-->

7 Contoh Sosialisasi Formal di Sekolah

Ada 7 Contoh Sosialisasi Formal di Sekolah dalam kehidupan di lingkungan sekitar masyarakat sehari-harinya.
7 Contoh Sosialisasi Formal di Sekolah

Sosiologi Info - Apa saja ya Contoh Sosialisasi Formal di Lingkungan Sekolah yang sering dilakukan untuk mengenalkan suatu informasi maupun peraturan ?

Nah untuk mengetahui jawabannya mari simak beberapa pengertian dari sosialisasi dan beserta dengan contohnya di kehidupan masyarakat sehari-harinya, yuk baca.

Memahami Pengertian Sosialisasi

Apa yang terlintas dibenak kamu ketika mendengar kata sosialisasi ?Ya memang sering kita dengar dan kita juga melakukannya dalam kehidupan sehari hari.

Sosialisasi menjadi tahap awal dalam mengenal, berinteraksi, bertindak, dan memahami berbagai dinamika sosial di dalam masyarakat. 

Sejak manusia lahir, ia terus mengalami perkembangan dan berbagai tahap untuk mengenal lingkungannya.

Misalnya mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekitar, hingga pada lingkungan khusus dengan teman sebaya, kelompok bermain, sekolah, lingkungan kerja.

Hingga beberapa lingkungan penting dalam memberikan seseorang pelajaran penting mengenai sosialisasi.

Lalu apa pengertian dari sosialisasi di dalam kehidupan masyarakat ? 

Menurut Soekanto menjelaskan bahwa sosialisasi adalah merupakan suatu proses sosial tempat seseorang individu akan mendapatkan pembentukan sikap. 

Dimana pembentukan itu untuk berperilaku yang mana sesuai dengan perilaku orang orang disekitarnya. 

Kemudian, menurut Agustin mengatakan sosialisasi adalah merupakan sebuah proses seumur hidup yang mana berkenaan.

Dengan bagaimana individu mempelajari cara cara hidup, norma dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya.

Agar dapat berkembang sehingga menjadi pribadi yang diterima pada kelompoknya tersebut.

Kemudian dalam proses sosialisasi juga ada yang bersifat formal yang mana dilakukan secara resmi oleh suatu lembaga di masyarakat. 

Lantas apa sih yang perlu kita pahami mengenai sosialisasi formal yang di masyarakat dalam khususnya di lingkungan sekolah ?

Sosialisasi formal adalah sebagai bentuk sosialisasi yang diartikan sebagai sosialisasi yang terjadi secara resmi pada suatu lembaga tertentu. 

Dimana sosialisasi formal ini yang mana dapat dipastikan melalui dibentuknya oleh pemerintah, maupun masyarakat. 

Misalnya contoh dari sosialisasi formal yaitu antara lain pada lembaga pendidikan, baik untuk ditingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan SMA.

Hingga pada lingkup perguruan tinggi yang ada di kehidupan masyarakat sehari-harinya juga merupkan contoh dari pelaksanaan sosialisasi formal. 

Lalu apa saja contoh dari sosialisasi formal di dalam lingkungan sekolah pada kehidupan masyarakat sehari-harinya ?

Mau tahu jawabannya, mari simak dulu pembahasan dan penjelasan singkat dibawah ini tentang contoh sosialisasi formal tersebut, yuk baca.

Ada 7 Contoh Sosialisasi Formal di Lingkungan Sekolah

Mau tahu apa saja contoh dari sosialisasi formal di sekolah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di lingkungan sekitar ?

Mari simak beberapa daftar kumpulan contoh sosialisasi formal di lingkungan sekolah dalam masyarakat yaitu sebagai berikut :

1. Sosialisasi Mengenai Peraturan Sekolah

Sebagai lembaga pendidikan tentunya setiap sekolah mempunyai aturan, syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi setiap siswa atau pelajar yang sekolah disana.

Nah salah satu contoh dari sosialisasi formal di sekolah yaitu mengenai pemberitahuan aturan sekolah sejak awal siswa atau pelajar masuk.

Dimana aturan yang berlaku dibuat sesuai dengan ketentuan yang mana adanya surat keputusan maupun secara legal itu resmi diberlakukan karena sah secara hukum.

2. Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba 

Dalam lingkungan sekolah kita juga sering mendengarkan dan melihat adanya suatu sosialisasi formal yang dilakukan lembaga resmi pemerintah maupun masyarakat.

Yang melakukan sosialisasi mengenai berbagai hal di sekolah yang diperuntukan untuk para pelajar, siswa, siswi yang ada di sekolah tersebut.

Misalnya contoh ada Lembaga seperti BNN, Kepolisian dan lembaga resmi baik bentukan dari pemerintah maupun swadaya masyarakat.

Yang mengadakan sosialisasi mengenai pengenalan tentang Narkoba, obat-obat terlarang yang mestinya dihindari oleh pelajar tersebut.

Contoh sosialisasi formal seperti ini kerap kali dilangsungkan oleh lembaga resmi terkait agar generai muda tidak gampang terhasut dan memakai narkoba.

3. Sosialisasi Tenaga Pengajar 

Guru yang pada menerangkan di ruang kelas secara tidak langsung juga telah melangsungkan contoh dari sosialisasi formal di sekolah.

Tergantung topik apa yang disampaikan kepada para siswa, pelajar yang ada di ruang kelas tersebut.

Bisa jadi guru menyampaikan sosialisasi mengenai perlombaan, motivasi, serta sosialisasi penting lainnya yang diberikan kepada pelajar oleh guru yang bersangkutan.

4. Saat Kementerian/Dinas Pendidikan Mensosiaslikan Proses Ujian Nasional

Pelaksanaan ujian nasional yang digelar sekarang kan berbasis komputer atau disebut dengan ANBK Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Nah ini juga bagian dari contoh sosialisasi formal di dalam lingkungan sekolah oleh lembaga terkait kepada guru, pelajar, agar paham untuk mengerjakan ujian nasional.

5. Saat BKKBN Melakukan Sosialiasi di Sekolah

Lembaga ini juga sering melangsungkan pengenalan dan mengenalkan suatu pemahaman tentang yang berkaitan mengenai remaja.

Misalnya seperti pengenalan seks, gejala atau kenakalan remaja, tentang kependudukan, dan masih banyak lagi sosialisasi yang kerap dilangsungkan oleh BKKBN.

Dimana lingkup pengenalan atau sosialisasi ini dilakukan pada lingkungan sekolah yang menyasar pelajar SMA sederajat.

Itulah bagian dari contoh adanya sosialisasi formal di dalam lingkungan sekolah dalam keseharian masyarakat.

6. Guru BK (Bimbingan Konseling) Sosialisasikan Masa Remaja

Mengenalkan masa remaja dan memberikan sosialisasi kepada pelajar di SMP atau SMA oleh guru BK mungkin menjadi bagian penting bagi pelajar.

Agar memahami apa saja kondisi yang perlu dikenal dimasa remaja sebagai proses pendewasaan karakter, sifat, dan tingkah laku di lingkungan sekolah.

Maupun dilingkungan masyarakat secara luas terjadi di kehidupan keseharian individu dalam menjalankan rutinitasnya tersebut.

7. Pengenalan Lingkungan Sekolah pada Saat Ada Siswa, Pelajar Baru

Pengenalan dalam masa orientasi siswa pada tahun ajaran baru juga bagian dari contoh adanya sosialisasi formal di lingkungan sekolah.

Masa ini untuk mengenalkan berbagai kegiatan dan aktivitas sekolah seperti adanya peraturan yang mesti dipatuhi.

Kemudian ada kegiatan ekskul yang disediakan oleh sekolah dan berbagai aktivitas penting yang rutin menjadi kegiatan di sekolah tersebut.

Sosialisasi formal ini biasanya dilakukan oleh pihak sekolah yang melibatkan guru, osis, dan seluruh ekskul atau organisasi di sekolah tersebut.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan pengertian dari sosialisasi dan sosialisasi formal yang ada di lingkungan sekolah dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Itulah beberapa tadi mengenai Ada 7 Contoh Sosialisasi Formal di Sekolah yang sering kita lihat dan jumpai dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

http://eprints.ums.ac.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !