-->

Sebutkan Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI

Sebutkan Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI
Sebutkan Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI

Sosiologi Info - Sebutkan 3 Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari di lingkungan sekitar. 

Mau tahu apa saja kira kira ancaman dari dalam negeri yang mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, mari simak pembahasannya dibawah ini, yuk baca.

Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sobat pernahkah kamu merasakan mendapatkan ancaman dari orang lain, Maupun ancaman bagi negara ? Lalu apa sih ancaman itu dalam pengertiannya. 

Nah ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. 

Dimana ancaman terhadap bangsa dan negara Indonesia misalnya terdiri dari ancaman militer dan ancaman non militer. 

Dalam ancaman militer merupakan ancaman yang menggunakan berbagai kekuatan bersenjatan dengan peralatan yang canggih.

Serta dinilai mempunyai kemampuan yang dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI, dan keselamatan segenap bangsa. 

Nah dimana untuk ancaman militer dapat berbentuk agresi, pelanggaran wilayah, spionase, sabotase, aksi teror bersenjata, pemberontakan, perang saudara, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk ancaman non militer yaitu  mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ancaman militer. 

Dimana non militer tidak bersifat fisik serta bentuknya tidak terlihat seperti misalnya ancaman militer yang nyata terlihat menggunakan perlatan canggih untuk berperang. 

Nah ancaman non militer dapat berbentuk suatu ancaman terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan suatu negara.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas ancaman dari dalam negeri yang dapat mengncam NKRI, yuk baca penjelasannya dibawah ini dengan seksama ya.

Sebutkan Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI

Berikut dibawah ini berbagai potensi ancaman yang dihadapi masyarakat Indonesia untuk mempertahankan wilayah NKRI dari dalam negeri yaitu antara lain : 

1. Terjadinya Disintegrasi Bangsa 

Berbagai gerakan gerakan separatis dapat membuat terjadinya suatu disintegrasi bangsa, dimana sentimen kesukuan.

Maupun pembrontakan akibat ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan pemerintah pusat. Bisa menjadi penyebabnya gerakan gerakan tersebut.

Yang akan menjadi ancaman untuk NKRI dari dalam negeri sendiri. Misalnya contoh gerakan separatis yang terjadi di daerah yaitu di Papua, Maluku, Aceh, Poso. 

Gerakan separatisme atau keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI. Itulah ancaman dari dalam negeri.

Yang mana jika tidak diketahui akar permasalahannya dan tidak adanya penanganan yang serius serta cepat akan membuat keutuhan NKRI terancam.

2. Kesenjangan dan Ketimpangan Ekonomi

Keresehan sosial akibat adanya kesenjangan ekonomi maupun ketimpangan dalam kebijakan ekonomi yang ada di dalam masyarakat, serta adanya pelanggaran hak asasi manusia atau HAM. 

Yang mana pada gilirannya nanti dapat menyebabkan ancaman yang mana terjadinya huru hara dan kerusuhan massa yang tidak terhindarkan. 

Jika keresahan sosial itu terjadi di dalam masyarakat di Indonesia.

3. Ancaman untuk Mengganti Ideologi Negara

Ancaman dari dalam negeri perihal upaya untuk mengganti ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dengan ideologi lainnya yang ekstrem.

Atau tidak sesuai dengan jiwa serta semangat perjuangan dari masyarakat dan bangsa Indonesia itu sendiri.

4. Makar yang Dilakukan oleh Oknum dan Kelompok Tertentu

Upaya dalam ancaman dari dalam negeri lainnya yaitu perihal adanya rencana untuk melakukan makar dan penggulingan pemerintahan yang sah secara konstitusional oleh oknum tertentu.

5. Adanya Keinginan untuk Memperluas Daerah

Munculnya pemikiran untuk memperluas daerah atau wilayah otonomi khsusu, tanpa tahu alasan yang jelas. 

Hingga persoalan persoalan yang muncul di wilayah perbatan dengan negara lain.

6. Memaksa Kehendak Golongan Tertentu

Ancaman dari dalam negeri lainnya yaitu adanya pemaksaan kehendak golongan tertentu yang mana berusaha untuk memaksakan kepentingan secara tidak konstitusional. 

Terutama ketika sistem sosial politik tidak berhasil menampung aspirasi masyarakat yang berkembang pada saat itu.

7. Ancaman Potensi Konflik

Berbagai ancaman di dalam negeri bisa saja terjadi, seperti adanya potensi konflik antarkelompok, golongan, suku dan agama maupun ras. 

Baik di dalam berbagai perbedaan perbedaan di dalam masalah politik. 

Misalnya seperti konflik akibat dari Pemilu, Pilkada, maupun konfik akibat adanya masalah dalam SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan).

8. Adanya Tindakan KKN

Ancaman dari dalam negeri yaitu perihal adanya tindakan kolusi, korupsi dan nepotisme yang dilakukan oleh oknum pejabat.

Yang mana itu dapat merugikan masyarakat dan nnegara, serta bangsa Indonesia. 

Karena akan mengancam serta menghambat pembangunan nasional yang akan dikerjakan di masyarakat tersebut.

9. Adanya Kesenjangan Ekonomi

Ancaman dari dalam negeri selanjutnya yaitu perihal kesenjangan ekonomi yang terlihat jelas. 

Dimana pemerataan pendapatan yang tidak adil antarkelompok, antar individu maupun antar daerah yang ada di Indonesia.

10. Adanya Penyimpangan Sosial

Ancaman selanjutnya dari dalam negeri yaitu adanya perilaku menyimpang atau penyimpangan sosial di dalam kehidupan masyarakat. 

Misalnya seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, pornografi, prono aksi, bentrokan, tawuran, dan berbagai perilaku menyimpang lainnya di kehidupan masyarakat. 

Yang mana dapat mengancam keutuhan, persatuan dan kesatuan NKRI. 

11. Ancaman dalam Pertahanan dan Keamanan Negara

Ancaman dari dalam negeri yang tak kalah pentingnya yaitu mengenai lemahnya pertahanan dan keamanan suatu negara.

Bisa menjadi pemicu akan keutuhan terhadap bangsa dan negaranya. Jika pertahanan dan keamanan yang lemah.

Maka berbagai ancaman akan menjadi pintu masuk serta membuat NKRI jadi lebih lemah dan tidak berdaya dalam menghadapi serangan.

12. Ancaman di dalam Bidang Sosial Budaya

Terakhir ancaman dari dalam negeri mengenai sosial budaya juga menjadi ancaman yang mestinya diperhatikan secara serius.

Dengan melakukan upaya pencegahan dan menemukan solusi terhadap berbagai perubahan perilaku, nilai dan norma di dalam kehidupan masyarakat.

Akibat dari adanya pengaruh globalisasi dan modernisasi melalui penyebaran informasi yang cepat dengan internet dan smartphone yang digunakan setiap orang. 

13. Ancaman dalam Pengambilan Keputusan

Nah ancaman dari dalam negeri ini bisa melalui pengambilan suara terbanyak yang dilakukan. 

Dimana pengambilan keputusan dengan suara terbanyak dianggap sebagai cara yang paling demokratis dalam menyelesaikan perbedaan pendapat. 

Namun, sering kali memang cara ini dapat menimbulkan rasa tidak puas dari pihak lainnya yang kalah dan membuat mereka melakukan pengerahan massa.

Maupun melakukan upaya tindakan kekerasan untuk memaksakan kehendaknya tersebut. Nah itulah sekilas berbagai ancaman dari dalam negeri yang mengancam NKRI.

Demikianlah pembahasan dan ulasan untuk pertanyaan diatas tentang Sebutkan Ancaman dari Dalam Negeri yang Mengancam NKRI.

Sumber referensi Sosiologi.info : 

Bυkυ PDF, Pendіdіkαn Pαncαsіlα dαn Kewαrgαnegαrααn, penυlіs oleh Αі Tіn Sυmαrtіnі dαn Αsep Sυtіsnα Pυtrα, Penerbіtαn oleh Pυsαt Kυrυkυlυm dαn Perbυkυαn, Bαlіtbαng, Kemendіkbυd | Edіsі Revіsі 2018

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !