-->

Pengertian Keberagaman dan Contohnya di Masyarakat

Pengertian Keberagaman dan Contohnya di Masyarakat
Pengertian Keberagaman dan Contohnya di Masyarakat

Sosiologi Info - Memahami pengertian keberagaman atau keragaman yang ada di lingkungan masyarakat pada kehidupan sehari harinya.

Mau tahu apa saja definisi yang diberikan dibawah ini dalam melihat keberagaman, simak baik baik ya sobat, yuk baca.

Pengertian Keberagaman di Indonesia

Masyarakat mempunya berbagai keunikan dan kekhasannya sendiri. Hampir semua masyarakat yang tergabung di dalam kelompok, maupun perhimpunan.

Pasti akan mempunyai dan memiliki keberagaman yang ada pada setiap individu atau manusia yang tergabung di dalamnya.


Mulai dari keragaman budaya, adat, bahasa, suku, etnis, dan berbagai jenis keragaman yang berbeda-beda meliputi masyarakat tersebut.

Apalagi di Indonesia yang dengan kemajemukannya, dengan multikulturalnya berbagai masyarakat yang ada.

Telah memberikan ciri khas dari pada keberagaman yang sekarang masih terjadi untuk di Indonesia saja.

Lalu apa sih pengertian dari keberagaman, atau keragaman yang dirasakan pada kehidupan sosial masyarakat pada saat ini ?

Keberagaman menurut KBBI yaitu berasal dari kata ragam yang memiliki pengertian tingkah laku, lagu, musik, langgam, warna, corak, ragi, laras (tata bahasa).

Sehingga keragaman berarti perilah yang beragam ragam, berjenis jenis, perihal ragam, hal jenis. Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat adanya perbedaan.

Perbedaan itu meliputi dalam bidang terutama suku, bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi, adat kesopanan, serta situasi kondisi ekonomi. 

Oleh karena itu, keragaman masyarakat adalah sebuah keadaan, yang menunjukkan perbedaan, yang cukup banyak atau ada jenisnya dalam masyarakat tersebut. 

Lalu apa saja contoh dari keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia yang bisa teman teman lihat. Seperti misalnya keberagaman mengenai suku jawa, suku bali, suku madura, atau etnis, serta berbagai jenis lainnya.

Itulah contoh, namun ada banyak lagi contoh dari keberagaman yang ada pada masyarakat Indonesia dalam kehidupannya, bisa teman teman rasakan deh. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Keberagaman dan Contohnya di Masyarakat.

Sumber Referensi : Buku Sosiologi untuk kelas 11 SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !