-->

10 Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah dan Solusinya

Ada 10 Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah dan Solusinya.
10 Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah dan Solusinya

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah dan Solusinya, serta bagaimana ya cara mengatasi dampak perilaku penyimpang sosial.

Nah mau tahu jawabannya, gimana penyelesaian atau cara menyelesaikan perilaku menyimpang di lingkungan sekolah, yuk baca.

Sekilas Memahami Perilaku Menyimpang

Apa itu perilaku menyimpang yang sering kita lihat dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya di lingkungan sekitar ?

Memang dalam pengertian perilaku menyimpang dimana secara mendasar memang ada tiga perspektif untuk menentukan bagaimana perilaku menyimpang itu dilihat.


Nah mulai dari pandangan absolutist, normative, dan reactive. Dalam pandang absolutist menjelaskan pengertian dari perilaku menyimpang adalah bahwa kualitas.

Atau karakteristik perilaku menyimpang itu ialah bersifat instrinsik, terlepas dari bagaimana ia dinilai. 

Oleh karena itu perilaku menyimpang ditentukan oleh bukan dengan norma, kebiasaan atau pada aturan aturan sosial. 

Pada kesempatan kali ini kita hanya menjelaskan satu perspektif saja ya. 

Dengan demikian secara umum perilaku menyimpang ialah setiap perilaku seseorang individu atau kelompok yang mana tidak lagi sesuai terhadap norma dalam masyarakat. 
Menurut Robert M Z Lawang mengatakan pengertian perilaku menyimpang ialah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial. 

Dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem tersebut, untuk dapat memperbaiki perilaku yang menyimpang tersebut.

Kemudian, apa saja contoh contoh dari perilaku menyimpang yang sering terjadi dalam lingkungan masyarakat ?

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan memberikan contoh perilaku menyimpang di dalam lingkungan sekolah. Apa saja, mari simak penjelasannya dibawah ini ya.

Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah

Beberapa contoh perilaku menyimpang yang masih berkaitan dengan di dalam lingkungan sekolah. Nah tolong uliskan contoh perilaku menyimpang yang terjadi di sekolah, yaitu :

1. Bolos Sekolah

Penyakit sosial yang satu ini memang sering terjadi dan dilakukan sebagain pelajar yaitu bolos sekolah. Contoh perilaku menyimpang satu ini.

Kerap dilakukan pelajar karena malas untuk sekolah, maupun menghindari guru yang tidak disenangi atau karena tidak niat sekolah. 

Hayo, kamu pernah bolos sekolah gak sobat ? 

2. Menyontek dengan Teman

Habitus, ya seakan perilaku menyimpang dalam hal menyontek telah menjadi tradisi dan kebiasaan pelajar sesama pelajar.

Yang sering kita lihat dan saksikan dalam kehidupan belajar di lingkungan sekolah. 

Antar sesama siswa melakukan nyontek, baik pada saat ulangan, maupun saat mengerjakkan tugas. 

3. Melakukan Tindakan Bullying kepada Teman

Tindakan kekerasan maupun tindakan penindasan masih sering terjadi dalam lingkungan sekolah yang dilakukan oleh pelajar kepada pelajar lainnya.

Baik itu dalam lingkung satu sekolah ataupun bisa dilingkungan luar sekolah. Kekerasan ini sering disebut sebagai tindakan Bullying.

Sesama teman masih sering melakukan perilaku menyimpang, itulah contohnya tindakan kekerasan atau penindasan kepada teman yang tak berdaya.

Bahkan sampai ada yang trauma karena sering dilakukan bullying hampir setiap hari oleh beberapa pelajar atau siswa kepada siswa atau pelajar lainnya.

4. Sering Terlambat datang ke Sekolah

Sobat sering terlambat sekolah hingga mendapatkan hukuman berdiri dan hormat ditiang bendera atau disuruh keliling lapangan upacara ?

Nah tindakan sering terlambat datang kesekolah juga bagian dari contoh perilaku menyimpang karena datang kesekolah tidak sesuai jam dan menyalahi aturan.

5. Tidak Mengerjakan Tugas atau PR

Sering tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau tugas yang diberikan oleh guru bagian dari contoh perilaku menyimpang dalam lingkungan sekolah. 

Biasanya ini masih sering terjadi dan dilakukan oleh sebagian pelajar yang malas akan mengerjakan tugas tersebut.

6. Tawuran atau Bentrok Antar Pelajar

Contoh perilaku menyimpang yang masin sering kita jumpai dan dilakukan sebagian pelajar yaitu tawuran atau bentrok antar pelajar atau siswa.

Bahkan tawuran yang dilakukan terkadang memberikan dampak jelek atau buruk, akibatnya fasilitas umum rusak, ada korban jiwa, luka luka dan akibat lainnya.

7. Terlibat Balapan Liar

Balap-balapan kendaraan baik motor maupun mobil yang sering dilakukan oleh sebagian pelajar, merupakan contoh perilaku menyimpang.

Yang sering terjadi dan dilakukan oleh sebagian pelajar antar sekolah untuk adu kuat maupun adu gengsi antar sesamanya.

Sehingga balapan yang tidak berizin menjadi dan dapat meresahkan masyarakat yang melewati jalan tersebut.

Malah digunakan untuk balapan liar, menjadi contoh perilaku menyimpang dalam lingkungan sekolah oleh pelajar tersebut.

8. Penyalahgunaan Narkoba dan Obat Terlarang

Contoh perilaku menyimpang yang juga sering terjadi dan dilakukan sebagian pelajar di sekolah yaitu menggunakan atau memakai narkoba, obat terlarang atau narkotika.

Hanya untuk kesenangan semata, dan hiburan yang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Apalagi kalau sudah kecanduan.

Maka berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan barang atau narkoba untuk dikonsumsi. Dengan demikian, membuat pelajar itu akan melakukan.

Tindakan kejahatan atau kriminal yaitu dengan mencuri atau merampok dalam upaya memenuhi kebutuhannya untuk membeli narkoba.

9. Seks Bebas

Perubahan zaman dari masa ke masa di era modern seperti sekarang, yang membawa pengaruh kepada perilaku seorang remaja yang sekolah.

Dimana akses untuk mendapatkan hal hal yang negatif maupun tidak layak ditonton dan dilakukan sering terjadi pada pelajar.

Misalnya seperti seks bebas yang dilakukan secara terbuka di muka umum maupun yang dilakukan dengan mengikuti trend di luar.

Yang mana budaya itu tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat Indonesia pada saat sekarang.

Itulah juga menjadi bagian contoh perilaku meyimpang di lingkungan sekolah yang sering terjadi, yaitu seks bebas, yang jarang diketahui publik. 

10. Mabuk atau Sering Minum Minuman Keras

Perilaku menyimpang yang biasanya juga sering dilakukan pelajar di sekolah yaitu dengan minum-minuman keras secara berlebihan.

Sehingga membuat mabuk, tak sadarkan diri yang membuat kekacauan di dalam masyarakat, atau membuat onar.

Contoh perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan nilai dan norma masyarakat yang ada di lingkungan kehidupan sehari-harinya. 

Cara dan Solusi Mengatasi Dampak Perilaku Menyimpang

Ada beberapa cara untuk dapat menyelesaikan dampak perilaku penyimpang sosial yaitu dengan solusi mulai dari sebagai berikut : 

1. Dengan memberikan pemahaman dan penanaman nilai, norma yang berlaku di masyarakat.

2. Dengan menanamkan nilai nilai dari kepercayaan, ketuhanan, kebudayaan, adat istiadat masyarakat.

3. Memberlakukan peraturan yang tidak memihak serta tegas dan jujur kepada setiap orang atau manusia atau pelajar di sekolah.

4. Melakukan dan sering dalam kegiatan penyuluhan atau sosialisasi serta adanya tindakan rehabilitasi

5. Memberikan dan mengembangkan kegiatan serta acara yang positif untuk pembentukan kreatifitas

6. Dengan menjalin silahturahmi antar sesama agar menjadi rukun atau terwujudnya kerukunan antar masyarakat.

7. Membentuk karakter dan kepribadian yang berani, tangguh, jujur, dan melaksanakan nilai, norma, sesuai kesepakatan di masyarakat.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai topik materi tentang Ada 10 Contoh Perilaku Menyimpang di Sekolah dan Solusinya dalam mengatasi dampak perilaku penyimpang sosial. 

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

Perilaku Menyimpang dalam Perspektif Sosiologis Penulis oleh Suyato, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta | File PDF

http://blog.unnes.ac.id, diakses pada Rabu, 02 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !