-->

22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia

Ada 22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-harinya.
22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia

Sosiologi Info - Apa saja Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia yang ada di dalam kehidupan masyarakat di lingkungan sekitar sehari-harinya ?

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas, mari simak pembahasan dan penjelasan dibawah ini mengenai pengaruh atau dampak positif dan negatif globalisasi, yuk baca.

Sekilas Mengenal Pengertian Globalisasi

Apa sih pengertian dari globalisasi ? Secara umum memang globalisasi berasal dari bahasa Global dan Sasi. Dimana arti global adalah mendunia dan sasi adalah proses. 

Dengan demikian pengertian globalsiasi adalah proses dari suatu yang mendunia di dalam kehidupan masyarakat. 

Nah globalisasi sendiri yaitu suatu perubahan yang mana terjadi dalam berbagai aspek dan bidang kehidupan manusia. 

Dimana kebudayaan secara umum adalah merupakan suatu rangkaian dari kepercayaan, nilai nilai dan gaya hidup dari suatu masyarakat tertentu.

Di dalam eksistensi kehidupan sehari-hari, maka saat ini era globalisasi mulai muncul yang disebut sebagai kebudayaan global.

Apakah dalam munculnya globalisasi akan membawa dampak dan pengaruh bagi keberlangsungan masyarakat dunia khususnya di Indonesia /

Mari simak dibawah ini ada beberapa pengaruh dan dampak positif maupun negatif dari kemunculan globalisasi di masyarakat. Yuk baca.

Ada 22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia

Beberapa dampak positif dan negatif dari globalisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, dalam lingkungan sehari-hari.

Berikut dibawah ini daftar dampak positif globalisasi di Indonesia bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya, yaitu : 

1. Mempermudah Manusia dalam Berinteraksi dan Berkomunikasi

Dengan adanya globalisasi yang menyentuh seluruh masyarakat dunia dalam hal perkembangan dan kemajuan dari perubahan adanya teknologi.

Telah memberikan kemudahan untuk setiap orang dapat berinteraksi dan berkomunikasi walaupun jarak atau daerahnya jauh.

Oleh karena adanya bantuan smartphone dan jaringan internet yang memadai membuat semua orang dapat terhubung melalui platform media sosial.

Disinilah letak dampak dan pengaruh positif dari adanya globalisasi di masyarakat Indonesia yaitu kemajuan teknologi informasi komunikasi dan informasi.

Yang mana dapat dengan mudah memberikan akses untuk terhubung dengan manusia atau keluarga yang jauh, hanya dengan teknologi digital.

2. Mempercepat Proses Distribusi dan Produksi

Dampak positif globalisasi yang dirasakan oleh masyarakat di Indonesia yaitu dalam hal bisnis, atau ekonomi dimana dapat mempercepat dalam pendistribusian barang, jasa.

Dan produksi yang cepat karena adanya bantuan teknologi dan digitalisasi serta akses pengiriman barang yang sudah bagus.

3. Mempermudah dan Mempercepat Manusia untuk Saling Berhubungan

Dulu manusia antar manusia di dalam negaranya begitu masih sulit dalam berkomunikasi. Hanya bisa melalui pos dengan mengirim kan surat.

Itu pun memakan waktu yang lama. Nah pada saat ini, dengan dampak positif dari globalisasi khususnya.

Dalam kemajuan Iptek telah membuat seseorang dari belahan daerah atau negara luar pun dapat berinterakis dan saling berhubungan bisa dengan bantuan media sosial.

Ataupun aplikasi komunikasi lainnya, yang sering digunakan oleh manusia dalam proses berinteraksi dan berkomunikasi.

4. Meningkatkan Efisiensi Industri dan Pekerjaan Manusia Lebih Ringan

Terkhususnya dengan kemajuan Iptek telah memberikan perubahan dalam meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan manusia di industri.

Misalnya sebagian bekerjaan dalam industri sudah dikerjakan dengan memakai bantuan robot atau sistem komputer yang sudah otomatis.

Dimana pengaturan dilakukan oleh manusia yang mengoperasikan atau menjadi operator dalam proses industri tersebut.

5. Mengubah Pola Hidup Manusia

Gaya hidup dan daya pikir akan cenderung mengalami perubahan karena masuknya berbagai informasi penting.

Misalnya dalam hal kesehatan seseorang akan cenderung mengupayakan untuk hidup sehat, rajin berolahraga, tidur dan makan yang teratur.

Karena begitu pentingnya kesehatan bagi kebutuhan manusia di bumi dalam setiap proses keberlangsungan hidup mereka sehari hari.

6. Menimbulkan Semangat dalam Berkarya dan Berinovasi

Setiap manusia dibelahan dunia, sudah pasti akan terus membuat, mengembangkan pembaharuan dari setiap proses kemajuan Iptek yang dibuat.

Oleh karena itu, maka setiap orang yang ada khususnya di Indonesia akan berpacu menciptakan hasil karya dan berinovasi, sehingga selalu bersemangat.

Dalam menghadapi dan melakukan suatu pemanfaatan di dalam pengaruh globalisasi di masyarakat dunia tersebut.

7. Mengoptimalkan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Dengan adanya globalisasi maka setiap negara akan mudah dalam mengoptimalkan proses dalam setiap pemanfaatan sumber daya alam.

Baik itu di laut, dan di hasil pertanian, perkebunan, dan sejenisnya untuk diolah menjadi produk yang bernilai tinggi, dan laku di pasar dunia.

8. Membangun Kerjasama yang Saling Menguntungakan

Dengan pengaruh adanya globalisasi membuka pintu kerjasama antara berbagai negara dalam setiap pemenuhan suatu kebutuhan masyarakatnya.

Mulai dari kerjasama dalam bidang politik, ekonomi, budaya, sosial, pemerdayaan, dan kerjasama pertahanan maupun keamanan dapat terjalin dengan sendirinya.

9. Membuat Perubahan dan Perbaikan Perekonomian Negara serta Masyarakat

Pengaruh positif dari globalisasi yaitu dapat membuat suatu perubahan dan perbaikan ekonomi masyarakat.

Globalisasi telah membuat tumbuh nya berbagai sektor penting dalam menerima tenaga kerja untuk kepentingan industri.

Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada dalam kawasan atau pembuatan suatu industri disana. 

10. Adanya Perubahan Nilai, Sikap Manusia dari Irasional ke Pola Pikir Rasional

Pola pikir yang dulunya memang masyarakat masih tradisional sekarang mengarah kepada masyarakat modern.

Dimana pola pikir nya lebih kepada perubahan nilai dan sikap maupun tindakan dari irasional ke arah yang rasional.

11. Terus Bekembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Masyarakat

Dampak positif atau pengaruh baik dari globalisasi adanya terus memacu manusia untuk dapat mengembangkan temuan dan penlitiannya.

Oleh karena itu, perkembangan Iptek akan terus dilangsungkan dan dilakukan suatu penyempurnaan dan perbaikan dalam setiap kebutuhan manusia.

Misalnya sekarang manusia tak perlu lagi datang ke bank untuk membuat kartu tabungan, cukup dari rumah saja dengan bantuan teknologi sudah bisa membuat.

Serta perkembangan Iptek lainnya dalam membantu manusia terkhususnya dalam globalisasi di kehidupan masyarakat Indonesia.

Nah itulah tadi diatas Ada 11 Dampak Positif Globalisasi di dalam Masyarakat Indonesia. Selanjutnya kita akan membahas dampak negatifnya.

Berikut dibawah ini daftar dampak negatif globalisasi di Indonesia bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya, yaitu : 

1. Masuknya Budaya Luar di Masyarakat Indonesia

Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh kepada perubahan kebudayaan masyarakat pada setiap generasi dan bisa saja membuat budaya lokal hilang.

Akibat maraknya masuk budaya luar yang lebih disukai oleh warga negara Indonesia. Dengan demikian dapat merubah dan melunturkan budaya daerah sendiri, secara perlahan.

2. Perubahan Masyarakat Agraris menuju Industri

Akan adanya suatu perubahan pekerjaan, profesi di dalam kehidupan masyarakat, dimana yang awalnya bekerja sebagai pertanian atau petani, perkebunan, akan berubah ke profesi di bidang industri.

Hal ini telah terjadi dibeberapa daerah yang masyarakat nya sebagian sudah tidak menjadi petani atau bertani. Namun, pekerjaannya justru di bidang industri, dan sejenisnya.

3. Akan Menghilangnya Jatidiri Masyarakat Indonesia 

Nilai nilai dasar yang dimiliki di dalam jiwa masyarakat Indonesia perlahan akan hilang dan luntur serta digantikan dengan hal lainnya.

Misalnya masuknya suatu pengaruh budaya kebarat-baratan atau budaya ke korea korean, dan sejenisnya. Telah merubah jati diri bangsa.

Seperti dalam hal berpakaian perempuan yang sekarang serba terbuka, dan mengumbar aurat yang dengan memakai rok pendek, celana pendek.

Baju serba ketat dan seksi yang diperlihatan dalam tontonan maupun di dalam aktivitasnya di mayarakat. Disinilah bisa luntur dan hilangnya nilai kesopanan individu tersebut.

4. Perubahan dalam Masyarakat yang Bekerjasama ke Arah Individualisme

Lunturnya dalam hal bekerjasama manusia antar manusia yang dulunya masyarakat Indonesia melangsungkan pekerjaan secara gotong royong.

Sekarang dengan adanya globalisasi justru marah menghilangkan dan memudarkan ajaran sosial yang penting tersebut.

Malah justru manusia pada setiap individu akan bergerak secara individualistik, dan tidak adalagi kerjasama yang gratis.

Itu artinya kerjasama yang terjalin sekarang cenderung akan sama sama mencari keuntungan dan kepentingan bersama.

5. Adanya Suatu Dehumanisasi di dalam Kehidupan Masyarakat

Pengaruh dampak negatif globalisasi adalah mencuatnya dehumanisasi yaitu akan kurangnya suatu penghargaan terhadap capaian atau derajat seseorang, atau manusia.

Misalnya dalam hal pekerjaan sudah banyak menggunakan malah bantuan mesin atau sistem dari pada tangan manusia itu sendiri.

6. Maraknya Nilai Nilai Konsumerisme di dalam Masyarakat

Pesatnya suatu pertumbuhan barang dan jasa serta di sektor produksi. Tanpa disadari dalam perkembangan globalisasi membuat munculnya sifat konsumerisme di dalam masyarakat. 

Dimana akan maraknya berkembang nilai nilai konsumerisme di masyarakat yang akan dapat menggeser nilai nilai sosial masyarakat Indonesia itu sendiri.

7. Terjadinya Eksploitasi Sumber Daya Alam Besar-Besaran di Masyarakat

Pengaruh dampak negatif dari globalisasi yaitu pengeksploitasian terhadap sumber daya alam yang dimiliki suatu bangsa secara besar-besaran dan tanpa batasan.

Sehingga dapat dengan segera merusak ekosistem alam yang telah berkembang dan membantu keberlangsungan hidup manusia banyak.

Misalnya penebangan hutan yang besar besaran untuk kebutuhan produksi industri, serta penanaman kebun sawit yang merusak ekosistem hutan itu sendiri.

Sehingga menimbulan banjir, longgsor, dan dampak bencana alam lainnya yang pasti akan menimpat masyarakat itu sendiri.

8. Adanya Kesenjangan Sosial Ekonomi di dalam Masyarakat

Tanpa disadari pengaruh dan dampak negatif adanya globalisasi adalah munculnya, kesenjangan sosial baru yang terus meluas terjadi di kehidupan masyarakat.

Sebut saja perbandingan antara orang kaya dengan orang miskin di Indonesia yang semakin jauh jaraknya, karena pembagian distribusi sumber daya alam yang tidak merata.

Disinilah akan membuat suatu kesenjangan sosial dan ekonomi terjadi bagi keberlangsungan masyarakat di Indonesia.

9. Meningkatnya Tindakan Kriminalitas di Masyarakat

Berbagai kejahatan dan tindakan kriminalitasi mencuat akibat dampak dari adanya globalisasi di masyarakat. Misalnya contoh maling, mencuri, copet, dan tindakan cyeber keamanan dan pertahanan.

Serta berbagai tindakan kejahatan kriminalitas di dalam kehidupan masyarkat sehari-harinya di Indonesia dalam lingkungan sekitarnya.

10. Penyalahgunaan dari Adanya Kemajuan Teknologi Digital

Akan ada suatu tindakan penyalaggunaan kemajuan Iptek misalnya seseorang dapat melakukan penipuan online kepada masyarakat.

Karena adanya bantuan teknologi dan digitalisasi di masyarakat. Apalagi sebagian masyarakat yang baru mengenal Iptek akan mudah terjerumus.

Misalnya seperti arisan bodong, investasi bodong, dan berbagai penipuan lainnya yang menjerat masyarakat Indonesia.

11. Munculnya Masalah, Gejala Sosial di Masyarakat

Berbagai masalah, gejala dan fenomena sosial bermunculan di masyarakat Indonesia, akibat dampak negatif dari pengaruh adanya globalisasi.

Sebut saja contohnya seperti pengangguran, kemiskinan, tindakan mencuri dan sejenisnya yang merugikan dan meresahkan masyarakat.

Nah itulah tadi diatas Ada 11 Dampak Negatif Globalisasi di dalam Masyarakat Indonesia. Semoga dapat membantu dalam memberikan pemahaman ya sobat.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan diatas mengenai topik Ada 22 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Indonesia, beserta pengertian dari Globalisasi di masyarakat.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :  

Buku Pelajaran Sosiologi untuk Kelas XII SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

http://eprints.ums.ac.id/, diakses pada Sabtu, 12 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !