-->

7 Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK

Ada 7 Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK terhadap NKRI di Masyarakat Indonesia, oleh Warga Negara, Pelajar, Siswa.
7 Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK

Sosiologi Info - Jelaskan dan berikan contoh dari sikap tanggung jawab terhadap perkembangan atau kemajuan IPTEK yang ada di masyarakat Indonesia.

Mulai dari warga negara, pelajar, dan siswa yang ada di dalam kehidupan manusia di bumi. 

Mari simak ulasan dan pembahasannya dibawah ini agar dapat memahami dengan mudah, sikap tanggung jawab terhadap kemajuan IPTEK di kehidupan manusia di bumi. Yuk baca.

Sekilas Mengenal Kemajuan IPTEK di Masyarakat

Perkembangan akan kemajuan suatu IPTEK di kehidupan manusia bumi menjadi penting untuk meneruskan peradaban yang terus bergerak.

Awalnya manusia yang hidup serba tradisional mengarah kepada kehidupan yang modern. Bahkan di abad 20 an ini teknologi seakan menjadi bagian penting kehidupan masyarakat.

Mulai dari munculnya smartphone dan jaringan internet yang dapat dengan mudah memberikan akses informasi kepada khalayak dimana pun ia berada.

Mau berada di desa, kampung, kota, daerah terpencil pun jika ada disana jaringan internet dan hp maupun laptop sebagai pendukung.

Maka disana juga akan mendapatkan kebermanfaatan dalam kemajuan Iptek di masyarakat. Dalam perkembangan IPTEK perlunya manusia untuk bijak.

Dalam artinya pengembangan Iptek diperlukan oleh setiap manusia, namun dalam pelaksanaannya mesti memperhatikan sikap etis dan bijak.

Dengan adanya kemajuan Iptek bukan tidak mungkin memberikan dampak negatif, karena tidak hanya dampak atau pengaruh positif saja dari kemajuan Iptek yang dirasakan manusia. 

Nah agar tidak membuat permasalahan dalam pengembangan Iptek maka perlu memiliki sikap tanggung jawab etis oleh setiap orang yang melakukan dan menggunakan maupun menerapkan Iptek di kehidupan masyarakat sekitarnya tersebut.

Nah lantas apa saja sikap tanggung jawab dalam pengembangan atau terhadap kemajuan IPTEK di masyarakat terkhususnya yang ada di Indonesia ?

Coba kita sama sama menyimak penjelasan dan ulasan untuk pembahasan topik tentang materi diatas, yuk baca terus.

Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK

Ada beberapa sikap tanggung jawab yang dalam pengembangan dan kemajuan IPTEK sudah seharusnya dipegang untuk menjadi kewajiban.

Agar pengembangan IPTEK memberikan manfaat bagi keberlangsungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Lantas apa saja sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK yang sesuai dengan Pancasila, UUD NRI 1945, dan sesuai dengan nilai, norma di masyarakat.

Kemudian untuk selanjutnya, bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan IPTEK di masyarakat sehari harinya ?

Mari simak penjelasan dan ulasan untuk membahas topik diatas agar dapat memahaminya dengan baik, sebagai berikut :

1. Landasan Dasar Pancasila Bangsa Indonesia

Terkhususnya bagi bangsa Indonesia, dimana dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK di masayrakat perlu mengingat akan landasan dasar dan ideal.

Dimana landasan dasar itu dimaksud adalah Pancasila, kenapa begitu ya ?

Hal ini ada kaitannya, kemajuan Iptek terhadap Pancasila yang terdapat pada Sila Pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Disinilah yang sebenarnya sudah memberikan peringatan kepada manusia. Dimana ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia yang memang berasal dari Tuhan. 

Alam semesta ini ialah suatu objek kajian ilmu pengetahuan. Misalnya contoh, dimana sejak dulu Tuhan sudah menciptakan benda yang berat jenisnya.

Kurang dari satu akan terapung di air. Prinsip inilah yang kemudian ditemukan oleh manusia. 

Dimana Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan alam semesta ini untuk kemaslahatan kehidupan manusia di bumi. 

Oleh karena itu, perlu menyadari bahwa setiap manusia khsusunya di Indonesia dalam mengembangkan dan melaksanakan Iptek. 

Mesti sudah selayaknya untuk selalu mengingat ajaran ajaran dan perintah Tuhan. 

Dengan demikian, Iptek dikembangkan dan dilaksanakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia, bukan untuk melakukan tindakan kejahatan.

Begitu juga tidak untuk melakukan penyiksaan, maupun mencelakakan orang lain atau manusia di dalam masyarakat tersebut.

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK yang perlu dikedepankan oleh warga negara, pelajar, dan siswa.

2. Landasan Ideal Konstitusional UUD NRI Tahun 1945

Tidak hanya memperhatikan dan mengingat akan adanya landasan dasar. Perlu juga dilaksanakan yaitu landasan konstitusional yakni UUD NRI Tahun 1945. Kenapa begitu ?

Dalam amanat UUD NRI 1945 mengatakan bahwa tujuan nasional yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Tidak hanya itu, dimana untuk bumi, air serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara. 

Yang mana dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Oleh karena itulah, upaya dalam memanfaatkan, dan mengembangkan serta menguasai Iptek untuk selalu dapat meningkatkan kecerdasan manusia.

Meningkatkan pertambahan nilai barang, dan jasa. Maupun dalam untuk kesejahteraan masyarakat melalui adanya percepatan industrialisasi.

Dimana sebagai bagian dari adanya pembangunan berkelanjutan. Nah dari sekilas penjelasan diatas mengenai amanat UUD NRI Tahun 1945.

Dimana bahwa memang dalam pengembangan, pemanfaatan Iptek untuk dapat meningkatkan kecerdasan, kesejahteraan masyarakat secara lahir batin. 

Dengan tetap mempertimbangkan kondisi lingkungan dan sosial dimana masyarakat itu tinggal. Dengan artian, bahwa pengembangan dan pemanfaatan Iptek di Indonesia tidak bebas terhadap nilai.

Namun tetap harus mempertimbangkan kondisi lingkungan, nilai, norma sosial di masyarakat yang berlaku. Dan juga bagaimana agama yang ada di masyarakat Indonesia tersebut. 

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

3. Memiliki Kearifan dan Berpegang Teguh dalam Prinsip Moral

Memang menjadi bagian penting untuk dilakukan dalam pengembangan maupun pemanfaatan serta pelaksanaan dari Kemajuan Iptek di masyarakat.

Yaitu berpegang teguh pada kearifan lokal dan prinsip moral, yang telah ada di kehidupan masyarakat. 

Disini agar kemajuan Iptek itu tidak merusak lingkungan hidup yang biasanya menjadi penopang kehidupan manusia.

Memang menjadi kekhawatiran banyak pihak, jika kemajuan Iptek tidak dibarengi dengan kearifan lokal maupun prinsip prinsip moral.

Maka kecenderungan untuk dapat merusak lingkungan dengan adanya kemajuan Iptek akan lebih terbuka lebar terjadi di kehidupan masyarakat. 

Misalnya contoh, adanya dinamit dan bahan peledak untuk digunakan dalam mencari maupun menangkap ikan di laut, sungai. 

Tentunya cara itu akan mengakibatkan rusaknya habitat maupun lingkungan. Ataupun contoh lainnya misalnya menggunakan nuklir dan bahan peledak sejenisnya. 

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

4. Adanya Etika dan Rasa Tanggung Jawab

Setiap orang atau manusia yang mengembangkan dan melaksanakan penerapan dari IPTEK mestinya memperhatikan etika dan rasa tanggung jawab.

Maksudnya, etika disini dalam pegertia luas, baik itu etika keilmuan, etika sosial kemanusiaan dan etia moral. 

Nah dari etika keilmuan bahwa dalam pengembangan Iptek harusnya berdasarkan pada metode keilmuan dengan langkah langkah yang sistematis dan bersifat objektif. 

Dimana manusia itu mempelajari gejala alam yang apa adanya dengan tujuan yaitu dapat mengungkapkan rahasia alam.

Serta menciptakan peralatan untuk bisa mengontrol gejala yang ada sesuai dengan hukum alam di masyarakat tersebut. 

Kemudian, sebuah ilmu dapat bebas nilai, yang mempunyai arti tanpa pamrih dan tidak ada memihak siapa pun. 

Namun, dari segi aksiologis, penerapan dan pemanfaatan hasil Iptek juga harus dapat mengingat kepada etika sosial kemanusiaan maupun etika moral.

Nah disinilah memang Iptek itu tidak bebas nilai. 

Oleh karena itu, di dalam memanfaatkan Iptek manusia memang perlu mengingat akan nilai nilai kemanusian yang ada dalam masyarakat. 

Begitu juga norma norma yang ada untuk selalu menjadi pengingat atau nilai nilai keagamaan masyarakat setempat yang ada disana.

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

5. Dua Pembagian yang Sistematis

Kemudian, dalam segi agama, etika dan tujuan dari pengembangan Iptek. Dimana secara sistematis dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu : 

Pertama, untuk dapat membantu manusia dalam mendekatkan diri kepada Tuhan. Berbagai penelitian yang dilakukan manusia. 

Begitu juga eksperimen yang dilaksanakan. Memang pada hakikatnya yaitu untuk memahami dan ingin mencari kebenaran ilmu serta hukum Tuhan di alam atau di bumi.

Dimana akan membuat orang yang semakin paham tentang alam semesta. Ini tentu menjadi kagum, yakin terhadap kebesaran maupun kemahakuasaan Tuhan itu sendiri. 

Kedua, dimana untuk membantu manusia dalam melaksanakan tugasnya yaitu membangun bumi dan alam semesta yang sebagai Ciptaan Tuhan. 

Dengan adanya pengembangan Iptek, maka akan diciptakannya berbagai perangkat dimana dapat mempermudah berbagai aktivitas kehidupan manusia, dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

6. Pengembangan IPTEK yang Dilakukan Memperhatikan Nilai Guna

Pengembangan dari kemajuan Iptek yang akan sepenuhnya digunakan oleh manusia, warga negara, pelajar dan siswa maka penting untuk memperhatikan nilai guna.

Dari pengembangan Iptek yang hendak dilakukan tersebut. Misalnya dapat meringankan beban kerja manusia dalam kegiatan pekerjaan sehari hari.

Atau dapat menciptakan efisiensi waktu, tenaga, serta dapat menciptakan rasa aman bagi manusia itu sendiri. 

Dengan demikian, adanya efektifitas ini dengan bantuan pengembangan teknologi dapat menolong dan membantu kegiatan manusia demi mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

7. Meminimalisir Dampak Negatif

Pengembangan Iptek yang dilakukan manusia sudah sewajibnya mesti memperhatikan dan meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. 

Tujuannya agar tidak ada masalah baru yang membuat manusia itu dirugikan serta agar tidak membuat kerusakan di dalam kehidupan masyarakat.

Setiap warga negara yang ada di bumi khususnya di Indonesia.

Nah itulah Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK di masyarakat yang mesti dipegang teguh bagi warga negara, pelajar, dan siswa.

Demikianlah pembahasan dan ulasan singkat mengenai topik materi 7 Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK yang mesti dipegang teguh oleh warga negara, pelajar, siswa.

Sumber Rujukan Bacaan Sosiologi.info : 

FILE PDF BΑB 3 Pengαruh Kemαjuαn IPTEK Terhαdαp Negαrα Kesαtuαn Republik Indonesiα | https://sumberbelαjαr.seαmolec.org

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !