9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan - Referensi Artikel Sosiologi 9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan

Ada 9 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan.

9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan

Sosiologi Info - Apa saja ya Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) di Bidang Pertahanan Keamanan yang ada di kehidupan masyarakat sehari-hari ?

Nah untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan dan pembahasan berikut ini mengenai topik diatas, agar paham, yuk baca.

Sekilas Memahami Kemajuan Iptek di Masyarakat

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang kian berkembang di masyarakat. Tentunya juga akan memberikan pengaruh kepada pertahanan dan keamanan suatu negara. 

Bagaimana negara bisa melindungi masyarakatnya dari serangan musuh dan lawan yang era digital ini terus mengintai masyarakat dunia. Terkhususnya di Indonesia. 

Serangan serangan cyber pun mulai masuk langsung ke ranah privasi melalui smarphone maupun aplikasi digital yang dimiliki setiap warga di Indonesia.

Ini juga menjadi bagian penting dalam pertahanan keamanan suatu negara. Indonesia sendiri dalam sejarah pertahanan keamanan bermula pada tahun 1945. 

Dimana telah memberikan pengalaman yang berharga dan nilai perjuangan yang penting dihimpun serta disusun dalam suatu konsepsi pertahanan keamanan yang tangguh.

Dan serta ampuh, cepat, dan mumpuni. Disinilah bagaimana upaya dalam pertahanan keamanan suatu negara berdasarkan falsafah bangsa, ideologi bangsa.

Serta dasar dan undang undang dasar yang ada di Indonesia. Selanjutnya, pertahanan keamanan rakyat semesta ialah sistem pertahanan negara yang mana dianut oleh Indonesia. 

Itu juga sudah sesuai dengan Undang Undang RI No 34 Tahun 2004, Hankamrata ialah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya. 

Serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara.

Mempertahankan wilayah NKRI dan melindungi seluruh keselamatan segenap bangsa dari setiap berbagai ancaman dari pihak luar.

Apalagi sekarang ini, berbagai kemudahan akses akibat adanya kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Juga membawa pengaruh atau dampak terhadap keamanan dan pertahanan suatu negara termasuk di Indonesia.

Lalu apa saja dampak dari adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertahanan keamanan ? Simak berikut ulasannya ya. 

Dampak Kemajuan Iptek di Bidang Pertahanan Keamanan

Ada beberapa dampak yang bisa teman teman lihat untuk memberikan gambaran serta penjelasan dari adanya kemajuan Iptek di kehidupan sehari hari masyarakat, yaitu :

Dampak Positif

Nah untuk penjelasannya perihal topik pembahasan diatas, tentang dampak positif dari kemajuan Iptek di bidang pertahanan keamanan, yaitu sebagai berikut :

1. Dimana dengan adanya kemajuan Iptek di bidang pertahanan keamanan dapat mempercepat dalam penyampaian.

Terutama memberikan informasi disituasi genting atau sulit. Agar pengambilan keputusan cepat dilakukan dan dilaksanakan dalam pertahanan dan keamanan suatu negara. 

2. Adanya peningkatan dalam akurasi serta kecanggihan untuk mengandalkan teknologi persenjataan nasional dan dunai dengan adanya rekayasa hardware dan software.

3. Begitu juga dengan penyeleksian personil militer atau keamanan yang cekatan, mumpuni, siap bersaing dalam menjaga pertahanan dengan cara rekruitmen berbasis teknologi informasi.

4. Mengunakan program yang canggih dengan kecerdasan buatan untuk mensimulasikan formasi maupun kekuatan lawan dan musuh.

Serta memungkinkan untuk melakukan serangan dengan cara efektif serta tingkat keberhasilan yang bagus atau sasaran yang sudah terkunci atau tertarget.

5. Untuk mencegah ada terjadinya serangan dari berbagai pihak lawan atau musuh yang ingin memecah atau membuat konflik untuk merenggangkan persatuan.

Dan kesatuan masyarakat Indonesia. Misalnya dalam serangan yang dilakukan penyebaran informasi di internet yang tidak benar atau hoax.

Dampak Negatif

Nah untuk penjelasannya perihal topik pembahasan diatas, tentang dampak negatif dari kemajuan Iptek di bidang pertahanan keamanan, yaitu sebagai berikut :

1. Akan munculya berbagai perang informasi dengan memanfaatkan adanya perkembangan serta kemajuan teknologi informasi.

Karena memang sifatnya, dan penggunaan sistem secara bersama sama, bisa jadi beberapa negara punya sistem yang sama.

Disitulah bisa menjadi celah untuk melakukan serangan yang dilakukan oleh musuh atau lawan.

2. Dewasa ini makin gencar bermunculan aksi terorisme yang dilakukan melalui media internet atau media sosial. 

Yang mana pelaku dari teorirs ini melakukan komunikasi dengan sesama rekannya dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Begitu juga dalam mencari keanggotaan atau pengikut dalam gerakan mereka tersebut, hanya melalui media daring, internet dan media sosial serta aplikasi canggih lainnya.

3. Begitu juga adanya penyalahgunaan satelit oleh para teroris yang melakukan aksi serangannya. 

Dimana mereka juga bisa melakukan pelacakan tempat, kondisi dalam rencana melangsungkan kejahatan para teroris tersebut. 

4. Dimana berkaitan dengan teknologi senjata, sebut saja seperti senjata pemusnah massal atau Weapon of Mass Destruction/WMD.

Yaitu ada senjata nuklir, senjata biologi. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran dan dikhawatirkan mengacam dan.

Menjadi ancaman besar bagi suatu negara dalam melindungi masyarakatnya dari upaya akan adanya rencana serangan tersebut.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai topik artikel tentang 9 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan.

Sumber Referensi : 

https://fikti.umsu.ac.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan
9 Dampak Positif dan Negatif IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan
Ada 9 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Pertahanan Keamanan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj4qU6j25Kn3dlZ0gxjX17I3TEvF9lvdm9-7OQikjv5Z6OUaSYe3CRx41SRhu70P8qsp7HaedHfp_uvDE4QemhJrln5ICNvpO_MX3MBLa3Pjo0Dmp2mvrbKGiv-ezWr4pfkTPgcGni8Wjtwe2ERTuSTH1FwSLeD7KWd6TZZZv6vRagWofq4IWI3ncnf=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj4qU6j25Kn3dlZ0gxjX17I3TEvF9lvdm9-7OQikjv5Z6OUaSYe3CRx41SRhu70P8qsp7HaedHfp_uvDE4QemhJrln5ICNvpO_MX3MBLa3Pjo0Dmp2mvrbKGiv-ezWr4pfkTPgcGni8Wjtwe2ERTuSTH1FwSLeD7KWd6TZZZv6vRagWofq4IWI3ncnf=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/9-dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-pertahanan-keamanan.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/9-dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-pertahanan-keamanan.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy