Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut 7 Para Ahli

Sosiologi Info - Sudah pada tahu apa itu pengertian penyimpangan sosial menurut para ahli baik tokoh dalam negeri maupun luar negeri.

Begitu juga ada beberapa pengertian dalam sosiologi yang diberikan oleh tokoh atau ahli didalam bidangnya.

Apa saja perspektif dan pandangan para ahli mengenai pemahamannya tentang pengertian penyimpangan sosial ? Mari simak penjelasannya. 

Memahami Gejala dan Masalah Sosial di Masyarakat

Kehidupan manusia dalam lingkungan masyarakat selalu ada saja gejala atau masalah sosial yang muncul. Baik itu yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.

Manusia sendiri antara individu sesama individu maupun antar sesama kelompok tidak mungkin dapat menghindari suatu permasalahan sosial di masyarakat.

Baca Juga : Ada 5 Contoh Perilaku Menyimpang pada Seorang Guru

Gejala sosial sendiri terjadi karena adanya suatu perubahan di dalam kehidupan bermasyarakat. Bisa terjadi karena adanya faktor dari dalam maupun dari luar.

Misalnya adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau Iptek. Bisa saja menjadi pemicu munculnya permasalahan atau gejala sosial.

Seperti perubahan gaya hidup, trend, budaya, yang serba ditiru oleh masyarakat. Yang mengadopsi kebudayaan barat.

Sebut saja penyalahgunaan narkoba, obat-obatan terlarang, seks bebas, dan beberapa perubahan di dalam kehidupan masyarakat. 

Akibatnya ada faktor dalam perubahan masyarakat itu sendiri. Tidak menutup kemungkinan, gejala dan masalah sosial yang timbul.

Akan berdampak pada terjadinya perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial di dalam kehidupan masyarakat tersebut.

Pada dasarnya proses suatu kehidupan manusia memang tidak bisa kita pastikan sesuai dengan tujuan dan keinginan salah satu pihak saja.

Karena setiap orang akan memiliki pandangan dan perspektif berbeda-beda dalam menjalankan kegiatan atau aktivitas sehari-harinya di lingkungan masyarakat. 

Perbedaan yang mendasar dalam suatu proses hubungan, interaksi, dan tindakan sosial manusia, yang terkadang akan membawa dampak, baik itu positif maupun negatif.

Dalam proses perubahan yang dialami setiap manusia pada dasarnya adalah proses mendewasakan manusia itu sendiri.

Baik dia dalam melakukan tindakan, komunikasi, serta proses sosial dalam membangun silahturahmi antar sesamanya. 

Pada setiap proses itu memang tak bisa dipungkiri bahwa bisa saja akan menjadi tindakan yang tidak sesuai terhadap norma dan nilai di masyarakat. 

Bisa saja seseorang baik dia individu, maupun dalam kelompok melakukan tindakan, perilaku menyimpang di dalam proses sosial di masyarakat. 

Perilaku menyimpang ini bisa menjadi bumerang bagi keberlangsungan kehidupan manusia di bumi dalam kesehariannya. 

Seperti misalnya perilaku menyimpang di dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat yang lebih luasnya.

Perilaku menyimpang pun ada berbagai macam bentuk, jenis dan contoh di dalam masyarakat, yaitu ada perilaku menyimpang dengan melakukan tindakan kriminal.

Menggunakan narkoba, tawuran, menjual barang haram, dan tidak resmi serta melakukan penipuan yang merugikan banyak orang.

Oleh karena itulah, berbagai macam perilaku menyimpang sering kita jumpai di dalam aktivitas maupun kehidupan sosial masyarakat di lingkungan sekitar.

Maka sangat disarankan kepada setiap individu maupun dalam kelompok untuk tidak melakukan hal hal yang merugikan masyarakat secara luas.

Sehingga perilaku menyimpang tidak terjadi di dalam kehidupan masyarakat pada kehidupan sehari-harinya.

Lalu apa pengertian dari penyimpangan sosial di dalam kehidupan sehari hari masyarakat di lingkungan terdekat maupun secara luas ?

Mari simak penjelasan dan ulasannya dibawah ini dengan seksama, kita akan membahas tentang pengertian penyimpangan sosial menurut para ahli.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut 7 Para Ahli

Ada beberapa para ahli atau tokoh yang memberikan penjelasan dan pengertian penyimpangan sosial, yaitu sebagai berikut :

1. Robert M Z Lawang

Ia mengatakan bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku tersebut.

Maupun suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang mana berwenang dalam sistem tersebut untuk memperbaiki perilaku penyimpangan tersebut.

2. Bruce J Cohen 

Menurutnya perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak dari masyarakat, maupun suatu kelompok tertentu dalam masyarakat.

3. James Vender Zender

Dia menyebutkan bahwa perilaku menyimpang adalah perilaku yang mana dianggap sebagai hal tercela, dan berada diluar batas-batas toleransi oleh sejumlah besar orang.

4. Ronald A Hordert

Ia menjelaskan penyimpangan sosial adalah setiap tindakan yang melanggar keinginan-keinginan bersama, sehingga dianggap menodai kepribadian kelompok yang akhirnya pelaku dikenai sanksi.

5. Gillin dan Gillin 

Menurutnya perilaku penyimpangan adalah perilaku yang menyimpang dari norma dan nilai sosial keluarga dan masyarakat yang menjadi penyebab memudarnya ikatan atau solidaritas kelompok. 

6. Paul B Horton

Dia mengatakan perilaku menyimpang sosial adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

7. G Kartopoetra

Baginya perilaku menyimpang adalah perilaku yang diekspresikan oleh seseorang atau sekelompok orang yang secara sadar.

Atau tidak sadar tidak menyesuaikan diri dengan norma-norma yang berlaku dan diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat tersebut.

Demikianlah pembahasan untuk memahami penjelasan dan ulasan mengenai topik materi Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut 7 Para Ahli.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

http://eprints.umm.ac.id, diakses pada Kamis, 03 Februari 2022

http://sipeg.unj.ac.id, diakses pada Kamis, 03 Februari 2022

http://blog.unnes.ac.id, diakses pada Kamis, 03 Februari 2022