-->

6 Karakteristik Masyarakat Majemuk Multikultural Menurut Pierre L Van den Berghe

Ada 6 Karakteristik Masyarakat Majemuk Multikultural Menurut Pierre L Van den Berghe.
6 Karakteristik Masyarakat Majemuk Multikultural Menurut Pierre L Van den Berghe

Sosiologi Info - Apa saja Karakteristik Masyarakat Majemuk Menurut Pierre L Van den Berghe, setidaknya ada enam.

Nah untuk mengetahuinya silahkan baca pembahasan singkat dibawah ini, untuk memahami karakteristik masyarakat multikultural tersebut, yuk baca. 

Sekilas Memahami Masyarakat Majemuk

Sudah dari dulu masyarakat di Indonesia itu berbeda-beda, mulai dari perbedaan etnis, suku, agama, kebudayaan, hingga adat istiadat yang berbeda juga.

Oleh karena itu, Indonesia menjadi negara dengan kemajemukan yang sangat begitu kompleks dan dinamis dalam kehidupan bermasyarakat sehari harinya.


Disinilah masyarakat multikultural dapat diartikan sebagai keragaman atau perbedaan yang terhadapat suatu kebudayaan dengan kebudayaan lainnya. 

Dengan adanya keberagaman inilah membuat Indonesia terkenal di mata dunai sebagai masyarakat yang dapat hidup berdampingan.

Meskipun adanya perbedaan yang bisa saja membuat terjadinya suatu konflik dan pertentangan di masyarakat, karena adanya perbedaan tersebut. 

Menurut Dr Nasikun menjelaskan bahwa masyarakat majemuk adalah suatu masyarakat yang menganut berbagai sistem nilai yang dianut oleh berbagai kesatuan sosial.

Yang menjadi bagian bagiannya adalah sedemikian rupa sehingga dimana para anggota masyarakat kurang memiliki loyalitas terhadap masyarakat sebagai suatu keseluruhan.

Kurangnya memiliki homogenitas terhadap kebudayaan, maupun bahkan kurangnya memiliki dasar dasar untuk saling memahami satu sama lainnya. 

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan perihal topik materi tentang masyarakat multikultural. 

Lalu apa sih karakteristik dari masyarakat majemuk atau masyarakat multikultural itu ? Simak dibawah ini menurut ahli atau tokoh.

Karakteristik Masyarakat Multikultural atau Majemuk

Ada beberapa ciri dari masyarakat yang beragam atau sering kita sebut majemuk dan multikultural. Nah dalam hal ini menurut pandangan ahli atau tokoh Piere L Van den Berghe.

Apa saja ciri dan karakteristik itu ? Simak penjelasannya dibawah ini yaitu sebagai berikut :

1. Adanya suatu dominasi politik pada suatu kelompok atas atau terhadap kelompok yang lainnya di masyarakat tersebut.

2. Dimana secara relatif integrasi sosial itu tumbuh, namun karena adanya atau diatas paksaan serta saling ketergantungan secara ekonomi.

3. Dimana mempunyai struktur yang terbagi ke dalam lembaga non-komplementer

4. Nah kurangnya mengembangkan suatu konsensus atau kesepakatan diantara anggota terhadap suatu nilai yang bersifat mendasar tersebut. 

5. Adanya terjadi segmentasi ke dalam kelompok sub-budaya yang mana saling berbeda beda tersebut di masyarakat. 

6. Memang terkadang secara relatif sering juga mengalamai suatu konflik diantara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai topik artikel tentang 6 Karakteristik Masyarakat Majemuk Multikultural Menurut Pierre L Van den Berghe.

Sumber Bacaan :

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk Kelas 11 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya yaitu Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !