Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang - Referensi Artikel Sosiologi Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang

Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya

Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya

Sosiologi Info - Ada yang tahu apa penyebab dari Hilangnya Norma-Norma yang Ada di Masyarakat, secara perlahan itu pasti akan terjadi.

Apakah mungkin karena Dampak Negatif Adanya Globalisasi di Bidang Sosial Budaya, mau tahu ? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Sekilas Mengenal Globalisasi

Siapa sih yang tidak pernah mendengar kata globalisasi pada era teknologi seperti sekarang ini, semua lapisan masyarakat mengenal istilah tersebut. 

Kemajuan yang begitu pesat dicapai oleh beberapa negara dalam berbagai bidang dan sektor kehidupan masyarakatnya. 

Mulai dari kemajuan bidang industri, wisata, ekonomi, budaya dan lainnya.Semuanya bahkan telah merasakan adanya pengaruh dari globalisasi itu sendiri. 

Memang secara singkat pengertian globalisasi ini adalah proses yang terjadi atau integrasi yang terjadi secara internasional atau menyeluruh. 

Karena adanya suatu pertukaran pandangan dunia, baik produk, pemikiran, dan segala aspek kebudayaan masyarakat setempat. 

Bahkan dengan adanya globalisasi juga memberikan dampak, mulai dari dampak positif hingga dampak negatif dari kemajuan globalisasi tersebut.

Adapun wujud dari arus adanya globalisasi di dunia yaitu dengan :

1. Adanya arus etnis

2. Adanya arus teknologi

3. Adanya arus keuangan

4. Adanya arus gagasan dan pendapat

Nah beberapa proses diatas membuka adanya suatu globalisasi di kehidupan sosial masyarakat dalam sehari harinya. 

Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Akibat Globalisasi

Adanya pengaruh dari masuk globalisasi di tengah kehidupan sosial masyarakat telah memberikan dampak negatif.

Yaitu dengan hilangnya atau lunturnya suatu norma norma yang sudah ada di masyarakat tersebut, sebutnya misalnya norma kesusilaan, kesopaan, dan lainnya.

Seakan dengan adanya kemajuan terhadap globalisasi ini membuka peluang budaya lokal yang sudah menjadi kebiasaan hilang begitu saja.

Ya sebenarnya memang tidak hanya dalam bidang sosial budaya, dampak negatif adanya globalisasi juga terjadi di bidang ekonomi, politik, teknologi, dan lainnya. 

Contoh yang nyata dari dampak sosial budaya yaitu semakin pudar, hilangnya nilai dan norma kehidupan bermasyarakat di lingkungan sekitar antara individu maupun antar masyarakat. 

Beberapa contoh dibawah ini hilangnya norma norma dalam masyarakat karena adanya globalisasi yaitu :

1. Akan munculnya sikap individualisme, sikap konsumtif, dan sikap materalistik

2. Akan pudar dan lunturnya nilai dan norma keagamaan di dalam masyarakat tersebut

3. Akan semakin menghilang dan pudarnya nilai nilai suatu budaya setempat atau budaya lokal dengan adanya globalisasi

4. Akan hilang dan musnahnya kesenian tradisional masyarakat akibat adanya globalisasi yang tidak bisa terkontrol oleh masyarakat tersebut

Nah itulah sekilas penjelasan beserta dan contoh di masyarakat perihal topik pembahasan Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Sosial Budaya.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi kelas 12 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial yang ditulis oleh penulis Dwi Mulyono

https://brainly.co.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang
Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang
Hilangnya Norma Norma di Masyarakat Dampak Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya
https://1.bp.blogspot.com/-dydQD9ObZEM/Ya_1OgTvHJI/AAAAAAAAGmo/Vy_tXqPGrUYL4Ki9iqvmJHCD13_eBcZfQCNcBGAsYHQ/s16000/Hilangnya%2BNorma%2BNorma%2Bdi%2BMasyarakat%2BDampak%2BNegatif%2BGlobalisasi%2BBidang%2BSosial%2BBudaya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dydQD9ObZEM/Ya_1OgTvHJI/AAAAAAAAGmo/Vy_tXqPGrUYL4Ki9iqvmJHCD13_eBcZfQCNcBGAsYHQ/s72-c/Hilangnya%2BNorma%2BNorma%2Bdi%2BMasyarakat%2BDampak%2BNegatif%2BGlobalisasi%2BBidang%2BSosial%2BBudaya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/hilangnya-norma-norma-di-masyarakat-dampak-negatif-globalisasi-bidang.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/hilangnya-norma-norma-di-masyarakat-dampak-negatif-globalisasi-bidang.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy