Pengertian Konflik Antar Kelompok dan Contoh di Masyarakat

Sosiologi Info -Apa saja pengertian konflik antar kelompok yang pernah terjadi di kehidupan sosial masyarakat sehari harinya ? 

Simak yuk penjelasan dan ulasannya berikut dibawah ini mengenai topik pembahasan diatas agar bisa memahami tentang konflik antar kelompok.

Sekilas Memahami Konflik di Masyarakat

Manusia sebagai makhluk sosial akan menjalankan proses dan hubungan sosial yang saling berinteraksi, bertindak dan melakukan kontak sosial.

Baik antara sesama individu maupun antar sesama kelompok sosial di dalam masyarakat sudah pasti akan memulai semua proses tersebut. 

Nah dalam setiap proses itu sudah pasti mungkin akan terjadinya suatu perselisihan atau konflik diantara masyarakat.

Konflik yang terjadi memang seakan tidak bisa dihindarkan dalam aktivitas sosial masyarakat, karena ia menjadi bagian penting dalam proses sosial tersebut. 

Pengertian konflik menurut Robert M Z Lawang ialah suatu perjuangan untuk dapat memperoleh status, nilai, kekuasaan

Dan dimana tujuannya yang berkonflik hanya untuk memperoleh keuntungan. Tetapi juga untuk menunundukan lawan dalam suatu persaingan. 

Oleh karena itu, konflik di dalam masyarakat memang seakan sukar untuk ditiadakan atau dihilangkan. Konflik pasti akan terjadi di masyarakat. 

Nah, konflik antar kelompok juga sering kita lihat terjadi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sehari harinya. 

Lalu apa sih pengertian dari konflik antar kelompok yang ada di dalam masyarakat itu, sehingga menjadi penting untuk dipelahari, simak contohnya berikut ini ya.

Konflik Antar Kelompok di Masyarakat

Ada banyak berbagai jenis konflik dalam masyarakat, salah satunya yang juga mesti diperhatikan dan perlu adanya upaya pencegahan yaitu konflik antar kelompok.

Konflik atau perselihan dan salah paham yang membuat suatu ketegangan dalam antar kelompok juga sering terjadi.

Oleh karena adanya kesalahpahaman, miskomunikasi, maupun perbedaan-perbedaan yang membuat antar kelompok itu membuat suatu konflik. 

Menurut Hanurawan konflik adalah situasi yang menunjukkan adanya ketidaksesuaian aktivitas, perasaan, tujuan, dan niat yang diantara pihak pihak ada dalam suatu interaksi sosial. 

Sementara itu, konflik kelompok adalah situasi yang menunjukkan adanya ketidaksesuaian aktivitas, perasaan, tujuan, niat yang ada diantara pihak yang berinteraksi dalam suatu kelompok tersebut. 

Konflik antar kelompok adalah konflik diantara dua kelompok atau lebih yang terkait pencapaian atas tujuan masing masing suatu kelompok yang berbeda beda. 

Konflik antar kelompok ini terjadi karena adanya suatu perbedaan pendapat yang mana menyebabkan kedua atau bahkan lebih di masyarakat. 

Begitu juga karena adanya sikap yang ditunjukkan oleh satu kelompok yang tidak suka dan akan mengakibatkan bentrok, berselisih sehingga menimbulkan konflik.

Seperti misalnya sikap satu kelompok yang ingin menang sendiri dan menganggap pendapat mereka paling benar dan sesuai. 

Contohnya misalnya pada kelompok sepakbola a dan b yang tim keduanya sedang bermain. Namun, pada saat usai pertandingan.

Malah keduanya berkonflik akibat adanya suatu perselisihan yang membuat konflik tak bisa terhindarkan lagi. 

Kedua supertor ini yang berujung konflik antar kelompok di masyarakat karena mungkin adanya miskomunikasi atau perbedaan lainnya. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik pembahasan tentang Pengertian Konflik Antar Kelompok dan Contoh di Masyarakat. 

Sumber Referensi :

Buku Pelajaran Sosiologi SMA dan MA kelas 11 pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://fppsi.um.ac.id/konflik-kelompok

https://brainly.co.id