-->

13 Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap NKRI di Bidang Pendidikan

Ada 13 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI di Bidang Pendidikan dalam Masyarakat, Manusia di Bumi.
13 Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI di Bidang Pendidikan

Sosiologi Info - Apa saja pengaruh kemajuan IPTEK terhadap NKRI di Bidang Pendidikan yang ada dalam masyarakat Indonesia ?

Nah mau tahu jawabannya kan, mari simak ulasan, penjelasan, pengertian dari topik pembahasan mengenai pengaruh perkembangan IPTEK, yuk baca. 

Sekilas Memahami Pesatnya IPTEK

Perkembangan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di masyarakat telah membawa peradaban baru.

Berbagai kemudahan dan akses cepat yang memberikan kenyaman di berbagai bidang serta sektor. Mulai dari bidang sosial budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan.

Kemajuan Iptek inilah menjadi dan memberikan pengaruh kepada perkembangan suatu masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkhususnya pada pembahasan kali ini di bidang pendidikan. Apa saja kira kira pengaruh dari kemajuan Iptek terhadap NKRI dalam bidang pendidikan ?

Mari simak aja deh ulasan selengkapnya dibawah ini dengan seksama ya sobat pembaca setia Sosiologi.Info dengan seksama.

Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap NKRI di Bidang Pendidikan

Memang dalam perkembangannya Ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa dampak serta pengaruh bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Lantas apa saja pengaruh itu dalam bidang pendidikan di lingkungan masyarakat ? Mari simak dibawah baik itu pengaruh positif dan negatifnya.

Dampak Positif

Ada beberapa pengaruh positif dalam kemajuan Iptek di bidang pendidikan yaitu sebagai berikut : 

1. Kemunculan Berbagai Media Massa

Perkembangan Iptek telah membawa pada bermunculan banyaknya media massa, baik itu elektronik, online sebagai rujukan.

Atau sumber ilmu referensi bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga pengajar. Sehingga dalam pendidikan.

Makin banyak rujukan bacaan yang bisa dibaca oleh peserta didik untuk menambah wawasan maupun pengembangan keterampilannya tersebut.

2. Akan mudah dan lebih cepat memperoleh informasi

Era digial telah memberikan manusia kemudahan dalam akses berbagai informasi penting di masyarakat melalui bantuan aplikasi media sosial, portal berita. 

Kebutuhan informasi inilah yang memang dibutuhkan semua masyarakat secara akurat dan terbaru baik untuk ditingkat lokal, nasional atau bahkan internasional. 

Masyarakat dapat memperolah informasi politik, ekonomi hanya dengan smartphone saja. Maupun informasi penting lainnya, bisa di dapat dengan mudah.

3. Dengan adanya teknologi yang menawarkan media audio visual beragam

Dalam perkembangannya, saat ini ada banyak materi, informasi dalam dunia pendidikan yang mempermudah peserta didik dalam melihat, mendengarkan.

Dan membaca ilmu pengetahuan di hampir semua bidang. Begitu juga dengan bantuan media audio visual yang sangat interaktif dalam proses pembelajarannya tersebut. 

Semakin menarik dan unik sehingga dapat menarik peserta didik dalam belajar.

4. Akan muncul metode baru dalam pembelajaran 

Kemajuan iptek juga memberikan perubahan dalam hal pembelajaran di ruang kelas. Tida seperti dulu, sekarang pembelajaran juga bisa melalui video.

Dengan berbagai metode pembelajaran baru. Sehingga dapat memudahkan pelajar serta guru untuk saling berinteraksi maupun berkomunikasi dengan baik. 

Dan manfaat lainnya dalam pengembangan metode pembelajaran baru tersebut.

5. Kelas online atau belajar daring yang simpel dan fleksibel

Sekarang, pelajar tidak harus selalu berada di ruang kelas. Siswa juga bisa belajar dimana saja asal ada perlengkapan mendukung, seperti smartphone, laptop, dan jaringan internet. 

Dimana peserta didik bisa belajar online atau daring dengan adanya kemajuan Iptek. Proses belajar antara guru dan murid bisa online. 

Sebut saja contoh di masa pandemi Covid-19 dimana proses belajar mengajar dilangsungkan online, dan jarak jauh.

6. Dapat membuat munculnya inovasi dan kreatifitas baru

Dengan kemajuan Iptek tanpa disadari telah memberikan siswa dan guru melakukan berbagai inovasi dan penemuan baru di pendidikan.

Begitu juga dalam ranah atau ruang mahasiswa antara dosen, juga memberikan sumbangsih dalam pengembangan peradaban manusia di bumi. 

Disinilah juga bagian penting dalam membangun dunia pendidikan dapat bersaing dan memunculkan profesor baru.

7. Pengembangan sains, dunia sosial, dan teknologi yang terus berkembang pesat

Tanpa disadari kemajuan Iptek membuat semakin menariknya, pengembangan dari ilmu pengetahuan sain, sosial, dan pengabungan teknologi.

Dalam penunjang serta pemenuhan kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari harinya di lingkungan masyarakat. 

Itulah beberapa contoh saja dari pengaruh positif Iptek terhadap NKRI dalam bidang pendidikan yang ada dalam masyarakat serta manusia di bumi. 

Dampak Negatif

Ada beberapa pengaruh negatif dalam kemajuan Iptek di bidang pendidikan yaitu sebagai berikut : 

1. Dapat mengurangi terjadinya interaksi sosial secara langsung

Memang sih dalam kemajuan Iptek khususnya di bidang pendidikan dengan adanya belajar online membuat siswa dan guru kurang menjalin komunikasi dan interaksi langsung.

Pasalnya pembelajaran yang sudah dilangsungkan secara daring membuat hal tersebut terjadi di masyarakat.

Disinilah akan mengurangi dalam melakukan interaksi sosial secara langsung. Yang bisa berdampak pada perilaku seorang peserta didik tersebut. 

2. Bisa membuat terjadinya kemerosotan moral 

Kenapa kok gitu ? Nah dengan pesatnya kemajuan teknologi di era digital telah memberikan suatu perubahan. 

Mulai dari perubahan perilaku, tindakan, dan hal lainnya, tentu bisa saja membawa dampak pada suatu kemerosotan moral seorang peserta didik.

Apalagi dia yang telah mengenai media sosial yang dapat dengan mudah mengakses informasi yang berada di luar nilai dan norma di masyarakat Indonesia.

Sebut saja tindakan pergaulan bebas, narkoba, minuman minuman keras, seks bebas, dan dampak negatif lainnya. 

3. Dapat membuat penurunan motivasi dan semangat berprestasi

Tanpa disadari, kemajuan Iptek telah membawa pada menurunnya kualitas seorang peserta didik karena terpengaruh oleh smartphone. 

Dimana mereka tidak bisa memanfaatkan kemudahan dan akses digital tersebut. 

Yang malah digunakan untuk bermain game, media sosial secara berlebihan tanpa mengenal waktu, dan lupa dalam belajar atau mengerjakan tugas sekolah.

Disinilah dapat menimbulkan penurunan dari kualitas pendidikan yang ada di masyarakat sebagai pengaruh kemajuan Iptek terhadap NKRI.

4. Adanya penyalahgunaan teknologi

Kemajuan yang pesat dalam Iptek telah membuat adanya kecurangan atau penyalahgunaan teknologi yang ada di masyarakat. 

Misalnya penyalahgunaan dalam adanya kecurangan saat proses seleksi masuk baik di sekolah maupun di tingkat perguruan tinggi.

Dengan menggunakan perjokian online untuk memudahkan agar diterima. 

Atau untuk memudahkan dan membantu dalam ujian dengan teknologi secara diam diam bisa dilakukan. 

Dimana sistem yang ada diakali untuk kepentingan pribadi seseorang tersebut.

5. Peserta didik atau siswa akan senang dengan budaya instan

Kemudahan akses informasi telah membuat sebagain murid ingin yang serba cepat, instan dan mempermudah dirinya.

Budaya malas dan budaya tidak disiplin pun akan dipelihara menjadi habitus seseorang siswa di era digital saat sekarang.

6. Penerimaan budaya barat yang negatif bisa mudah masuk

Bantuan media sosial yang canggih membuat pelajar mudah dalam mengakses berbagai video, informasi tentang kebudayaan barat.

Dimana ada sebagain budaya barat atau luar negeri yang bertentangan di Indonesia dan tidak sesuai dengan nilai, norma.

Namun, masih saja ditiru dan dilaksanakan dalam kehidupan pelajar tersebut. Misalnya berpakaian kurang sopan, atau serba terbuka dengan memperlihatkan tubuhnya.

Baik di media sosial maupun dalam lingkungan masyarakatnya. Yang mana itu sebenarnya bertentangan terhadap nilai dan norma yang sudah menjadi konsensus. 

Tapi tetap saja dilanggar oleh sebagian pelajar di Indonesia. Inilah yang menjadi kekhawatiran banyak pihak akan tergerusnya budaya lokal.

Itulah beberapa contoh saja dari pengaruh positif Iptek terhadap NKRI dalam bidang pendidikan yang ada dalam masyarakat serta manusia di bumi. 

Dengan demikian perkembangan kemajuan Iptek memang memberikan 13 pengaruh terhadap NKRI khsusunya di bidang pendidikan dalam masyarakat atau manusia di bumi. 

Sumber Referensi Sosiologi Info : 

Modul Pembelaran SMA PPKn Kelas 12 | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020 } PDF https://www.smaykbbbleles.sch.id/

https://www.merdeka.com/teknologi/ketika-teknologi-digunakan-untuk-curangi-sistem-pendidikan-tekmatis.html

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !