-->

5 Contoh Integrasi Sosial dalam Organisasi di Masyarakat

Ada 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Organisasi di Masyarakat.
5 Contoh Integrasi Sosial dalam Organisasi di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja contoh dari integrasi sosial di dalam lingkungan organisasi yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya ?

Nah untuk menjawab topik materi diatas, yuk simak pembahasan dan ulasan beserta dengan pemahaman contohnya. Yuk baca.

Sekilas Mengenal Pengertian Integrasi Sosial

Setiap individu yang tergabung di dalam masyarakat maupun dalam organisasi. Punya kebiasaan untuk selalu hidup berkelompok.

Tidak hanya itu, individu yang tergabung dalam organisasi juga mempunya suatu tujuan tertentu dan secara bersama-sama dilakukan.

Guna mencapai tujuan dari visi dan misi yang sudah direncakan pada setiap keputusan dan kesepakatan yang telah diambil.

Individu yang tergabung dalam organisasi pun biasanya beragam dari mulai perbedaan etnis, suku, budaya, adat, dan lainnya.

Yang terkumpul menjadi satu kesatuan untuk saling menguatkan dalam proses mencapai tujuan. Serta adanya kebersamaan yang membuat kuatnya suatu hubungan sosialnya.

Proses untuk mencapai integrasi sosial yang ada di dalam masyarakat, mestinya dilakukan guna menjaga proses, dan hubungan baik yang terjalin sesama anggotanya.

Lalu apa sih pengertian dari integrasi sosial ? 

Menurut Idianto Muin menjelaskan bahwa integrasi sosial ialah proses penyesuaian di antara unsur unsur yang berbeda-beda di dalam kehidupan bermasyarakat yang ada tersebut. 

Selanjutnya, kata Baton mengungkapkan, integrasi sosial adalah suatu integrasi sebagai pola hubungan yang mengakui adanya suatu perbedaan-perbedaan ras dalam masyarakat. 

Tetapi, tidak memberikan suatu fungsi penting pada perbedaan dalam sebuah ras tersebut. 

Kemudian, William F Ogburn dan Mayer Nimkoff mengatakan integrasi sosial akan terbentuk jika sebagian besar anggota masyarakat tersebut sepakat atau mengatakan konsensus. 

Dalam hal ini mengenai struktur masyarakat yang dibangun, merasa berhasil saling mengisi kebutuhan kebutuhan diantara mereka.

Bisa menjalankan norma dan nilai yang telah dibangun dengan cukup lama dan konsisten. Nah itulah sekilas memahami pengertian dari integrasi sosial.

Integrasi Sosial dalam Lingkungan Organisasi

Ada beberapa contoh yang bisa teman teman lihat untuk dapat mewujudkan suatu integrasi di dalam lingkungan organisasi di masyarakat, yaitu sebagai berikut : 

1. Menghargai dan menghormati perbedaan baik etnis, suku, agama, adat istiadat, dan lainnya.

2. Terbuka dalam melakukan musyawarah atau diskusi sesama anggota internal dari organisasi tersebut. 

3. Setiap anggota dan pemimpin atau ketua, dan jajaran pengurus inti tidak sombong, dan tidak angkuh dalam memimpin suatu organisasi tersebut.

Dengan demikian, sikap yang ramah tamah, mengayomi, dan bersikap bijaksana menjadi cara untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam organisasi tersebut.

4. Saling tolong menolong antar sesama anggota, dan pimpinan kepada anggota yang adanya hubungan timbal balik.

5. Selalu menjalin silahturahmi antar sesama anggota di dalam organisasi tersebut, sehingga akan terciptanya dan terwujudnya rasa saling memiliki satu sama lainnya. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan tentang topik Ada 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Organisasi di Masyarakat.

Sumber Referensi : 

Buku pelajaran Sosiologi Kelas 11 untuk SMA dan MA pada kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial penulisnya Dwi Mulyono

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !