-->

Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya

Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya
Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja tipe dari kelompok sosial yang dipaparkan oleh Emile Durkheim yang ada pada masyarakat di kehidupan sehari harinya ?

Simak penjelasan dan ulasannya berikut dibawah ini beserta dengan contohnya di dalam masyarakat di lingkungannya, yuk baca. 

Mengenal Kelompok Sosial

Apa sih yang kamu pahami mengenai topik materi tentang kelompok sosial yang ada di masyarakat ? Nah dimana setiap individu sudah pasti akan mengikuti suatu kelompok.

Baik itu kelompok sosial yang besar dengan jumlah anggota yang banyak maupun pada kelompok kecil dengan jumlah anggota yang sedikit.

Group atau kelompok adalah suatu kumpulan setiap individu yang berinteraksi dengan satu sama yang lainnya.

Proses interaksi, berhubungan sosial, membentuk struktur dan hal hal lain yang dilakukan oleh suatu kelompok di masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto menjelaskan bahwa kelompok sosial ialah suatu himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama.

Karena adanya hubungan antara mereka secara timbal balik dan saling memberikan atau mempengaruhi satu sama lainnya.

Kelompok sosial bisa dikatakan adalah sebagai sekumpulan orang dimana ia memiliki suatu persamaan ciri, mempunyai pola interaksi yang terorganisir. 

Dimana dilakukan juga secara berulang ulang serta memiliki tingkat kesadaran secara bersama sama dengan setiap anggota dalam kelompok tersebut.

Ada Dua Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim

Ia membagi setidaknya dua tipe kelompok sosial yaitu ada solidaritas mekanik dan ada solidaritas organik. Bagaimana penjelasannya ? Simaka dibawah ini ya.

1. Tipe Kelompok Solidaritas Mekanik

Kehidupan pada tipe kelompok sosial di masyarakat ini lebih kepada ciri hidup yang sederhana. Dimana kehidupan yang secara terpisah dari berbagai bentuk kelompok kecil.

Biasanya kelompok sosial di masyarakat ini tidak ada pembagian kerja maupun bentuk dari spesialisasi, itu tidak terjadi. 

Itu artinya ketika tidak ada pembagian kerja di dalam suatu kelompok masyarakat. Akhirnya semua anggota kelompok mendapatkan beban kerja yang sama secara kolektif.

Contohnya : bisa teman teman lihat di dalam masyarakat pendesaan yang mana pembagian kerja masih belum terjadi secara spesifik.

Yang mana individu nya masih mengerjakan pekerjaan secara seragam atau secara bersama sama sesuai dengan tujuannya.

Mereka biasanya mengerjakan sesuatu hal itu dilakukan dengan cara bergotong royong bersama-sama di dalam kehidupan sosialnya, antara setiap individu.

Seperti gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat di pendesaan, dan contoh lainnya bisa teman teman lihat dan perhatikan ya di lingkungan sekitarnya.

2. Tipe Kelompok  Solidaritas Organik

Kehidupan masyarakat pada tipe kelompok ini dimana untuk melakukan suatu peningkatan yang begitu kompleks, beragam.

Oleh karena adanya suatu pembagian kerja yang dilakukan dan dibentuk secara jelas, terperinci, dan mengikat setiap individu tersebut.

Selanjutnya, keahlian suatu anggota masyarakat akan menempatkan ia pada masing masing posisi di setiap anggota masyarakat. 

Nah dimana pada setiap kelompok atau individunya akan saling mempunyai ketergantungan diantara mereka, satu dengan yang lainnya. 

Pada masing masing pembagian kerja ini yang mana setiap organ memiliki fungsi dan tugas secara sendiri sendiri.

Contohnya : bisa teman teman lihat di dalam masyarakat perkotaan yang berada di kota, akan membagi pembagian kerjanya secara terperinci dan jelas.

Setiap orang akan bertanggungjawab pada pekerjaannya yang sudah diberikan pada pembagian kerja tersebut. 

Setiap orang pun akan merasa saling membutuhkan, dan menjadi ketergantungan satu sama lainnya, sehingga ia harus saling berinteraksi, berkomunikasi.

Seperti yang ada di kantor, perusahaan, maupun di tempat industri usaha lainnya yang ada di masyarakat yang ada pembagian kerjanya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan perihal topik materi tentang Tipe Kelompok Sosial Menurut Emile Durkheim dan Contohnya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi kelas 11 SMA dan MA untuk kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

http://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah/2015/12/13/materi-sosiologi-kelas-xi-pembentukan-kelompok-sosial/

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !