah ayat 103 dan QS. Al-Baqarah ayat 264. 

Kemudian, dari Hadits Abu Hurairah ra, dimana ada tujuh golongan yang menapatkan naungan Allah SWT di akhir hari kiamat nanti. 

Diantaranya adalah seseorang yang mengeluarkan sedekah yang mana tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan tangan kanannya (HR. Bukhari Muslim), dilansir Sosiologi Info dari laman kalbar.kemenag.go.id, pada Senin, 06 Desember 2021.

Conothnya seperti :

1. Memberikan sedekah kepada fakir miskin maupun anak yatim piatu yang ada di lingkungan sekitar dan membutuhkan bantuan.

Ada beberapa orang yang sudah tergerak untuk melaksanakan amalan tersebut sebagai wujud dan bentuk dari kepedulian sosial dalam Islam.

2. Membagi nasi kotak atau bungkus kepada orang orang yang membutuhkan ini juga sering dilakukan oleh sebagian orang di jalanan maupun tempat lainnya.

3. Begitu juga dalam hal memberikan sedekah, infak, zakat yang dilakukan seorang muslim kepada orang yang membutuhkan adalah bagian dari kepedulian sosial tersebut.

Itulah sekilas penjelasan perihal contoh dari kepedulian sosial di masyarakat dalam ajaran Islam yang sering kita lihat.

Contoh Kepedulian Sosial di Masa Pandemi

Ada beberapa contoh yang kita lihat dalam kepedulian masyarakat di masa pandemi Covid-19 di Indonesia, mulai dari memberikan bantuan hingga gerakan amal dan sosial lainnya.

1. Adanya perusahaan yang memberikan bantuan masker, alat medis, dan perlengkapan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

2. Adanya gerakan masyarakat secara bersama sama untuk membagikan masker gratis di pasar, lampu merah, dan tempat umum lainnya, guna mengurangi penularan Covid-19.

3. Ada bantuan sosial berupa beras, telor, minyak goreng, dan bantuan makanan untuk di dapur yang diberikan kepada keluarga terdampak Pandemi Covid-19.

Mulai dari bantuan perusahaan, hingga perseorangan yang dikumpulkan menjadi satu wadah untuk disalurkan kepada warga terdampak Pandemi Covid-19.

Itulah sekilas saja contoh kepedulian sosial masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang ada dan bisa kita lihat dalam aktivitas sehari harinya.

Contoh Kepedulian Sosial dalam Dunia Maya

Ada beberapa contoh kepedulian sosial di dalam dunia maya yang bisa kamu lihat dalam aktivitas sehari harinya di masyarakat, yaitu :

1. Ketika ada musibah atau bencana alam yang menimpa masyarakat seperti Gunung Semeru yang erupsi, serentak membuat seseorang melakukan tindakan kepeduliannya.

Yaitu dengan menyebar informasi itu kepada orang lain agar mengetahui musibah tersebut dan secara sadar masyarakat akan tergerak memberikan bantuan.

2. Begitu juga saat banjir menerpa daerah atau wilayah tertentu sontak saja informasi itu menyebar ke jagat maya yang akan, membuat warga net ikut memberikan bantuannya.

Baik berupa donasi uang atau pun memberikan bantuan perlengkapan yang dibutuhkan dilokasi banjir tersebut.

3. Saat seseorang terkena musibah sakit parah, dan ia tidak mendapatkan bantuan atau tidak mempunyai dana untuk berobat.

Maka gerakan di media sosial yang masif dengan menyampaikan informasi yang sebenarnya, maka akan ada donasi yang diberikan oleh masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan, dan pemahaman serta ulasan singkat mengenai topik tentang Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi.

Sumber Referensi :

https://kalbar.kemenag.go.id/en/berita/sedekah-meningkatkan-rasa-syukur-dan-kepedulian-sosial

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi
Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi
Contoh Kepedulian Sosial dalam Islam, Dunia Maya, Masa Pandemi
https://1.bp.blogspot.com/-tQ2QycqAW3Q/Ya11dVqb-ZI/AAAAAAAAGj4/i5l532mO6a844nwuCPS03AEpV4iOpObZQCNcBGAsYHQ/s16000/Contoh%2BKepedulian%2BSosial%2Bdalam%2BIslam%252C%2BDunia%2BMaya%252C%2BMasa%2BPandemi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tQ2QycqAW3Q/Ya11dVqb-ZI/AAAAAAAAGj4/i5l532mO6a844nwuCPS03AEpV4iOpObZQCNcBGAsYHQ/s72-c/Contoh%2BKepedulian%2BSosial%2Bdalam%2BIslam%252C%2BDunia%2BMaya%252C%2BMasa%2BPandemi.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/contoh-kepedulian-sosial-dalam-islam-dunia-maya-masa-pandemi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/contoh-kepedulian-sosial-dalam-islam-dunia-maya-masa-pandemi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy