Sebutkan Sikap yang Diperlukan untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Sosiologi Info - Sebutkan, jelaskan, tuliskan, berikan contoh sikap yang diperlukan untuk dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mau tahu apa saja sikap agar keutuhan NKRI tetap terjadi, buat 5 sikap tersebut di dalam kehidupan masyarakat, yuk baca dibawah ini. 

Sekilas Keberagaman Masyarakat

Masyarakat Indonesia memang sudah sejak dulu terkenal dengan kemajemukan atau majemuk dan multikultural.

Dengan berbagai perbedaan budaya, ras, suku, etnis, agama, golongan, dan berbagai perbedaan identitas lokal lainnya.

Keberagaman seakan tidak bisa dihindarkan oleh masyarakat di Indonesia, karena hampir setiap daerah, setiap wilayah yang ada warganya.

Telah mempunyai adat, budaya, kebiasaan, keyakinan, kepercayaan dalam menjalankan kehidupan mereka sehari-hari. 

Oleh karena itu, dengan berbagai keberagaman inilah dikhawatirkan menjadi penyebab akan adanya perpecahan persatuan dan kesatuan NKRI. 

Namun, semuanya itu bisa saja dilakukan suatu upaya pencegahan untuk menghindari adanya perpecahan, konflik, akibat adanya keberagaman atau keragaman masyarakat. 

Keutuhan NKRI sudah menjadi harga mati bagi semua masyarakat, dan harusnya dapat terlibat untuk mempertahankan persatuan dan keutuhan bangsa, negara. Lalu ?

Bagaimana agar keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga? Ada beberapa cara dan sikap yang bisa dilakukan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Seperti taat terhadap berbagai aturan resmi oleh negara, maupun aturan dalam hukum adat dan budaya. 

Kemudian, tidak menghakimi orang lain yang berbeda suku, etnis, agama, dan perbedaan lainnya. 

Selanjutnya, selalu mengedepankan sikap peduli, saling tolong menolong, dan menjaga wilayah NKRI beserta sumber daya alam atau kekayaan alamnya. 

Itulah sekilas gambaran penting tentang sikap dalam mewujudkan perilaku semangat dan komitmen kebangsaan di dalam kehidupan antar masyarakat.

Berikut dibawah ini pembahasan lebih lengkapnya untuk menjawab pertanyaan tentang contoh sikap, perilaku yang dilakukan untuk menjaga keutuhan, persatuan NKRI. Yuk baca. 

Sebutkan Sikap yang Diperlukan untuk Menjaga Keutuhan NKRI

Keberagaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia bisa saja menjadi penyebab terjadinya berbagai konflik dan perpecahan.

Akibat karena adanya perbedaan di masyarakat. Seperti misalnya perbedaan politik, pandangan, pendapat, suku, ras, agama, dan antar golongan.

Itulah yang dapat menganggu persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan masyarakat. Jika terjadi suatu gesekan dan perselisihan di masyarakat. 

Oleh karena itu, setiap orang perlu untuk menjaga tindakan, sikap, dan memberikan contoh dalam upaya menjaga keutuhan negara atau wilayah kedaulatan NKRI. 

Bagaimana sikap dalam menjaga keutuhan NKRI ? Berikut dibawah ini pembahasan lebih lengkapnya, yaitu : 

1. Sikap Cinta terhadap Tanah Air

Setiap warga negara yang tinggal di Indonesia yang beridentitas WNI seharunya dapat menunjukkan sikap cintah tanah air kepada negaranya. 

Rasa cinta terhadap negara menjadi hal wajib dan penting untuk dimiliki seseorang dalam menjaga keutuhan negara. 

Berikut ada beberapa hal yang dapat diwujudkan dalam sikap cintah tanah air, yaitu :

> Ikut terlibat menjaga keamanan wilayah negara Indonesia dari berbagai ancaman yang muncul baik dari dalam negeri maupun luar negeri

> Ikut terlibat menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah akan terjadinya suatu pencemaran lingkungan, alam di kehidupan masyarakat

> Rajin dan giat belajar guna untuk menguasai berbagai ilmu pengetahuan yang disukai dan sesuai dengan disiplin atau minatnya untuk kemudian melakukan pengabdian kepada negara

> Mengolah berbagai kekayaan alam dengan ikut menjaga ekosistem untuk dan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Sikap Membina Persatuan dan Kesatuan di Masyarakat

Selanjutnya, setiap orang mestinya dapat dan menjaga persatuan dan kesatuan. Pembinaan ini harus dilaksanakan.

Dimanapun masyarakat itu berada, baik di dalam keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara. 

Nah tindakan dan contoh perilaku atau sikap yang bisa dilakukan dalam membina persatuan dan kesatuan yaitu :

> Menghormati perbedaan antar sesama masyarakat

> Tidak mengkotak-kotakan masyarakat atau membeda-bedakan orang

> Aktif dalam menjalin berbagai persahabatan antar sesama suku, etnis, agama, ras, golongan di dalam kelompok masyarakat

> Aktif dalam mempelajari dan melestarikan budaya sendiri serta memahami budaya daerah lain yang berbeda

> Senang dalam memperluas jaringan, pergaulan, kenalan antar sesama masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

3. Memperlihatkan Sikap untuk Rela Berkorban

Apa itu sikap rela berkorban ? 

Nah sikap rela berkorban ialah merupakan suatu sikap yang mencerminkan adanya kesadaran dan keikhlasan dalam memberikan sesuatu hal yang dimiliki untuk orang lain. 

Walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Nah inilah cara agar keutuhan NKRI tetap terjaga. 

Berikut contoh sikap atau perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI tersebut, yaitu : 

> Sikap berkorban dengan memberikan tenaga pada saat bekerja

> Sikap berkorban dengan memberikan sumbangan pemikiran bagi keutuhan negara dalam masyarakat

> Sikap berkorban dalam menahan diri untuk tidak berbuat sesuatu yang dapat merugikan diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara

> Sikap berkorban dengan mempertaruhkan harta atau kekayaan untuk kejayaan bangsa dan negara

4. Sikap dalam Mengetahui Pengetahuan Budaya dalam Mempertahankan NKRI

Perkembangan zaman di era kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK. Membuat terjadinya percepatan dalam era modernisasi dan globalisasi di kehidupan masyarakat. 

Oleh sebab itulah, mendorong akan terjadinya suatu perubahan diberbagai aspek bidang kehidupan masyarakat. 

Nah dalam menghadapi era globalisasi dan modernisasi, agar keutuhan NKRI tetap terjaga. Maka berbagai sikap dan tindakan serta memanfaatkan kemajuan zaman. 

Perlu untuk membuat suatu perencanaan yang matang di kehidupan manusia, yaitu dengan :

> Mempersiapkan Sumber daya manusia. Terutamanya dalam kesiapan pengetahuan yang dimiliki untuk dikembangkan dan meningkatkan kemampuan seseorang

> Kesiapan dalam perekonimian masyarakat

> Kesiapan dalam bidang sosial budaya yaitu agar terciptanya suasana yang kompetitif dalam kehidupan masyarakat diberbagai bidang dan sektor kehidupan

> Kesiapan dalam pertahanan dan keamanan negara guna menjaga stabilitas politik, ekonomi, investasi, serta mencegah adanya ancaman dari dalam dan luar negeri

5. Menunjukkan Sikap dan Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

Ada beberapa sikap dan tindakan sebagai contoh dalam menjaga keutuhan atau mempertahankan NKRI yaitu meliputi :

> Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesi, yatiu menjaha seluruh kekayaan sumber daya alam, budaya, dan berbagai warisan kebudayaan sejarah di masyarakat

> Menciptakan ketahan nasional, yaitu dengan setiap warga negara menjaha keutuhan, kedaulatan negara dan mempererat persatuan antar masyarakat

> Menghormati berbagai perbedaan suku, agama, ras, golongan, budaya di dalam masyarakat. 

> Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan

> Mempunyai dan memiliki semangat persatuan yang berwawasan nusantara

> Mentaati berbagai peraturan di dalam masyarakat

Nah itulah beberapa contoh sikap dan perilaku atau tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repbulik Indonesia.

Demikianlah pembahasan dan ulasan diatas mengenai pertanyaan tentang Sebutkan Sikap yang Diperlukan untuk Menjaga Keutuhan NKRI.

Sumber referensi Sosiologi.info : 

Buku PDF Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | Edisi Revisi 2017 | untuk Kelas VIII SMP/MTs | Penulis : Lukman Surya Saputra, Ida Rohayani dan Salikun | Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud