-->

11 Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial, Jelaskan ! Contohnya

Ada 11 Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial, Jelaskan ! Contohnya.
11 Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial, Jelaskan ! Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja ya Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial, Jelaskan dan sebutkan yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih lengkapnya mari simak penjelasan, ulasan dan pembahasan singkat dibawah ini yang sering kita jumpai di masyarakat, beserta contohnya, yuk baca.

Dinamika Sosial di Masyarakat

Proses dan hubungan sosial yang terjadi dan terus dilakukan oleh setiap manusia dalam berbagai aktivitas sehari harinya.

Tentunya menjadi awalan dalam memulai komunikasi dan interaksi serta tindakan sosial yang dilakukan setiap individu tersebut. 

Dalam setiap aktivitas yang dilakukan itu biasanya akan terjadi suatu gejala dan masalah sosial ditimbulkan di masyarakat.

Apa saja ? Misalnya seperti kemiskinan, tindakan kriminal, penipuan, perilaku menyimpang dengan menggunakan obat terlarang, narkoba, dan lainnya. 

Hal hal ini seperti terus menerus dan berulang terjadi mengincar atau akan menimpa orang maupun individu dalam setiap generasi berbeda-beda. 

Dinamika itu akan terjadi dalam setiap aktivitas sosial masyarakat. Apalagi dengan semakin kompleksnya suatu perubahan zaman dan kemajuan di era digital.

Serta perkembangan dan perubahan ekonomi yang pesat dalam masyarakat di era yang serba instan, cepat, dan mudah.

Lalu apa sebenarnya perbedaan mendasar dari suatu gejala sosial dan masalah atau fenomena sosial tersebut ?

Ini biasanya juga sering terjadi di masyarakat dalam kehidupan sehari harinya di lingkungan secara berulang ulang dan terus sili berganti. 

Untuk mengetahui apa saja perbedaan mendasar dari gejala dan masalah atau fenomena sosial, mari simak ulasan dibawah ini ya. 

Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial dan Contohnya

Ada beberapa perbedaan yang menjadi dasar dari suatu gejala sosial dan masalah sosial yang ada di kehidupan masyarakat sehari-hari, yaitu :

Memahami Gejala Sosial

Berikut ini penjelasan untuk memahami gejala sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari hari yang sering kita jumpai, yaitu : 

1. Gejala sosial ialah suatu peristiwa yang terjadi di antara dan dilakukan oleh manusia atau individu, dan kelompok di masyarakat.

2. Perlu diingat bahwa gejala sosial itu bisa terjadi dimana, kapan pun dan selalu akan terjadi baik untuk masyarakat di kota maupun di desa.

3. Gejala sosial dikenal juga dengan sebutan social symptom, dimana gejala sosial dan masalah sosial ialah dua hal yang memang berkaitan, tapi punya perbedaan. 

4. Selanjutnya, ketika gejala sosial itu terjadi terus menerus di masyarakat, maka ini akan membuat terjadi suatu potensi akan menimbulkan masalah sosial atau fenomena. 

5. Gejala sosial itu merupakan suatu gambaran umum yang tentang segala sesuatu dimana dapat mempengaruhi atau dipengaruh dari oleh tindakan, perilaku pada setiap individu.

6. Dimana gejala sosial dapat kita jumpai atau kita temui dalam kehidupan masyarakat jika kita mau melakukan pengamatan dan mengamati suatu kehidupan masyarakat tersebut.

Nah itulah mengenai pemahaman tentang gejala sosial yang sering kita jumpai dalam masyarakat di kehidupan sehari harinya. 

Memahami Masalah atau Fenomena Sosial

Berikut ini penjelasan untuk memahami masalah sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari hari yang sering kita jumpai, yaitu : 

1. Masalah atau fenomena sosial itu merupakan bagian dari gejala atau peristiwa yang dapat kita amati dalam kehidupan masyarakat.

2. Dimana masalah sosial tersebut dapat terjadi dikarenakan memang adanya suatu kejadian yang diluar dari kebiasaan.

Atau aturan nilai dan norma yang dilakukan oleh setiap individu dalam masyarakat. 

3. Masalah sosial juga merupakan suatu kondisi yang mana adanya suatu perbedaan atau kesenjangan mencolok dalam setiap situasi dan kondisi masyarakat. 

4. Dimana untuk kesenjangan itu terjadi karena harapan dan suatu kenyataan dari masyarakat itu sendiri, atau semua orang dalam masyarakat yang tahu bahwa kondisi itu tidak diharapkan.

Karena bertentangan dengan nilai, norma, dan konsensus atau kesepakatan oleh setiap individu atau kelompok dalam masyarakat. 

5. Masalah sosial itu merupakan suatu keadaan yang mana harus dihadapi oleh masyarakat di lingkungannya sehari hari. 

Nah itulah sekilas gambaran penjelasan tentang masalah atau fenomena sosial di masayrakat yang berkaitan dengan gejala sosial. 

Contoh Gejala, Masalah, Fenoman Sosial di Masyarakat

Ada banyak contoh yang akan kamu jumpai. Namun, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas satu saja contoh dari gejala dan masalah sosial yang saling berkaitan, yaitu :

Misalnya ada seorang remaja, pelajar atau mahasiswa yang sering menggunakan narkoba, obat-obatan terlarang. 

Akibat adanya pengaruh dan perubahan yang dilihat melalui media sosial atau internet dengan mengadopsi suatu tayangan film atau negara luar.

Yang bebas dalam mengkonsumsi narkoba, maka pelajar, mahasiswa atau remaja tadi yang sering mengkonsumsi narkoba.

Menyebabkan terjadinya gejala sosial di masyarakat, karena di Indonesia sendiri penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang.

Tanpa adanya anjuran dokter itu dilarang dan bisa terkena hukuman penjara jika ketahui menggunakan dan memakai barang haram tersebut. 

Yang mana nantinya akan membuat masalah sosial atau fenomena sosial meresahkan masyarakat, karena ulah pelajar tadi.

Sering membuat tindakan kriminal, atau tindakan mencuri yang merugikan orang tua, keluarga, dan masyarakat.

Karena sudah ketagihan terus menerus mengkonsumsi narkoba serta obat obatan terlarang tersebut. Itulah sekilas contohnya. 

Oleh karena itu, memang dimana fenomena sosial terjadi ketika adanya suatu perubahan di dalam masyarakat. Nah gejala sosial yang ada di masyarakat itu lah bagian dari masalah sosial.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan serta pembahasan mengenai topik tentang 11 Perbedaan Gejala Sosial dengan Masalah Sosial, Jelaskan ! Contohnya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !