-->

Contoh Integrasi Sosial Fungsional dan Pengertiannya

Contoh Integrasi Sosial Fungsional dan Pengertiannya
Contoh Integrasi Sosial Fungsional dan Pengertiannya

Sosiologi Info - Apa saja contoh integrasi sosial fungsional yang ada di dalam kehidupan masyarakat pada lingkungan sehari-harinya ?

Mau tahu, simak dibawah ini ya penjelasan, ulasannya beserta pembahasan dan pengertiannya, agar mudah memahami topik tersebut. Yuk baca.

Memahami Pengertian Integrasi Sosial

Kenapa ya integrasi sosial itu bisa terjadi di dalam suatu kehidupan masyarakat sehari harinya ? Terjadinya integrasi itu karena unsur unsur sosial saling berinteraksi. 

Proses dan hubungan sosial yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat dilakukan secara berulang ulang dan terus menerus. 

Menurut Maurice Duverger memberikan pengertian integrasi dibangunnya interdependensi yang lebih rapat antara bagian bagian dari organisme hidup.

Atau antara anggota anggota di dalam masyarakat. Dimana integrasi sosial dalam masyarakat adalah sesuatu hal yang menjadi cita cita atau di cita citakan oleh kebanyakan masyarakat. 

Kemudian, menurut Paul B Horton memberikan pengertian integrasi adalah suatu proses pengembangan masyarakat yang mana segenap kelompok ras dan etnik.

Dimana mereka mampu berperan secara bersama sama dalam kehidupan budaya dan ekonomi di dalam masyarakat tersebut. 

Nah itulah sekilas pemahaman dan pengertian dari integrasi yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya dalam lingkungannya tersebut.

Bentuk Integrasi Sosial dan Contohnya

Ada beberapa bentuk dalam integrasi sosial yaitu ada normatif, koersif, dan fungsional. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang integrasi sosial fungsional.

Apa sih yang membentuk dari adanya integrasi fungsional di dalam masyarakat ? Nah ternyata yang membentuknya ini karena ada fungsi fungsi tertentu dalam masyarakat tersebut. 

Dimana sebuah integrasi itu dapat terbentuk karena mengedepankan fungsi dari keberadaan masing masih kedua belah pihak dalam masyarakat. 

Kita bisa lihat berbagai fungsi itu ada di dalam masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia, dengan keberagamannya.

Seperti berbagai macam suku, etnis, yang mana mereka mengintegrasikan dirinya dalam fungsi masing masing setiap suku yang ada tersebut.

Misalnya contoh seperti suku Bugis dimana mereka suka melaut yang difungsikan sebagai penyedian hasil tangkapan laut.

Selanjutnya, kita juga pasti tahu suku Minang yang pandai dalam berdagang atau berjualan dapat difungsikan sebagai penjual yang dapat menjualkan hasil tangkapan laut tersebut. 

Dengan cara itulah akan terciptanya suatu integrasi sosial di dalam kehidupan sosial masyarakat tersebut, dimana pun ia berada dan berbaur dengan masyarakat lainnya. 

Begitu juga pada suku Jawa yang suka bertani atau berkecimpung dalam bidang pertanian, dan berbagai suku lainnya yang mempunya keahlian atau fungsinya masing masing. 

Contoh lainnya juga bisa kamu lihat dalam ruang lingkup di dalam keluarga, dimana setiap anggota anggota keluarganya memiliki peran masing masing. 

Kemudian, pada masyarakat Lampung yang terkenal dengan hasil pertanian kopinya, dan masyarakat Jawa Barat dikenal dengan perkebunan tehnya.

Nah keduanya ini juga saling membutuhkan sehingga membuat keduanya menjalin integrasi sosial berdasarkan kebutuhan dan menjalankan fungsinya masing-masing. 

Begitu juga bisa nanti suku Minang yang menjualkannya dengan kepandaian berdagang bisa menjadi perpaduan yang baik di masyarakat. 

Lampung terkenal dengan pertanian kopi dan Jawa Barat terkenal dengan perkebunan teh, keduanya saling membutuhkan satu sama lain kemudian berintegrasi berdasarkan kelebihan atau fungsi masing-masing.

Terakhirnya juga bisa kita lihat pada suku Betawi dan suku Sunda yang berintegrasi dalam suatu pemenuhan kebutuhan di pangan dan industri di masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai topik pembahasan tentang Contoh Integrasi Sosial Fungsional dan Pengertiannya. 

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi untuk Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Kelas 11 penulisnya oleh Dwi Mulyono

https://www.fahdisjro.com

https://brainly.co.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !