16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi - Referensi Artikel Sosiologi 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi

Ada 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi.

10 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi

Sosiologi Info - Apa saja Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) di Bidang Ekonomi yang ada di kehidupan masyarakat sehari hari ?

Nah untuk menjawabnya mari simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini mengenai topik diatas, yuk baca dengan seksama. 

Sekilas Memahami Kemajuan Iptek di Masyarakat

Semakin berkembangnya zaman di era digital ini telah memberikan kehidupan yang baru bagi keberlangsungan masyarakat itu sendiri.

Berbagai kemudahan akses dan fasilitas yang diberikan dalam menunjang kegiatan masyarakat saat era digital kian pesat.

Serta semakin dibutuhkan oleh banyak bidang dan aspek kehidupan. Sebut saja dalam bidang ekonomi. Dimana dapat memberikan kemudahan untuk melakukan jual beli.

Bertransaksi, serta melakukan pengiriman dan pengelolaan produk untuk dijual dalam pasar baik lokal, nasional maupun secara global atau luas di masyarakat dunia.

Namun, tanpa kita sadari, ternyata kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memberikan dampak kepada keberlangsungan masyarakat itu.

Apa saja dampak yang timbul akibat terjadinya kemajuan iptek ? Simak penjelasan dan ulasan singkatnya dibawah ini ya.

Dampak Kemajuan atau Perkembangan Iptek di Bidang Ekonomi

Ada beberapa dampak yang bisa kita lihat dalam kehidupan masyarakat perihal kemajuan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terutama pada bidang ekonomi, yaitu :

Dampak Positif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung tanpa kita sadari telah memberikan dampak baik terhadap kemajuan bidang ekonomi, yaitu :

1. Dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan seluas luasnya

2. Dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan atau masuknya investasi di negara tersebut. Misalnya saja contoh di Indonesia sendiri. 

3. Adanya penambahan atau membentuk suatu keterampilan baru dan pengetahuan baru yang dimiliki oleh setiap orang dalam persaingan di dunia industri dan ekonomi di masyarakat. 

4. Semakin marak dan berkembangnya dunia digital dengan adanya internet banking, sms banking di perbankan.

Dan muncul banyak star-up jualan online atau e-commerce di Indonesia, sebut saja Shopee, Bukalapak, dan banyak lagi.

5. Nah dimana pada produktivitas dunia industri semakin meningkat perkembangan teknologi, maka akan meningkatkan kemampuan produktivitas dalam dunia industri itu sendiri. 

6. Dapat memberikan kemudahan dalam pendistribusian barang dagangan, dimana bisa dikirim keseluruh daerah yang membutuhkan produk tersebut.

Dengan inilah dapat mempercepat distribusi barang, serta dapat dengan cepat produk barang yang dikirim sampai kepada tangan konsumen.

Kamu bisa lihat lah kita bisa dengan mudah membeli barang dari luar negeri, dan sampai di Indonesia, begitu juga dalam pendistribusian barang dari daerah ke daerah lainnya.

7. Memudahkan konsumsen atau pembeli dalam mencari dan menemukan kebutuhan yang diinginkan dalam pemenuhan kebutuhan sehari harinya di dalam keluarga.

Maupun dalam lingkungan luas di masyarakat di kehidupan sehari harinya. Jadi lebih mudah, fleksibel dan praktis.

8. Akan dapat memberikan dan menambah nilai guna suatu barang yang akan diperjual belikan kepada masyarakat secara luas. 

Tidak hanya barang atau produk saja, melainkan bisa juga dalam hal jasa juga bisa dilakukan dan ditambah nilai guna serta manfaatnya.

Dampak Negatif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung tanpa kita sadari telah memberikan dampak buruk atau negatif terhadap kemajuan bidang ekonomi, yaitu :

1. Tentu akan ada aksi tipu dan menipu yang dilakukan secara online kepada konsumen saat jual beli atau pun dalam transaksi. 

Dimana hal ini akan memberikan kerugian tersendiri bagi setiap pihak yang bersangkutan. Misalnya deh teman teman lihat dalam arisan online yang bodong.

Penipuan investasi online, dan masih banyak lagi kasus yang merugikan banyak orang dalam ekonomi yang sering terjadi di masyarakat. 

2. Akan membuat terjadinya pengangguran yang terjadi pada tenaga kerja yang tidak memiliki keterampilan baru.

Atau kualifikasi tertentu yang dibutuhkan perusahaan atau dunia industri tersebut. Nah dengan demikian, jika seseorang tidak dapat menyesuaikan kebutuhan.

Dan peluang dalam perekonomian, maka ini akan menjadi bencana serius khususnya meningkatkan pengangguran di Indonesia. 

3. Kemudian, semakin meningkatnya budaya dan sifat konsumtif yang ada di dalam kehidupan masyarakat. 

Dimana hal ini sebagai akibat dari ketatnya kompetisi di era global. Sebut saja termakan gengsi yang tinggi.

Sehingga sering boros, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan kebanyakan ingin hal hal yang cepat dan instan dalam mencari jalan pintas.

4. Akan muncul banyak tempat judi baru yang dilakukan secara online tanpa harus datang ke lokasi atau tempat perjudian.

5. Terjadinya resistensi saat melakukan transaksi online oleh sebagian masyarakat. Apalagi bagi warga yang awam.

Mereka akan merasakan ketakutan akan pembayaran yang telah dilakukan, apakah barang akan dikirim dan sampai di lokasinya. 

6. Semakin menipis atau berkurangnya sumber daya alam yang ada di setiap negara karena terus dilakukan eksplotiasi. Sebut saja seperti tambah, migas, batubara, dan sejenisnya.

7. Menimbulkan banyak polusi dan pencemaran lingkungan akibat asap pubrik dan limbah pubrik yang dibuang di sungai atau laut.

Yang tentunya akan membuat habitat terganggu dan bisa membuat punah habitat tertentu karena terus dicemari lingkungan yang tidak sehat lagi. 

8. Sering terjadi suatu pembobolan yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab dan merugikan masyarakat itu sendiri.

Misalnya saja kejahatan cyber, bisa membobol rekening online milik nasabah atau mengambil dan mencuri uang secara online dilakukan oleh oknum.

Yang mana ia pandai dalam melakukan kejahatan cyber tersebut. Akibat adanya kemajuan Iptek tersebut di masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai topik materi tentang 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi. 

Sumber Referensi Bacaan :

http://repositori.kemdikbud.go.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi
16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi
Ada 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjPSIXDR0WSPs8TCcDvoi7LVG1zS3ucayKf6Gg50ErRDaIjooC2HcVebd_WyYXMb7_sSBNdur-X6NTH-SmE0TIyaTlwI0kZcmt-1laZTZ823fWiRsn9vAGEPWHOHFaG17KYcBvkVaZf3wCL61_iqVfW5dGeIIQJ3mITkqF4zy8uzxTlQAHcemET1YIW=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjPSIXDR0WSPs8TCcDvoi7LVG1zS3ucayKf6Gg50ErRDaIjooC2HcVebd_WyYXMb7_sSBNdur-X6NTH-SmE0TIyaTlwI0kZcmt-1laZTZ823fWiRsn9vAGEPWHOHFaG17KYcBvkVaZf3wCL61_iqVfW5dGeIIQJ3mITkqF4zy8uzxTlQAHcemET1YIW=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/16-dampak-positif-dan-negatif-kemajuan-iptek-di-bidang-ekonomi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/16-dampak-positif-dan-negatif-kemajuan-iptek-di-bidang-ekonomi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy