-->

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi
Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Sosiologi Info - Apa saja dampak negatif adanya globalisasi di berbagai bidang kehidupan sosial masyarakat. Mau tahu ?

Yuk simak penjelasan dan ulasannya berikut ini pada bidang ekonomi, sosial budaya, politik dan teknologi informasi di masyarakat. 

Sekilas Pengertian Globalisasi 

Proses menjadi bagian penting dalam perkembangan dan kemajuan peradaban manusia di dunia. Sebagai makhluk sosial, setiap individu mesti melewati berbagai proses yang ada.

Begitu juga dalam hal globalisasi di lingkungan masyarakat dimana pun berada. Pasti akan menikmati adanya globalisasi.

Beserta dengan pengaruh dan dampaknya, tidak akan bisa terlepaskan dari semuanya itu, bagi kelangsungan kehidupan masyarakat. 

Secara historis globalisasi memang memiliki artian yang sangat luas pengaruhnya bagi suatu kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan teknologi ke seluruh wilayah di dunia. 

Globalisasi adalah suatu himpunan proses global dari berbagai jenis objek yang melibatkan berbagai bidang, aktivitas manusia.

Baik itu objek yang berupa fisik maupun non fisik. Dimana objek objek yang mengalami globalisasi juga prosesnya berbeda-beda. 

Pengertian lain mengenai globalisasi adalah proses bagaimana seluruh dunia di negara manapun dapat menjadi satu kesatuan.

Oleh karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat di masyarakat. 

Adanya kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan kemajuan pada alat transportasi yang ada akibat globalisasi. 

Globalisasi yang terjadi biasanya secara menyeluruh terjadi dalam berbagai bidang atau sektor kehidupan di masyarakat.

Adanya globalisasi juga tidak hanya memberikan dampak positif atau baiknya saja. Ada juga dampak negatif yang timbul atau muncul karena adanya globalisasi, apa saja ?

Simak dibawah ini penjelasan atau beberapa contoh globalisasi dalam bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi. Yuk baca.

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada banyak dampak negatif yang sebenarnya terjadi ketika adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Globalisasi membuat terjadinya hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan industri lokal, karena pasar dunia terbuka luas.

2. Dimana aktivitas dan kegiatan impor yang akan melebihi kegiatan ekspor yang dilakukan oleh suatu negara, untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

3. Makin terlihat dan meningkatnya kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat tersebut

4. Membuat tumbuhnya dan makin meluasnya kapitalisme di kehidupan masyarakat yang memberikan pengaruh serta dampak negatif.

5. Adanya perubahan dalam gaya hidup, dimana seseorang akan mengarah pada budaya luar atau adanya westernisasi.

Itulah beberapa contoh dampak negatif dari adanya globalisasi pada bidang ekonomi yang sering dijumpai di masyarakat. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Politik

Ada banyak dampak negatif yang sebenarnya terjadi ketika adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Semakin berkurang dan hilangnya nasionalisme seseorang akibat adanya pengaruh globalisasi di bidang politik.

2. Masuknya berbagai ideologi yang dengan mudah dan bisa saja diterima oleh sebagian masyarakat sebagai ideologi baru di sebuah negara tersebut.

3. Adanya praktik kotor dengan berbagai cara curang yang dilakukan dalam perebutan kekuasaan di dunia politik.

4. Bisa menimbulkan berbagai konflik antara negara maupun antara wilayah dan daerah yang ada di dunia.

5. Makin bebasnya seseorang untuk bersuara dan tidak ada batasannya lagi

Itulah beberapa contoh dampak negatif dari adanya globalisasi pada bidang politik yang sering dijumpai di masyarakat. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada banyak dampak negatif yang sebenarnya terjadi ketika adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Globalisasi juga dapat memberi pengaruh negatif bagi sikap dan tindakan individu atau masyarakat, yaitu seperti munculnya sikap individualisme, perilaku konsumtif, dan materalisme.

2. Akan dapat melunturkan nilai nilai keagamaan yang sudah ada di masyarakat, karena ada globalisasi, bisa saja akan berubah dan mungkin bisa hilang.

3. Dapat mengakibatkan hilangnya jiwa seni dan kesenian yang telah ada di masyarakat, misalnya dalam hal permainan tradisional, sebut saja permainan gasing, dan lainnya.

4. Dapat merusak moral, nilai dan norma yang ada di masyarakat pada setiap individu yang ada di lingkungan kehidupan manusia tersebut.

5. Semakin pudarnya nilai nilai budaya masyarakat yang telah ada sejak dulu, atau tergerusnya budaya lokal

Itulah beberapa contoh dampak negatif dari adanya globalisasi pada bidang sosial budaya yang sering dijumpai di masyarakat. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Teknologi

Ada banyak dampak negatif yang sebenarnya terjadi ketika adanya globalisasi di lingkungan kehidupan sosial masyarakat, yaitu : 

1. Adanya media sosial dan kemajuan teknolog membuat individu semakin malas karena sudah ada berbagai pelayanan, kemudahan untuk mendapatkan kebutuhan.

2. Makin hilang dan tergerusnya kegiatan serta aktivitas gotong royong yang pudar di lingkungan masyarakat.

3. Individu dalam masyarakat akan lebih bertindak dan mementingkan diri sendiri kian mencuat di kehidupan sosial manusia di dunia.

4. Dengan adanya teknologi membuat ancaman kejahatan kian mudah untuk dilakukan, misalnya dalam kejahatan siber, dan kejahatan pembobolan rekening nasabah, dan lainnya.

5. Individu semakin diperbudak oleh kemudahan dan akses informasi yang cepat menyebar membuat, masyarakat tidak bisa lagi membedakan kebenaran dan kebohongan atau palsu.

Itulah beberapa contoh dampak negatif dari adanya globalisasi pada bidang teknologi yang sering dijumpai di masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan mengenai topik pembahasan perihal Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas XII SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://manajemen.uma.ac.id/2021/10/dampak-globalisasi-di-bidang-pendidikan-beserta-contohnya

https://perpustakaan.bsn.go.id/index.php?p=news&id=1436

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !