-->

Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi

Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi, Terbaru
Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi

Sosiologi Info - Apa saja contoh modernisasi di bidang teknologi dan transportasi yang bisa dilihat dalam kehidupan sehari hari masyarakat ?

Nah untuk menjawab itu, silahkan baca ulasan dan penjelasan singkat dibawah ini mengenai topik materi tentang modernisasi. Yuk baca sobat.

Sekilas Mengenal Modernisasi

Bagaimana sih penjelasan mengenai modernisasi ? Khususnya modernisasi yang ada di Indonesia pada bidang teknologi dan transportasi.

Pastinya kita semua pernah menikmati adanya modernisasi pada bidang tersebut, yang sering kita gunakan dalam aktivitas keseharian.

Lalu bagaimana penjelasannya ? Nah sebelum lebih jauh membahas tentang modernisasi di bidang teknologi transportasi, kita harus tahu terlebih dahulu definisi dari modernisasi.

Mengutip dalam buku “Komunikasi Pembangunan Perspektif Modernisasi,” modernisasi menunjukkan beberapa komponen dan urutan yang mempunyai relevansi global. 

Di mana-mana misalnya, urbanisasi cenderung mengurangi buta huruf; berkurangnya buta huruf ini cenderung meningkatkan.

Keterbukaan terhadap media massa yang bergandengan dengan partisipasi ekonomi yang lebih luas dan partisipasi politik. 

Lebih lanjut, dalam artikel ilmiah yang ditulis oleh Ellya Rosana dengan judul “Modernisasi Dalam Perspektif Perubahan Sosial.” 

Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang mana kurang majunya.

Atau kurang berkembangnya ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan yang lebih maju, berkembang, dan makmur. 

Modernisasi tidak sekedar menyangkut aspek yang materiil saja, melainkan juga aspek immaterial seperti pola pikir, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Dari kutipan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa modernisasi adalah peradaban yang sangat kompleks. 

Ia mencakup segala aspek kehidupan masyarakat, baik itu ekonomi, pendidikan, politik, maupun budaya. 

Modernisasi adalah sebuah transformasi kehidupan dari yang sebelumnya kurang berkembang menjadi lebih baik dan terstruktur. 

Modernisasi sangat mengedepankan rasionalitas, literasi, dan teknologi. 

Berbicara tentang teknologi kita sangat merasakan transformasinya dewasa ini, terutama pada saat pandemi Covid-19. 

Dimana masyarakat seluruh Indonesia harus beradaptasi dengan kehidupan baru. Dengan adanya pandemi Covid-19.

Membuat masyarakat seluruh dunia terutama Indonesia harus bisa menggunakan teknologi seperti smartphone, laptop, dan internet. 

Teknologi sangat berguna untuk efisiensi dalam kehidupan, terutama dalam bidang transportasi. 

Teman-teman dapat merasakan perbedaan yang cukup signifikan tentang transportasi antara 2011 dengan 2021 saat ini. 

Satu dekade telah berlalu, untuk memesan tiket pesawat saja, biasanya masyarakat memesan melalui toko yang menjual tiket pesawat. 

Namun sekarang dengan smartphone yang kita miliki, kita bisa memesannya melalui aplikasi jual-beli tiket pesawat seperti traveloka. 

Tidak itu saja, satu dekade yang lalu kita masih merasakan ojek konvensional yang biasa keliling komplek atau nangkring di pengkolan. 

Namun tidak saat ini, kita dapat merasakan perubahannya. 

Tidak perlu keluar dari rumah, cukup dengan smartphone yang kita miliki, kita sudah bisa memesan ojek online melalui aplikasi seperti Gojek, Grab, ataupun Maxim. 

Ojek online yang disebutkan tersebut, tidak hanya menyediakan jasa antar jemput penumpang, namun jasa pelayanannya lebih dari itu. 

Dengan ojek online kita bisa memesan makanan, dengan ojek online kita bisa mengantar paket, dengan ojek online kita bisa melakukan top up uang digital.

Ini hanya baru beberapa saja yang aku contohkan, sebagai bentuk modernisasi di bidang teknologi transportasi. 

Ada begitu banyak modernisasi di bidang transportasi, dari kuda dan delman yang digunakan oleh masyarakat sekarang telah bertransformasi menjadi mobil ataupun truck. 

Yang dulunya gerobak untuk berjualan kaki lima sekarang banyak pedagang menggunakan motor sebagai transportasi untuk berjualan. 

Dengan perkembangan teknologi yang terus berjalan, masyarakat secara tidak langsung maupun langsung.

Dituntut untuk beradaptasi dengan kehidupan yang dituntut untuk menggunakan teknologi. Saya sendiri memiliki pengalaman yang cukup unik mengenai teknologi transportasi ini. 

Jadi sekitar satu tahun yang lalu, aku belum membawa motor untuk pergi kampus. Jadi aku memanfaatkan bus kota atau trans padang sebagai transportasi untuk aku bepergian ke kampus. 

Ketika hendak turun dari halte depan kampus, aku ingin membayar jasa pelayanannya dengan uang cash sebesar Rp.3000. 

Namun mba-mbak karcisnya menolak dengan alasan metode pembayaran cash tidak didukung, dan harus menggunakan kartu Brizzi sebagai metode pembayaran. 

Beruntungnya ada ibu-ibu yang menjadi penumpang yang membayarkan jasa pelayanan aku tersebut. Aku sangat berterimakasih dan menyalami tangan beliau. 

Setelah kejadian tersebut, keesokan harinya aku pergi ke BANK BRI untuk membuat kartu Brizzi. 

Ya itu sedikit sharing experience yang aku alami, dengan kejadian tersebut mengharuskan aku juga harus ikut beradaptasi dengan membuat kartu Brizzi.

Sekian artikel yang aku tulis, itu hanya beberapa dari sekian banyak contoh modernisasi dalam bidang teknologi transportasi. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan singkat mengenai topik tentang Contoh Modernisasi di Bidang Teknologi, Transportasi.

Kamu juga bisa melihat contohnya dari lingkungan tempat tinggal kamu, semoga bermanfaat ya. Terimakasih. 

Penulis Artikel : Mahasiswa Sosiologi Universitas Negeri Padang, Novran Juliandri Bhakti 

Sumber Referensi : 

Hadiyanto. (2014). Komunikasi Pembangunan Perspektif Modernisasi. IPB Press, 74.

Rosana, E., & Dalam, M. (2015). 9. 177402-ID-modernisasi-dalam-perspektif-perubahan-s. 67–82.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !