-->

8 Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya

Ada 8 Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya di Lingkungan Masyarakat Sekitar.
8 Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya

Sosiologi Info – Apa saja Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya yang ada di dalam Lingkungan Masyarakat Sekitar ?

Ingin mengetahui jawabannya, mari simak dulu aja penjelasan mengenai pengertian sosialisasi. beserta contohnya di kehidupan masyarakat Indonesia. Yuk baca.

Sekilas Memahami Sosialisasi di Masyarakat

Kehadiran manusia di bumi sejak ia lahir sudah memulai untuk melangsungkan sebuah pengenalan lingkungan sekitar.

Hingga beranjak usia bayi, tumbuh besar sampai pada masa anak-anak, remaja, dewasa, dan pada saat masa menjadi orang tua.

Pun tetap penting dan perlu melakukan pengenalan, adaptasi, dan melakukan sosialisasi dalam berbagai kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Berbagai contoh sosialisasi dengan teman sebaya misalnya menjadi bagian penting bagi keberlangsungan sistem nilai, norma dan konsensus.

Sosialisasi juga dilakukan dengan teman, dengan orang baru, dan dengan individu lain, antara individu dan kelompok di kehidupan masyarakat. 

Lalu apa saja pengertian dari sosialisasi di dalam masyarakat ? 

Menurut Charles R Wright mengatakan pengertian sosialisasi adalah suatu proses ketika dimana individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya.

Dan menginternalisasikan sampai tingkat tertentu norma norma sosialnya. Dengan demikian sehingga membimbing orang tersebut untuk memperhitungkan harapan harapan orang lain. 

Selanjutnya, sosialisasi adalah suatu proses belajar, yang pada dasarnya dimana sifat manusia adalah individu tidak akan pernah puas untuk belajar akan sesuatu hal yang ia belum tahu, paham, dan ingin mengenalinya. 

Misalnya dalam hal mempelajari nilai, norma, struktur dan beradaptasi dengan hal baru yang ada pada lingkungan sosial masyarakatnya tersebut. 

Begitulah yang juga disampaikan oleh tokoh atau ahli Peter L Berger. Ia menyebutkan bahwa pengertian sosialisasi adalah proses dengan mana seseorang belajar untuk menjadi anggota masyarakat.

Nah dalam melangsungkan sosialisasi, setiap individu juga akan melaksanakannya dengan teman sebaya dalam proses mengenal satu sama lainnya.

Atau sebagai saling mengingatkan, menegur, atau bahkan memberika motivasi serta semangat dalam melangsungkan sosialisasi di masyarakat dengan teman sebaya.

Lalu apa saja contoh contoh dari sosialisasi dengan teman sebaya, orang baru, teman, atau dengan individu lain yang ada di masyarakat ? Mari simak dibawah ini ya.

Sosialisasi Juga Penting dengan Teman Sebaya

Selanjutnya kita membahas mengenai sosialisasi dengan teman sebaya, Apa itu sosialisasi dengan teman sebaya? Mari simak penjelasan berikut !

Teman sebaya menurut Desmita (2010) merupakan sekumpulan anak dengan tingkat kematangan usia yang hampir sama dalam memberikan informasi dan perbedaan keadaan tentang dunia diluar keluarga. 

Sehingga teman sebaya bisa menjadi tempat sosialisasi sekunder oleh setiap anak diluar lingkungan keluarga. 

Lingkungan teman sebaya dan bermain memiliki peran dalam berinteraksi untuk proses identifikasi, kerjasama dan melakukan kolaborasi (Suhaida Putri, 2019). 

Selain itu proses sosialisasi teman sebaya juga bisa menjadi dampak buruk bagi anak apabila salah pergaulan. 

Teman bisa jadi pengaruh apabila individu tidak selektif dalam memilih pergaulan yang baik. 

Ada 7 Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya di Lingkungan Masyarakat Sekitar

Pergaulan perlu dikontrol dan dianalisis mana yang baik bagi diri sendiri dan mana yang buruk bagi kehidupannya di masa depan. 

Adapun contoh dalam melakukan sosialisasi dengan teman sebaya dalam lingkungan masyarakat sehari-hari yaitu sebagai berikut:

1. Melarang Teman untuk Tidak Mengkonsumsi Obat Terlarang

Contoh sosialisasi dengan teman sebaya ini menjadi sebuah kontrol antar teman dalam proses identifikasi terhadap suatu obat terlarang.

Yang tidak boleh digunakan dan juga dapat merusak masa depan. Teman sebaya akan mengetahui dan langsung memberikan teguran.

Bahwa hal tersebut akan merusak semua kehidupan temannya. Mulai dari nasehat, larangan dan juga teguran supaya tidak menggunakan obat terlarang tersebut. 

Sehingga pentingnya dalam mempunyai teman sebaya yang baik adalah sebagai kontrol di luar diri individu.

Sebagai pengingat dan penasehat ketika teman melakukan sebuah kesalahan.

2. Memberikan Support untuk Mengerjakan Tugas

Teman sebaya akan cenderung membentuk kelompok dan kelompok ini akan dijadikan sebuah teman dalam bekerjasama dalam mengerjakan suatu  tugas sekolah. 

Tugas sekolah yang menjadikan sebuah kewajiban bagi setiap siswa untuk dikerjakan sehingga orientasi teman sebaya adalah berkolaborasi untuk menyelesaikan tugas sekolah tersebut. 

Sosialisasinya mengenai bagaimana bekerjasama berbagi tugas untuk menyelesaikan tugasnya.

3. Memberikan Saran Ketika Teman ditimpa Masalah

Sosialisasi teman sebaya seperti yang sudah dijelaskan bahwa teman sebaya bisa menjadi sosialisasi sekunder di lingkungan luar keluarga. 

Ketika individu sedang tidak baik dengan keluarga maka temanlah yang bertindak dalam memberikan pendapat dan saran untuk menyelesaikan permasalahannya. 

Sehingga sosialisasi teman sebaya berjalan dalam memberikan pilihan untuk memberikan saran kepada teman yang tertimpa maslaah untuk segara di selesaikan. 

4. Memberitahu Cara Bermain Permainan

Misalnya adalah bermain ular tangga harus terdapat papan ular tangga sebagai media bermain kemudian terdapat dadu dan pion untuk memainkan permainan. 

Teman memberitahu bahwa awal mula melemparkan dadu dan dadu akan menunjukkan angka yang digunakan untuk menjalankan pion sejumlah angka dalam dadu. 

Apabila berhenti di ekor ular maka pion harus turun hingga kepala ular. Dan apabila pion ada di kotak tangga maka pion naik hingga ujuang tangga. 

Pemenang yaitu pion yang sudah sampai terlebih dahulu hingga kotak finish. Permainan ini memberikan arti bahwa ular yang berbisa.

Dapat membuat kita terpuruk jika kita mendekati bahaya dan kita dapat naik apabila kita ada jalan untuk menuju tujuan itu. 

5. Menegur Teman yang Terlambat datang ke Sekolah

Melakukan sosialisasi dengan teman sebaya juga bisa dilakukan ketika ada teman kita yang sering datang terlambat kesekolah.

Ada baiknya mengingatkan dia atau memberikan teguran yang dapat merubah kebiasaan buruknya telat datang kesekolah.

Inilah bagian dari contoh sosialisasi dengan teman sebaya dalam lingkungan kelompok bermain di masyarakat.

6. Mengajak Bersenang-senang 

Jalan jalan bareng teman sebaya menjadi bagian penting dalam proses pengenalan lingkungan masyarakat.

Ini juga bagian penting dalam contoh sosialisasi yang dilakukan dengan teman sebaya. Apalagi pada saat jalan-jalan atau bersenang senang.

Akan terjadinya interaksi dan komunikasi antar individu dengan individu lain. Begitu juga dengan teman, maupun dengan orang baru.

Proses dari contoh sosialisasi dengan teman sebaya berjalan seperti sebagaimana mestinya dilakukan oleh setiap individu di lingkungan masyarakat sehari-harinya. 

7. Mengingatkan Teman untuk Sportif dan Tidak Curang

Sosialisasi menjadi bagian terpenting dalam keberlangsungan individu dengan individu maupun dengan kelompok di dalam masyarakat. 

Misalnya dalam hal mengingatkan teman untuk selalu berperilaku dan bertindak sportif atau tidak curang. Disaat adanya suatu kompetisi yang diadakan, baik di sekolah.

Maupun dalam lingkungan masyarakat di kehidupan sehari-harinya, baik dengan teman, atau orang baru di acara tersebut. 

Itulah juga bagian dari contoh sosialisasi dengan teman sebaya yang mestinya dapat dilakukan dan untuk dapat saling mengingatkan setiap individu.

8. Melarang dan Mengingatkan Teman untuk Tidak Memakai Narkoba

Kegiatan ini juga menjadi bagian penting sebagai contoh sosialisasi yang dapat dilakukan oleh teman sebaya antar sesama mereka.

Dimana untuk saling mengingatkan agar tidak menggunakan atau mamakai narkoba dalam kehidupannya, karena dapat merusak dirinya sendiri.

Atau bahkan merugikan orang lain, keluarga, dan merusak nama baik seseorang tersebut jika tertangkap atau ketahuan memakai narkoba.

Maka teman sebaya yang ada selalu disampingnya juga dapat mengingatkan dan memberikan sosialisasi untuk bahayanya Narkoba tersebut.

Nah itu dia penjelasan mengenai sosialisasi teman sebaya dan sepermainan dalam memberikan arti pentingnya sosialiasi di luar keluarga.

Sebab sosialisasi primer saja tidak cukup dalam memberikan pengalaman individu dalam mengenal dunia. 

Demikianlah pembahasan dan ulasan singkat yang sudah diberikan penjelasan mengenai Ada 8 Contoh Sosialisasi dengan Teman Sebaya di Lingkungan Masyarakat Sekitar.

Penulis Artikel : Robi Firmansyah, Mahasiswa Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang

Sumber Rujukan Sosiologi.info :

Suhaida Putri, M. S. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Al-Taujih, 5(1), 25–36.

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7442/5/BAB%20II.pdf, diakses pada Senin, 07 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !