5 Contoh Perilaku Menyimpang pada Seorang Guru

Sosiologi Info - Apa saja Contoh Perilaku Menyimpang pada Seorang Guru di lingkungan kehidupan sehari hari di sekolah ?

Mau tahu jawabannya, mari simak penjelasan dan ulasan serta pembahasan singkat dibawah ini tentang contoh perilaku menyimpang di sekolah oleh seorang guru, yuk baca.

Sekilas Memahami Perilaku Menyimpang di Masyarakat

Kehidupan setiap manusia dalam lingkungan masyarakat tidak terlepas dari proses sosial dan hubungan untuk dapat berinteraksi serta berkomunikasi antar sesama. 

Baik itu berinteraksinya antara individu dengan individu, maupun individu dengan kelompok. 

Yang pastinya setiap orang akan melewati semua tahapan dan proses sosial di masyarakat. 

Tanpa terkecuali. Karena semua orang tak akan bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dan pertolongan orang lain yang berada didekat atau dilingkungan sekitarnya.

Nah melangsungkan setiap proses sosial itu tidak selalu dilakukan tanpa adanya suatu penyimpangan atau perilaku.

Serta tindakan seseorang yang tidak sesuai dengan norma, nilai dan adat dari masyarakat di lingkungannya tersebut. 

Lantas apa sih pengertian dari perilaku menyimpang yang ada di kehidupan sehari-harinya masyarakat di dalam lingkungannya ? 

Nah dimana perilaku menyimpang merupakan setiap perilaku dari seseorang yang mana tidak lagi sesuai dengan norma di dalam kehidupan bersama di masyarakat. 

Kemudian, untuk pelaku dimaksudkan yang melakukan penyimpangan atau dikenal dengan sebutan devian. 

Ada banyak memang perilaku yang menyimpang tidak sesuai pedoman, nilai, norma, konsensus, budaya dan adat kebiasaan masyarakat. 

Sebut saja seperti tindakan kriminal, penipuan, pelecehan, dan masih banyak macam bentuk jenis perilaku menyimpang di kehidupan masyarakat.

Beberapa para ahli atau tokoh memberikan pandangan atau perspektifnya mengenai perilaku menyimpang di dalam masyarakat. Apa saja pandangan para ahli tersebut ?

1. Menurut James Vender Zender

Ia mengatakan bahwa perilaku menyimpang ialah perilaku yang dianggap sebagai hal tercela dan diluar dari batas batas toleransi oleh sejumlah besar orang di dalam lingkungan masyarakat. 

2. Menurut Bruce J Cohen

Baginya menejlaskan bahwa perilaku menyimpang adalah dimana setiap perilaku yang tidak berhasil untuk menyesuaikan diri.

Dengan kehendak dari masyarakat maupun dari kelompok tertentu dalam lingkungan masyarakat tersebut.

3. Menurut Robert M Z Lawang

Ia menuturkan bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari suatu norma norma yang berlaku di dalam sistem sosial.

Dan akan menimbulkan usaha dari mereka untuk yang berwenang dalam sistem itu, agar dapat untuk memperbaiki perilaku yang ada tersebut.

Nah itulah sekilas penjelasan pengertian dari perilaku menyimpang yang masih sering kita jumpai dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas contoh perilaku menyimpang yang mana juga sering dilakukan oleh oknum guru di lingkungan sekolah.

Apa saja contoh dari perilaku menyimpang pada seorang guru yang ada di lingkungan sekolahnya ? Mari simak dibawah ini ya.

Ada 5 Contoh Perilaku Menyimpang pada Seorang Guru

Beberapa contoh perilaku menyimpang yang sering dilakukan seorang guru dalam kesehariannya mengajar di sekolah, yaitu sebagai berikut :

1. Melakukan Tindakan Kekerasan Fisik

Salah satu contoh perilaku menyimpang seorang guru yang masih sering terjadi di lingkungan sekolah yaitu tindakan kekerasan yang dilakukan oknum guru.

Tindakan kekerasan ini beragam, mulai dari pemukulan, hukuman, yang sifatnya memaksa maupun dengan cara kekerasan.

Perilaku menyimpang ini juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari di lingkungan masyarakat.

2. Melakukan Tindakan Cabul Kepada Siswa/Pelajar

Tidak semua guru memang melakukan tindakan asusila yang masih sering kita jumpai di masyarakat dalam lingkungan sekolah.

Tindakan cabul yang dilangsungkan oleh oknum guru kepada siswa atau pelajarnya menjadi bagian contoh perilaku menyimpang seorang guru. 

Bahkan kejadian ini kerap kali terjadi dan membuat seseorang pelajar atau siswa trauma karena jadi korban, tindakan yang menyimpang dari nilai dan norma di masyarakat. 

3. Merokok di Depan Anak Muridnya

Sebagai seorang guru tentunya harus dapat memberikan contoh di hadapan murid atau siswa dan pelajar di sekolah.

Terkadang tanpa disadari bahwa dengan memperlihatkan perilaku menyimpang dihadapan murid, dapat membuat peserta didik mengikuti perilaku oknum guru.

Yang terlihat merokok dihadapan muridnya. Ini juga menjadi bagian dari contoh perilaku menyimpang di lingkungan sekolah.

Yang mana seharusnya seorang guru dapat memberikan contoh baik dilingkungan sekolah malah memperlihatkan perilaku kurang baik di hadapan muridnya.

4. Oknum Guru yang Melakukan Pemerkosaaan

Contoh perilaku menyimpang selanjutnya bahkan sudah tidak asing lagi disebagian telinga kita, yaitu adanya oknum guru yang melakukan pemerkosaan kepada muridnya.

Bahkan hingga mengandung atau hamil yang membuat muridnya harus melahirkan diusia muda. Perilaku bejat ini menjadi contoh kasus fenomena atau gejala sosial.

Yang juga barak terjadi di lingkungan sekolah, dan dilakukan oleh oknum guru yang tidak berpikir ke masa depan muridnya tersebut atau pelajar.

5. Sering Melontarkan Kata-Kata Kasar

Seorang guru yang sering melontarkan dan mengatakan kata kata kasar di hadapan peserta didik juga menjadi tidak baik.

Perkataan yang kasar dan kurang enak didengar menjadi bagian dari contoh perilaku menyimpang yang dilakukan oleh oknum guru.

Kata-kata kasar yang keluar ini lah cenderung akan diikuti juga oleh anak didiknya sebagai sebuah kebiasaan di masyarakat. 

Nah demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai topik materi tentang Ada 5 Contoh Perilaku Menyimpang pada Seorang Guru di lingkungan sekolah.

Sumber Referensi Sosiologi.info : 

http://blog.unnes.ac.id, diakses pada Senin, 07 Februari 2022